Menu

10 Hobi yang Mencerminkan Kepribadianmu

Hobi adalah suatu hal yang kamu gemari atau kesenangan istimewa yang akan kamu lakukan ketika kamu memiliki waktu senggang. Nah, karena aktivitas ini selalu dikerjakan di waktu senggang maka hobi ini bukanlah suatu aktivitas utama atau pekerjaan utama.

Tapi, ada juga, lho, gaes, orang-orang yang menjadikan hobinya menjadi suatu pekerjaan. Enak banget, kan, gaes, ketika kamu memiliki hobi dan dijadikan sebuah pekerjaan? Eits, tapi… hal tersebut nggak akan semudah itu, lho! Untuk mewujudkan hobi menjadi suatu pekerjaan, pasti, dibutuhkan latihan setiap saat, berani mengambil resiko, bekerja lebih keras dan sebagainya.

Contohnya, ada seseorang yang memiliki hobi dalam hal memotret. Berawal dari iseng-iseng, lama-kelamaan keisengan itu dapat meningkatkan keahlian orang tersebut dalam memotret. Setelah ia memiliki keahlian, akhirnya ia pun memutuskan untuk bergabung dengan komunitas fotografer. Dari komunitas itu, si orang tersebut akhirnya menemukan berbagai kesempatan untuk bekerja sebagai fotografer.

Tahu, kah, kamu, gaes? Ternyata sebuah hobi yang dimiliki oleh seseorang dapat menunjukkan kepribadianmu, lho. Jadi, kalau semisal nanti kamu mau melamar kerja dan ditanya “apa hobimu?”, kamu jangan anggap pertanyaan itu remeh, ya, karena HRD sedang ingin mencari tahu tentang kepribadianmu.

Berikut beberapa hobi yang tentunya dapat menunjukkan kerpibadianmu, check these out!

1. Olahraga

hobi olaraga

Olahraga sebenarnya terbagi atas dua, gaes, di dalam poin ini. ada olahraga berkelompok dan olahraga extreme. Nah, bedanya apa, sih? Kalau olahraga extreme biasanya dilakukan sendiri seperti bungee jumping, surfing, panjat tebing, sepeda gunung dan sebagainya. Nah, kalau olahraga berkelompok merupakan olahraga yang biasa kita temui seperti basket, sepak bola, voli dan sebagainya.

Kedua olahraga tersebut dapat menunjukkan kepribadianmu, lho. Kalau kamu memiliki hobi berolahraga extreme, kamu memiliki kepribadian yang disiplin, selalu berorientasi pada target dan nggak sembarangan menyusun rencana dan target. Kamu juga seseorang yang sangat gigih dan kuat.

Kalau kamu memiliki hobi berolahraga berkelompok, kamu memiliki kepribadian yang pandai bekerjasama. Kamu juga seseorang yang suka berinteraksi dengan orang lain dan melibatkan dirimu dalam sebuah acara yang terdiri dari banyak orang. kamu pun merupakan seseorang yang penuh dengan strategi dan disiplin.

2. Kerajinan tangan

Kamu suka nonton tutorial Do it Yourself alias DIY? Atau kamu suka membuat suatu barang yang baru dari barang-barang bekas? Apakah kamu suka membuat scrapbook, gelang atau kalung dari manik-manik, membuat bungkus kado yang unik atau membuat case handphone sendiri? Nah, tandanya kamu adalah seseorang yang memiliki hobi kerajinan tangan.

Kalau kamu memiliki hobi kerajinan tangan, kepribadian yang kamu miliki ialah kamu adalah seseorang yang memiliki kreativitas tinggi. Selain itu, kamu juga pasti terfokuskan pada hal-hal yang bersifat aesthetic alias bagus atau cantik ketika dipandang. Kamu juga memiliki kepribadian yang tenang, dapat mengekspresikan sesuatu tanpa berlebihan dan juga mandiri.

3. Fotografi

hobi fotografi

Fotografi merupakan suatu hobi yang dapat menghasilkan, lho, gaes. Kok bisa, ya? Tentu saja bisa! Misalnya, nih, kamu punya hobi fotografi dan kamu dapat menghasilkan foto yang bagus, pasti, deh, kamu sering diminta untuk menjadi fotografer dari berbagai macam acara.

