10 Universitas Negeri Paling Diminati di Tahun 2015

Whaaat?! 2015 udah mau kelar? Perasaan baru kemarin saya lulus sekolah dan pusing milih kampus. Eh, tau-tau sekarang udah mau 2016 aja. Berarti saya udah lulus sekian tahun lalu, dong? Time flies, ya, gaes. Nah, buat yang tahun depan harus menentukan kuliah dimana, intip yuk, universitas negeri apa aja yang paling diminati di tahun 2015!

1. Universitas Padjajaran (Unpad)

Unpad Youthmanual

Universitas yang punya dua kampus utama ini ternyata adalah universitas negeri Indonesia yang peminatnya paling banyak tahun ini! Apakah karena lokasinya dingin-dingin sejuk? Atau karena mojang dan jajakanya terkenal kece? Konon katanya, sih, salah satu alasannya adalah karena Bandung termasuk kota paling ideal untuk pelajar.

Pada SBMPTN tahun 2015 ini, Unpad diminati oleh 85,879 calon mahasiswa. Peminat yang menempatkan Unpad sebagai pilihan pertamanya ada 31,753 orang, pilihan kedua sebanyak 30,209 orang dan pilihan ketiga sebanyak 23,917 orang.

2. Universitas Hasanuddin (Unhas)

Universitas terbaik di Makassar, Sulawesi Selatan ini angka peminatnya mencapai 85,879. Pada SBMPTN tahun 2015 ini, calon mahasiswa yang menempatkan Unhas sebagai pilihan pertamanya ada 29,571 orang, pilihan kedua sebanyak 25,646 orang dan pilihan ketiga sebanyak 19,938 orang.

3. Universitas Brawijaya (Unbraw)

Unbraw Youthmanual

Universitas favorit di kota Malang, Jawa Timur, ini diminati oleh 73,558 calon mahasiswa. Pada SBMPTN tahun 2015 ini, calon mahasiswa yang menempatkan Unbraw sebagai pilihan pertamanya ada 26,242 orang, pilihan kedua sebanyak 26,333 orang dan pilihan ketiga sebanyak 20,682 orang.

4. Universitas Sumatera Utara (USU)

Pada SBMPTN tahun 2015 ini, nniversitas tertua di Sumatera ini diminati oleh 70,568 calon mahasiswa. Calon mahasiswa yang menempatkan USU sebagai pilihan pertamanya ada 29,270 orang, pilihan kedua 23,477 orang, dan pilihan ketiga 17,821 orang.

5. Universitas Indonesia (UI)

UI Youthmanual

Universitas yang mempunyai kampus di Depok dan Salemba Jakarta ini angka peminatnya menembus 67,136 orang. Pada SBMPTN tahun 2015 ini, calon mahasiswa yang menempatkan UI sebagai pilihan pertamanya ada 34,495 orang, pilihan kedua 19,611 orang, dan pilihan ketiga 13,030 orang.

6. Universitas Diponegoro (Undip)

Pada SBMPTN tahun 2015 ini, universitas terbaik di Jawa Tengah ini memiliki peminat sebanyak 62,649 orang. Calon mahasiswa yang menempatkan Undip sebagai pilihan pertamanya ada 22,424 orang, pilihan kedua 22,961 orang, dan pilihan ketiga 17,264 orang.

7. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM Youthmanual

Universitas terbaik di Yogyakarta ini diminati oleh 62,574 calon mahasiswa. Pada SBMPTN tahun 2015 ini, total calon mahasiswa yang menempatkan UGM sebagai pilihan pertamanya ada 30,331 orang, pilihan kedua 19,584 orang, dan pilihan ketiga 12,659 orang.

8. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Pada SBMPTN tahun 2015 ini, nniversitas di kota Solo ini memiliki peminat sebanyak 58,002 calon mahasiswa. Total peminat yang menempatkan UNS sebagai pilihan pertamanya ada 20,357 orang, pilihan kedua 20,572 orang, dan pilihan ketiga 17,073 orang.

9. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Tahun ini, universitas yang fokus kepada jurusan pendidikan ini memiliki peminat sebanyak 54,889 orang. Calon mahasiswa yang menempatkan UPI sebagai pilihan pertamanya ada 16,816 orang, pilihan kedua 19,585 orang, dan pilihan ketiga 18,488 orang.

10. Universitas Andalas (Unand)

Andalas Youthmanual

Pada SBMPTN tahun 2015 ini, universitas yang menjadi saingan berat USU ini memiliki peminat sebanyak 54,060 orang. Peminat yang menempatkan Unand sebagai pilihan pertamanya ada 21,388 orang, pilihan kedua 18,488 orang, dan pilihan ketiga 14.540 orang.

***

Ngomong-ngomong soal anak muda dan universitas, tahu nggak, sih, hanya 30% dari anak muda di Indonesia yang bisa merasakan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi? Jauh banget kalau dibandingkan dengan Malaysia atau Korea yang berada di angka 70%. Makanya banyak-banyak bersyukur, deh, kalau kamu bisa ngerasain kuliah, apalagi kuliah di salah satu universitas favorit seperti di atas. Jangan cuma pacar yang dipertahankan, status kamu sebagai mahasiswa universitas favorit juga harus, ya!

Data ini diambil dari situs resmi SBMPTN.

(sumber foto: gjismyp, kawanku, flickr, selasar, putryariez, zakiy)

LATEST COMMENT
Mira Puspita | 3 hari yang lalu

Mas Andreas Gandhi, jujur saat ini saya adalah seorang ibu yang sedang mendoakan putranya karena takut kalo putra saya tinggal kelas dia akan di DO dari JB.

Cerita Seorang “Veteran”: Dari Nggak Naik Kelas Sampai Sukses Tembus PTN Impian
Fransiska Oktaviani | 7 hari yang lalu

open pp/endorse ig/tiktok bisa bayar seikhlasnya email ke [email protected] terimakasih

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Nindi Dwi Oktova | 7 hari yang lalu

Permisi aku mau nanya kalau murid pindahan jurusan ipa dari sekolah asal ke sekolah baru tapi berbeda pada mata pelajaran minat apakah bisa mengikuti SNMPTN? Ex:matpel minat sekolah asal ekonomi dan b.Inggris minat tapi di sekolah pindahan tidak ada matpel ekonomi dan pindah nya pada saat semester 2…

Tanya-Jawab Seputar SNMPTN 2021: Kriteria Penilaian dan Lainnya
Nanda Kyala | 9 hari yang lalu

Kak, jadi anak ipa bisa pilih utbk soshum atau campuran?

Lintas Jurusan di SBMPTN 2021 dan Peluangnya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1