Satu Pertanyaan Penting yang Harus Ditanyakan Oleh Fresh Graduates Pas Wawancara Kerja

Liz Wessel, seorang cewek muda lulusan University of Pennsylvania, membagikan tips penting seputar wawancara kerja yang wajib diketahui para mahasiswa dan fresh graduates.

Liz dulu sempat bekerja di Google selama dua tahun. Sekarang dia mempunyai start up sendiri bernama Way Up, sebuah perusahaan yang menyediakan website untuk menjembatani para mahasiswa yang mau magang atau para fresh graduates yang mau bekerja ke perusahaan impian mereka kayak Microsoft, Uber, The New York Times, Disney, dan Google.

Nggak cuma melihat berbagai CV yang masuk ke Way Up, sebagai CEO, Liz juga kadang mewawancarai banyak anak muda untuk melihat potensi mereka secara langsung.

Menurut Liz, ada satu pertanyaan yang harus banget ditanyakan para mahasiswa atau fresh graduates ketika wawancara kerja, yaitu:

“Ibu / bapak pasti mempunyai karyawan terbaik di perusahaan ini. Menurut ibu / bapak, kenapa dia bisa menjadi karyawan terbaik? Etos kerja dan karakter seperti apa yang dia dimiliki?”

“Pertanyaan ini banyak banget manfaatnya,” kata Liz dikutip dari situs Business Insider. Pertanyaan ini dinilai baik karena menunjukkan potensi calon karyawan yang peduli sama kinerja yang harus dilakukan di perusahaan tersebut.

Dengan pertanyaan ini, kamu berusaha mencari tahu cara berkontribusi kepada perusahaan. “Kalau sejak awal kamu sudah menunjukkan keinginan untuk memberikan nilai-nilai yang baik buat perusahaan, perusahaan pasti bakal senang,” kata Liz.

Pertanyaan di atas juga penting untuk mengetahui sejauh perusahaan menghargai karyawannya. Artinya, posisi kamu menjadi semakin jelas di perusahaan tersebut. Kamu nggak mau ‘kan kerja di perusahaan yang nggak menghargai kerja keras karyawannya?

Nah, satu hal yang mesti dicatat juga gaes… Pertanyaan ini juga harus tulus datang dari hati kamu. Maksudnya, kamu bener-bener pengen tahu apa yang sebetulnya perusahaan butuhkan. Karakter seperti apa yang bisa bikin kamu melesat dalam bekerja. Dengan begitu, "perjodohan" kamu dengan perusahaan incaran bisa berjalan dengan lancar!

Good luck!

 

(Sumber gambar: lifehacker.com, businessinsider.com, youtube.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 9 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 19 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1