Kenal Lebih Dekat Dengan Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Yuk!

Pada saat ini Perbankan Syariah dan Bisnis Syariah merupakan dua hal yang sedang berkembang di Indonesia. Kedua hal ini dapat berkembang dengan subur di Indonesia karena Indonesia memiliki masyarakat dengan mayoritas Beragama Islam.

Nah, untuk mengatur perbankan syariah dan bisnis syariah ini, diperlukan hukum syariah. Nah, kalau kamu ingin belajar tentang hukum-hukum syariah untuk mengatur perbankan atau bisnis syariah, kamu bisa banget belajar tentang hukum-hukum syariah di Program Studi Muamalah (Hukum Ekonomi Islam).

Muamalah itu, apa, sih? Muamalah adalah bidang ilmu fiqih yang membahas hubungan antara individu maupun kelompok yang mencakup persoalan harta benda dan aturan-aturan yang menyertainya. Penasaran, nggak, sih, di Program Studi Hukum Ekonomi Syariah kamu akan belajar apa saja? Penasaran juga, nggak, setelajh lulus dari program studi ini kamu bisa menjadi apa dan bekerja dimana saja? Well, kalau kamu penasaran, mumpung ada salah satu teman kita yang telah lulus dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, yuk kita tanya-tanya tentang program studinya bersama Venny!

Alasan Mengapa Memilih Program Studi Hukum Ekonomi Syariah

Sebenarnya, Venny nggak memiliki alasan khusus kenapa ia ingin menjadi seorang mahasiswi dari Program Studi Hukum Ekonomi Syariah. Venny mengatakan bahwa program studi ini merupakan pilihan keduanya, sedangkan pilihan pertamanya ialah Program Studi Ekonomi Syariah. Namun, karena kedua program studi ini memiliki dasar yang sama yaitu ekonomi syariah, maka, akhirnya Venny pun memutuskan untuk masuk ke Program Studi Hukum Ekonomi Syariah.

Selain itu, Venny pun mengaku bahwa dari semua Program Studi Hukum di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Venny lebih tertarik untuk mempelajari Hukum Ekonomi Syariah. Menurut Venny, pada saat ini, aspek apapun yang berhubungan dengan ekonomi syariah merupakan suatu topik yang sedang digandrungi, maka dari itu, Venny ingin mempelajari lebih lanjut tentang ekonomi syariah namun dari perspektif hukum ekonomi syariah.

Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Belajar Apa Saja Sih?

Menurut Venny, ketika ia masih merupakan seorang mahasiswi Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, ia mempelajari banyak hal. Tidak hanya berhubungan dengan hukum ekonomi syariah, Venny pun mempelajari ilmu hukum formal seperti hukum perdata dan hukum pidana.

Untuk hukum ekonomi syariah itu sendiri, Venny mempelajari banyak hal tentang fiqih dan ekonomi Islam. Fiqih adalah suatu ilmu dalam syariat Islam yang secara khusus membahas persoalan hukum yang mengatur berbagai aspek kehidupan manusia, baik itu kehidupan pribadi, bermasyarakat maupun kehidupan manusia dengan Tuhannya.

Perlu diingat, Hukum Ekonomi Syariah dan Hukum konvensional memiliki pedoman yang berbeda. Kalau Hukum Konvensional, pedoman yang dipegang ialah undang-undang yang telah dibuat oleh negara. Kalau Hukum Ekonomi Syariah, pedoman yang dipegang ialah fatwa Dewan Syariah Nasional. Dari fatwa Dewan Syariah Nasional ini, lah, Venny bisa tahu tentang bagaimana, sih, akad-akad ekonomi syariah itu. Selain itu, Venny pun menjadi tahu bagaimana ekonomi syariah diterapkan. Dari Dewan Syariah Nasional ini pun, Venny menjadi tahu kegiatan-kegiatan ekonomi apa saja yang termasuk haram dan mana yang halal.

Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Memiliki Kelebihan Apa Saja Sih?

