5 Situs yang Menyediakan Desain Template CV Keren!

Oleh Dewa Made Rai

Nggak bisa dipungkiri, sampai sekarang, CV masih menjadi tolak ukur para HRD untuk menilai calon karyawan mereka. Otomatis, kalau mau melamar kerja, kamu harus menyusun dan menciptakan bentuk CV yang oke.

Kalau kamu kebingungan dalam membuat desain CV yang keren, nggak standar, tapi juga nggak norak, wah… kasian banget, hihihi. Soalnya sekarang ada banyaaaak banget situs yang menyediakan desain template CV untuk kamu gunakan.

Berikut beberapa di antaranya!

1. Primer Magazine

Situs ini memiliki banyak template gratis untuk kamu pilih. Selain itu, mereka juga punya artikel-artikel berisi tips untuk menyusun CV yang baik. Contoh tipsnya, nih—kalau menyusun CV, jangan memadati satu halaman dengan terlalu banyak kata-kata, gaes! Apalagi kalau isi CV kamu tulisan semua, tanpa ada jeda sama sekali, saking padatnya. Hal ini bakal bikin CV kamu tampak membosankan.

Coba edit wording di CV kamu agar lebih singkat dan memuat info yang benar-benar relevan saja, trus kasih jarak spasi yang lebih besar.

2. Creative Market

Creative Market punya sekitar 1,600 template CV dari berbagai sumber, dan sumbernya bukan sembarang sumber, lho. Sumbernya adalah para desain grafis independen! Wah, desain-desain CVnya dijamin nggak alay dong, ya.

Dengan 1,600 stok template begitu, desain template CV kamu jadi nggak akan pasaran, apalagi sampai kembaran dengan CV teman kamu.

3. Graphics Fuel

Awalnya, situs ini hanya menyediakan berbagai image atau grafis untuk Photoshop. Namun lama-lama, mereka juga menyediakan template CV berbasis gambar. Spesialisasi Graphics Fuel adalah template CV kreatif bin unik yang bisa kamu edit, bahkan modifikasi lagi. Pokoknya bukan tipe CV konvensional, deh.

Memang, di tahun 2016 ini, bentuk CV semakin beragam. Ada, lho, CV yang berbentuk jaring laba-laba, gedung bertingkat, bahkan berbentuk mangkuk mie ayam!

4. CVMKR.com

Kalau CV kamu menggunakan template yang diambil dari Internet, biasanya isinya kamu susun sendiri dong, ya. Nah, cvmkr.com bakal bikin hidup kamu lebih mudah (dan indah) karena mereka nggak sekedar menyediakan template CV, tetapi juga bisa menyusun isinya!

Caranya, kamu tinggal isi form dalam situs ini, pilih template yang kamu suka, dan voila! CV kamu jadi, deh. Situs ini sangat membantu kalau kamu lagi buntu dalam menyusun CV, atau lagi kepepet waktu.

Namun meski situs ini sudah membantu menyusun isi CV kamu, kamu tetap harus menguasai isi CV kamu plus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk wawancara, ya. Wawancara nggak bisa dijokiin oleh komputer, sob!

5. Young On Top CV Builder

Familiar dengan Young on Top? Maka kamu pasti tahu bahwa mereka memang konsisten dalam membantu anak muda untuk maju… termasuk membantu membuat CV, lho! Cekidot http://cv.youngontop.com, deh. Seperti cvmkr.com, mereka nggak hanya menyediakan template CV, tetapi juga siap membuatkan CV kamu secara online!       

***

Beberapa tips dalam membuat CV, nih.

Pertama, Dalam membuat atau memilih desain CV, jangan lupa sesuaikan dengan jenis perusahaan yang kamu lamar. Misalnya, kalau kamu apply ke perusahaan multinasional, kamu nggak perlu CV dengan desain yang terlalu out-of-the-box. Sebaliknya, kalau kamu apply ke perusahaan media atau periklanan, nah, silahkan, deh, kirim CV dengan desain yang unik dan kreatif. Seringkali, hal-hal begini diperhatikan HRD juga, lho.

Kedua, kalau kamu bikin CV dengan template yang sudah jadi, jangan lupa cek lagi hasil akhirnya, karena terkadang, ada tulisan-tulisan kecil di dalam template tersebut, seperti tulisan hak cipta dan sejenisnya. Jangan lupa hapus tulisan tersebut, ya. Nggak enak, ah, kalau sampai terbaca oleh bagian HR!

Ketiga, berhubung template CV seringkali diupload dalam bentuk file Photoshop, jangan lupa kirimkan CV kamu dalam bentuk .pdf. Mana mau bagian HR repot-repot membuka CV kamu di aplikasi Photoshop? Hehehe.

Happy job hunting, gaes!

(sumber gambar: graphicsfuel.com, cvmkr.com, matebe.com, primermagazine.com, youngontop.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1