Nah, kalau kamu punya hobi dalam dunia fotografi, berarti kamu pun memiliki kepribadian yang nggak mudah dalam mengekspresikan sesuatu. Sama seperti kalau kamu memiliki hobi dalam kerajinan tangan, kamu yang memiliki hobi dalam fotografi pun mementingkan estetika.

4. Main game

Pada saat ini, pasti banyak banget, ya, orang-orang yang suka sekali main game. Bagaimana tidak, pada saat ini, game memiliki banyak sekali variasinya. Variasi-variasi game ini ada yang Real Time Strategy (RTS), First Person Shooter (FPS), Role Playing Game (RPG), simulation games dan masih banyak lagi.

Nah, kalau kamu memiliki hobi yaitu main game, pasti kamu seseorang yang suka berkompetisi. Kamu juga seseorang yang penuh dengan strategi dan juga kreatif. Kamu juga merupakan seseorang yang pintar dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Namun, biasanya, orang yang memiliki hobi dalam bermain game, orang tersebut cenderung individualistis dan juga introvert.

5. Membaca

hobi baca

Selain dapat memberikanmu banyak pengetahuan, membaca juga dapat menjadi sebuah penghibur dikala waktu senggang, lho, gaes. Banyak dari novel-novel atau komik-komik yang sifatnya menghibur. Ketika kamu menjadikan membaca sebagai hobimu, tentu kamu akan mendapatkan banyak sekali manfaat.

Nah, selain itu, dengan hobimu yaitu membaca, hobi tersebut dapat mengungkap kepribadianmu, lho. Kalau kamu hobi membaca, dikenal sebagai orang yang cerdas. Selain itu kamu juga pandai dalam menilai sesuatu dari berbagai sudut pandang. Kamu memiliki intelektualitas yang tinggi dan cenderung nggak ambil pusing dengan omongan orang lain. Kamu juga tipikal orang yang introvert.

6. Menyanyi

Ketika kamu memiliki hobi yaitu menyanyi, baik itu menyanyi di kamar mandi, menyanyi di tempat karaoke dan sebagainya, kamu tentunya memiliki kepribadianmu tersendiri. Biasanya orang yang memiliki hobi menyanyi, mereka memiliki kepribadian yang peka dengan keadaan sekitar. Mereka pun merupakan orang yang ramah dan terbuka terhadap orang lain.

7. Kolektor atau pengoleksi barang

hobi koleksi

Kalau kamu memiliki hobi dalam mengoleksi suatu barang, baik itu barang-barang seperti mainan, perangko, tas, baju dan sebagainya, tentunya kamu memiliki kepribadianmu tersendiri, lho. Biasanya orang yang memiliki hobi sebagai kolektor, mereka memiliki kepribadian yaitu seseorang yang memiliki daya ingat yang tinggi, teliti dan juga rapi.

8. Memasak

Hobi memasak merupakan hobi yang menyenangkan. Bagaimana tidak? Setelah kamu memasak makanan yang kamu buat, kamu bisa langusung memakannya, hehe. Dengan hobi memasak juga, kamu dapat membantu pekerjaan ibumu, lho.

Tapi, tahukah kamu? Dengan hobi memasak, kamu memiliki kepribadian yang penyabar dan penuh dengan kekreativitasan. Kamu juga pasti sering dong mengimprovisasi suatu resep masakan? Nah, karena hal ini, kamu juga seseorang yang memiliki kepribadian yaitu berani dalam mengambil resiko. Kamu juga suka membuat suatu inovasi dan kamu juga merupakan seseorang yang dapat mengayom dengan baik.

9. Menulis

hobi menulis

Kalau kamu hobi menulis seperti menulis blog, kamu memiliki kepribadian yang imajinatif dan cenderung introvert. Kamu juga merupakan seseorang yang kreatif, pemalu dan pandai dalam menyembunyikan sesuatu yang dipikirkan.

10. Menyusun puzzle atau bermain lego

Kalau kamu memiliki hobi dalam bermain puzzle atau menyusun lego, kamu memiliki kepribadian yang pemikir dan pintar. Kamu juga memiliki kepribadian yaitu disiplin dan tertib. Kamu juga cenderung orang yang inovatif, kreatif dan imajinatif.

***

Nah, dari kesepuluh hobi di atas, hobi yang mana, nih, yang sesuai dengan diri kamu?

Baca juga:

(Sumber gambar: acc.libfl.ru, wikipedia.com, techradar.com, kwiklearningonline.com, businessinsider.com, writehacked.com)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 4 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©