Tips Memilih Program Kuliah Double Degree

Kuliah di dua negara plus dapat dua gelar sekaligus? Bisa dong!

Tahu ‘kan kalau belakangan ini program kuliah double degree mulai banyak bermunculan di berbagai universitas-universitas di Indonesia? Yup. Program yang memungkinkan kamu untuk kuliah di dua negara dan dapat dua gelar sekaligus ini memang menarik untuk dikulik lebih lanjut. Selain karena prospeknya yang cerah di masa depan, pengalaman yang kamu dapatkan dengan mengikuti program ini pastinya akan sangat berharga—mulai dari skill baru yang nggak bisa kamu dapatkan di dalam negeri sampai pengalaman multikultural.

Nah, tapi sebelum kamu memutuskan untuk mengambil program double degree saat kuliah, kamu wajib tau nih tips-tips memilih dan menjalani program double degree dan serba-serbi lainnya. Cekidot!

1. Tentukan program studi pilihan

Sebelum kamu memutuskan untuk mengambil program double degree ketika kuliah nanti, pastinya kamu wajib banget menentukan program studi yang paling sesuai denganmu. Kesempatan menempuh pendidikan di dua kampus dan dua negara sekaligus bukan sesuatu yang main-main, lho. Jangan sampai kamu menyia-nyiakan masa kuliah kamu dengan memilih program studi yang ternyata nggak kamu minati atau nggak mampu kamu ikuti pembelajarannya.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui program studi kuliah apa yang paling cocok denganmu. Kamu bisa baca panduan lengkapnya di sini.

2. Pelajari kampus yang menyediakan program double degree

Nah ini penting, Setelah menentukan program studi pilihan, kamu harus mempelajari kampus yang menyediakan program double degree tersebut. Contoh deh, Sampoerna University yang menawarkan berbagai program yang mengarah pada pemberian satu atau lebih gelar sarjana dalam dua program studinya di Indonesia, Amerika Serikat, atau negara lain berkat kerjasama dengan The University Of Arizona.

university of arizona - sampoerna university

Selain itu, Sampoerna University juga bermitra dengan dengan Broward College yang berlokasi di Ft. Lauderdale, Florida, Amerika Serikat, untuk menyediakan kurikulum terakreditasi AS selama dua tahun pertama tahun ajaran. Ini berarti jika kamu berkuliah di sini kamu berkesempatan untuk untuk menghasilkan hingga 60 kredit dan kemudian transfer ke universitas manapun di Amerika Serikat, Australia, Kanada, Singapura dan Inggris untuk menyelesaikan studi kamu di jurusan mana pun yang menjadi pilihanmu.

Sudah mantap dengan pilihan kampusnya? Saatnya kamu mempelajari negara tujuan plus kampus yang menjadi partner dalam program double degree yang kamu ambil. Broward College yang menjadi partner bagi program Sampoerna University American College, misalnya, merupakan sebuah community college di Florida, Amerika Serikat, yang masuk ke dalam 10 persen community college terbaik di negeri Paman Sam tersebut.

Universitas lainnya yang menjadi partner dari Sampoerna University adalah University of Arizona, yang mrupakan salah satu universitas berbasis riset terbaik di Amerika Serikat. Selain dari sisi akademis, kampus yang satu ini juga terkenal dengan tim olahraganya yang kerap memenangkan kompetisi nasional.

Nah, kampus partner dengan kualitas yang mumpuni plus kegiatan ekstrakulikuler yang sangat berfaedah ini, menjadikan Sampoerna University American College sebagai program yang cukup menarik nih buat kamu yang berminat mengambil program double-degree ketika kuliah nanti.

3. Gali pengalaman sebanyak-banyaknya selama kuliah di kampus partner

Mumpung kamu memiliki kesempatan untuk ‘mencicipi’ hidup di luar negeri dengan program double degree, kamu harus memanfaatkan ini dengan menggali pengalaman sebanyak-banyaknya selama kamu menempuh studi di kampus partner. Pengalaman di sini nggak melulu soal akademik lho ya. Coba deh kamu ikut komunitas-komunitas atau perkumpulan mahasiswa yang memungkinkan kamu untuk berkenalan dengan mahasiswa dengan suku, bangsa, dan kebudayaan yang berbeda dengan kita.

Selain berfungsi untuk memperluas jaringan yang kamu miliki, berteman dengan mahasiswa lintas negara juga akan memberikan kamu pemahaman yang lebih mendalam tentang soft skill seperti empati, toleransi, berpikir kritis, dan pastinya komunikasi.

Itu dia tadi tips-tips menjalani kuliah di program double-degree. Jadi, kamu tertarik nggak nih untuk menyabet gelar dobel setelah lulus nanti?

 

(sumber gambar: unibocconi.it, youtube.com)

LATEST COMMENT
Annisa | 1 hari yang lalu

Kak saya dari saintek, apa peluangnya lebih besar ke soshum ya? Atau sama saja karena universitas swasta?

Jurusanku: Desain Komunikasi Visual Telkom University, Muhammad Emir Yusuf
Robi JP | 1 hari yang lalu

Kalau suka pelajaran matematika, selain jurusan statistika, masuk gak ke jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi,?

25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA
James Ellison Rasmussen | 3 hari yang lalu

Singkat kata untuk keuntungan luar biasa yang anda bantu saya perolehi hanya dalam seminggu dengan strategi pilihan binari. Maaf kerana saya ragu pada awalnya, saya melabur $ 200 dan memperoleh $ 2,500 hanya dalam satu minggu, dan terus melabur lebih banyak lagi, hari ini saya mempunyai kewangan berjaya,…

Serba Serbi Jurusan Kuliah Untuk Kamu yang Introvert
James Ellison Rasmussen | 3 hari yang lalu

Singkat kata untuk keuntungan luar biasa yang anda bantu saya perolehi hanya dalam seminggu dengan strategi pilihan binari. Maaf kerana saya ragu pada awalnya, saya melabur $ 200 dan memperoleh $ 2,500 hanya dalam satu minggu, dan terus melabur lebih banyak lagi, hari ini saya mempunyai kewangan berjaya,…

Mengenal Jurusan Desain Interior Lebih Dalam dan Prospek Kerjanya di Masa Depan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1