Menurut Venny, kelebihan berkuliah di Program Studi Hukum Ekonomi Syariah adalah ilmu ini sangat aplikatif baik di dunia kerja maupun dunia sehari-hari. Untuk di dunia sehari-hari, Venny menjadi tahu bagaimana, sih, bermualah atau bertransaksi yang halal tanpa danya riba dan gharar. Selain itu, Venny pun merasa bahwa dengan ia belajar Hukum Ekonomi Syariah, ia jadi tahu bahwa bermuamalah atau bertransaksi sesuai dengan kaidah Islam ternyata nggak ketinggalan zaman, lho, jika dibandingkan dengan ekonomi konvensional.

Setelah mendapatkan berbagai macam ilmu dari Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Venny pun menjadi seseorang yang lebih berhati-hati dalam bertransaksi. Ia pun menjadi lebih sadar tentang hak dan kewajiban diantara si penjual dan si pembeli sesuai dengan syariah. Menurutnya dengan Ilmu Hukum Ekonomi Syariah dapat menjauhkan masyarakat dari kecurangan yang terjadi dalam transaksi apapun.

Dalam dunia pekerjaan, program studi yang satu ini pun memiliki kelebihan, lho. Di Indonesia, perbankan syariah sedang mengalami perkembangan yang pesat. Pasti lapangan pekerjaan untuk para lulusan Program Studi Hukum Ekonomi Syariah akan selalu ada sesuai dengan perkembangan perbankan syariah di Indonesia

Kalau Lulus dari Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Mau Jadi Apa Ya?

Setelah lulus dari Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, menurut Venny, ia akan memiliki banyak pilihan dikarenakan di Indonesia sendiri ekonomi syariah merupakan suatu hal yang sedang berkembang. Venny bisa menjadi seorang praktisi ekonomi syariah yang dimana ia akan membuat kebijakan di perbankan syariah atau di Dewan Syariah Nasional.

Selain menjadi praktisi ekonomi syariah, Venny juga bisa menjadi seorang hakim di pengadilan agama untuk menangani kasus-kasus ekonomi syariah. Ia pun bisa menjadi seorang Legal Drafting untuk yang memiliki job description yaitu membuat kontrak-kontrak syariah di suatu perusahaan.

Di Kampus Mana Saja yang Menyediakan Program Studi Hukum Ekonomi Syariah?

Berikut sepuluh perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan Program Studi Hukum Ekonomi Syariah untuk program strata satu (S1):

1. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 

2. Universitas Islam Negeri Sulthan Syarif Kasim 

3. Institut Agama Islam Negeri Antasari Banjarmasin 

4. Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara 

5. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati 

6. Universitas Islam Negeri Alauddin 

7. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry 

8. Universitas Sains Al-Qur'an 

9. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 

10. Universitas Islam Negeri Walisongo 

Dan masih banyak lagi, gaes!

***

Wah, ternyata, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, menarik banget, ya, gaes. Apakah kamu tertarik untuk bergabung dengan Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, gaes?

Baca juga:

(Sumber gambar: blogspot.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Tiara Windi | 22 hari yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Tiara Windi | 22 hari yang lalu

Kak saya ingin pindah magang

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Akun Tum | 27 hari yang lalu

Hi min bagaimana kalau semester 5 ini gua punya maksimal 24 sks dan sks yg dapat ku ambil cuman 23, nah bagaimana itu klau ada mk wajib 1 yg 3 sks nya saya buang dan menggantikan dengan mk pilihan 2 yang 2 sks-2 sks, untuk mempas kan sks 24.. Menurut mimin bagaimana baiknya

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Indriani | 1 bulan yang lalu

min masa cuti saya sudah selesai terus sya lanjut kuliah lgi tpi pas penawaran batas SKS yang saya ambil cmn 16 SKS pdhl sy ingat IPK sebelum cuti saya 3.20 hrusanya kn 24 SKS kn bantu jawab min sya smpe gk bisa tdr gara2 mikirin ini

Cuti Kuliah: Ketentuan dan Serba-Serbinya
Deni Y | 1 bulan yang lalu

apakah saya bisa berkontak dengan Pak Dimas

Profesiku: Kurator Musik, Dimas Ario
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1