Jangan Ngaku Mahasiswa Teknologi Informasi Kalau Belum Mengamalkan Tiga Hal Ini!

Oleh Rizki Ramadan untuk Hai Online

Geek is the new rockstar. Yap, itulah slogan di jaman digital ini. Memang, industri zaman sekarang, tuh, lagi butuh banyak ahli ngulik, terutama ahli ngulik program komputer. Karena itulah sekarang ini lulusan Teknologi Informasi ramai dicari.

Sekarang ini dunia sedang masuk ke era revolusi industri yang keempat. Revolusi industri yang pertama adalah mesin uap, lalu lanjut ke listrik, trus ke informatika. Nah, sekarang ini kita memasuki revolusi industri teknologi digital.

Revolusi industri ini dipicu oleh teknologi mobile. Nantinya, semua hal akan dibawa ke arah mobile. Karena itu, kita butuh banyak ahli teknologi informasi,” ujar Bapak Ahmad Fachrudin, kepala bagian Echanell Solution di Multipolar, salah satu  perusahaan Teknologi Informasi besar di Indonesia.

Jadi beruntunglah kamu yang sekarang ini menyandang status sebagai mahasiswa Teknologi Informasi.

Eits, tapi, jangan terlalu bangga dulu! Soalnya status kamu sebagai mahasiswa Teknologi Informasi belum bermakna kalau kamu belum mengamalkan tiga hal ini.

1. Kreatif dalam berinovasi

Percuma, deh, kalau kamu punya kemampuan dalam bidang teknologi informasi, tapi nggak bisa menciptakan inovasi dari kemampuan kamu tersebut. Karena itulah mahasiwa Teknologi Informasi yang baik nggak cuma harus paham bahasa pemograman serta up-to-date dengan segala jenis software, tetapi juga harus kreatif dalam menemukan dan mengembankan inovasi.

“Teknologi itu ‘kan cuma perangkat. Kita butuh orang yang punya ide-ide inovasi yang bisa memanfaatkan teknologi itu,” ujar Pak Jip Ivan Sutanto, Direktur Multipolar.

2. Fokus ke satu bidang minat

Sekarang ini, bidang Teknologi Informasi ada banyak. Dari mulai e-commerce, mobile apps, games, dan web development. Nah, mahasiswa Teknologi Informasi yang baik kudu punya satu bidang minat atau “spesialisasi” yang dikulik banget.

“Bidang Teknologi Informasi memang lagi nge-tren, tapi sayang banget kalau [mahasiswa] masuk [jurusan] Teknologi Informasi cuma karena bidang ini lagi nge-tren, tapi trus nggak tau mau ngapain.

Saranku, kuasai satu bidang, deh. Misalnya, dari dulu aku suka games. Jadi dapat tugas mata kuliah apapun, aku bikinnya dalam bentuk games,” kata Aditia Dwiperdana, Head of Development and Founder Agate Studio yang juga alumni jurusan Teknologi Informasi dari Institut Teknologi Bandung.

3. Rajin Ngulik dan Berkarya

Saat masih kuliah—mumpung belum sibuk bekerja—manfaatkanlah waktu luang kamu untuk belajar perkembangan Teknologi Informasi, rajin ngulik serta eksperimen bikin-bikin sesuatu.

“Kami sering banget interview pelamar kerja yang saat kuliah jarang bikin karya. Misalnya, ada pelamar yang suka games dan ingin kerja di studio games. Tapi selama kuliah, dia cuma bikin games untuk tugas kuliah doang.

Karena itu, aku sarankan mahasiswa Teknologi Informasi harus rajin ngulik dan bikin karya. Mumpung kalau kuliah masih punya waktu ‘kan?” kata Aditia lagi.

Selamat mengamalkan, sob!

(sumber gambar: hellothere.se, favim.com, zdnet.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Deni Y | 18 menit yang lalu

apakah saya bisa berkontak dengan Pak Dimas

Profesiku: Kurator Musik, Dimas Ario
miaaa | 3 hari yang lalu

Assalamualaikum minn Saya baru masuk Smt 3 nih min saya mau ambil 24 SKS masing² 2 SKS per matkul Saya berencana memadatkan jadwal saya hanya Senin-Kamis aja Jadi dalam shari ada 4 matkul Apa itu wort it atau bagaimana Saran dong min

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
mustika | 3 hari yang lalu

Open pp/endorse : Klik Link Ig : https://www.instagram.com/naaan_n_n_/ cek ig : naaan_n_n_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Gina Ajeng | 4 hari yang lalu

Kalo aku maba dr kampus sdh otimatis

SKS dan KRS Itu Apa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1