7 Benda yang Wajib Banget Dimiliki Oleh Setiap Mahasiswa

Ketika memasuki bangku kuliah, kebutuhan kamu otomatis akan berbeda dengan kebutuhan kamu saat masih bersekolah. Kebutuhan anak kuliah, tuh, bukan lagi satu set buku tulis dan pulpen. Apalagi seragam putih-merah/biru/abu-abu. Mahasiswa punya starter pack-nya sendiri, gaes!

Bagi kamu para mahasiswa atau calon mahasiswa, inilah benda-benda paling esensial yang wajib kamu miliki, tanpa pandang kampus, fakultas, atau jurusan.

1. Laptop

Gadget satu ini adalah benda paling wahid yang harus kamu miliki sebagai seorang mahasiswa. Mahasiswa, tuh, mengerjakan semua hal dengan laptop. Mulai dari ngetik tugas, nyatet anu-itu, browsing nyari bahan tugas, ngunduh e-book, bikin bahan presentasi, ngolah data hitungan, ngisi agenda, sampai nontonin Youtube kalo lagi suntuk. Bisa dibilang, kalau nggak ada laptop, hidup kamu bakal sulit, deh!

Tapi kenapa harus laptop? Kenapa nggak komputer aja? Soalnya, selain harganya lebih terjangkau, laptop juga tentunya praktis dibawa kemana-mana. Bayangin kalau kamu harus bikin laporan penelitian, tapi di kosan/rumah kamu nggak ada koneksi internet. Gimana caranya bawa-bawa komputer buat nyari tempat wifi-an?

Selain itu, kamu bisa menyimpan ratusan file e-book di dalam laptop, sehingga kamu nggak perlu lagi bawa-bawa buku tebal ke kampus. Kamu juga nggak perlu panik nyari warnet kalau harus bikin tugas mendadak.

2. Tas Ransel

Mahasiswa—terutama mahasiswa semester-semester awal—biasanya masih “niat” bawa buku tebal ke kampus, meskipun yang dipakai maksimal cuma lima halaman. Nah, daripada kamu pakai tas kece bin comel tapi terpaksa nenteng buku kuliah dengan tangan (karena tasnya nggak muat, Kakaaak...), lebih baik kamu pakai tas ransel.

Ketika memilih ransel, pastikan ransel pilihan kamu heavy duty, ya, gaes. Pokoknya yang kuat untuk membawa banyak muatan serta nggak gampang rusak. Nggak apa-apa, deh, kalau harganya agak mahal. Nggak rugi, kok, berinvestasi di ransel mahal tapi bagus dan tahan lama. Lebih bagus lagi kalau ransel kamu punya kompartemen khusus untuk menaruh laptop. Jadi, kalau kamu suka bawa laptop ke kampus, kamu nggak usah repot membawa tas laptop terpisah.

3. Penyimpan data eksternal

penyimpan data eksternal

Ini, nih, benda penting yang suka terlupakan oleh umat mahasiswa. Percaya, deh, sebagai mahasiswa, kamu perlu punya penyimpan data eksternal yang lebih besar daripada flashdisk. Sure, flashdisk berguna banget kalau kamu mau bawa data-data berukuran kecil untuk di-print di fotokopian atau untuk presentasi di kampus. Tapi kamu juga PERLU BANGET penyimpan data eksternal yang ukurannya lebih besar untuk mem-back-up seluruh data asli kamu.

Bayangkan kalau (amit-amit) nggak ada angin nggak ada hujan, laptop kamu tiba-tiba rusak, padahal skripsi kamu sudah menjelang bab akhir! Nah, lho! Panik pisan nggak, tuh? Makanya, gunakan penyimpan data eskternal berukuran besar untuk mem-back-up data-data penting—bukan data-data “aneh-aneh”, lho, ya!—minimal sebulan sekali, apalagi kalau kamu insecure untuk menyimpan data-data penting di penyimpan data online.

4. Portable charger

Anak muda zaman sekarang hampir nggak ada yang nggak pakai smartphone. Masalahnya, semakin tinggi pemakaiannya, semakin cepat habis pula batrenya! Kalau kamu bawa-bawa gadget tapi cepat low battery, huuuu... sama aja bo’ong! Ujung-ujungnya, kamu bakal mati gaya melulu juga.

Jadi, biarpun kamu tipe mahasiswa “kupu-kupu” (kuliah-pulang, kuliah-pulang) yang jarang berlama-lama nongkrong di kampus, kamu tetap wajib punya portable charger alias power bank.

“Emangnya kalau bawa charger biasa aja kenapa, Kak?” Masalahnya, di tempat-tempat umum, colokan listrik nganggur kadang susah ditemukan. Kalaupun ada, pasti kamu harus rebutan dulu sama fakir-fakir colokan lainnya, hihihi. Maka dari itu, sebaiknya kamu sedia satu power bank untuk dibawa-bawa, in case hape atau gadget kamu yang lain habis batre, dan kamu nggak bisa menemukan colokan.

5. Satu setel pakaian resmi

Siapa bilang anak kuliahan nggak butuh pakaian resmi? Meskipun nggak akan sering dipakai, they always come in handy. Sebagai mahasiswa, ada saatnya kamu harus tampil membawakan presentasi, ikut kompetisi, wawancara magang atau bahkan jadi peserta Model United Nations. Di kesempatan-kesempatan seperti itu, kamu wajib banget, tuh, pakai pakaian resmi!

Malas punya sendiri dan berniat meminjam pakaian saudara atau teman aja? Nggak apa-apa, sih, KALAU ukuran baju mereka pas dengan badan kamu. Kalau nggak? Nggak nyaman, dong, gaes, pakai pakaian yang kelonggaran atau kesempitan. Selain itu, kamu juga jadi kelihatan berantakan dan nggak profesional.

Bukan berarti kamu harus bikin satu stel pakaian resmi custom made yang mahal. Cukup punya satu kemeja polos, satu celana bahan, satu jas/blazer berwarna gelap, dan sepasang sepatu tertutup seperti pantofel yang rapi, you’re good to go.

6. Botol minum

botol minum

Banyak anak kuliahan yang malas bawa botol minum sendiri ke kampus. Pada takut dibilang kayak anak SD!

Namun, sebagai mahasiswa sibuk yang aktivitasnya bejibun, bayangin berapa banyak air putih yang harus kamu konsumsi dalam sehari. Biarpun air minum kemasan harganya murah, kalau belinya banyak dan berkali-kali, mahal juga jatohnya!

Makanya, lebih baik kamu punya botol minum sendiri. Kalau lagi bosan dengan rasa air putih, kamu bisa bawa infused water atau jus buah ala DIY, lho. Dengan membawa minum sendiri, selain lebih hemat dan sehat, kamu juga turut berkontribusi pada kebersihan lingkungan, karena kamu mengurangi sampah anorganik dari penggunaan botol plastik minuman kemasan. Leonardo diCaprio pasti bangga!

7. Planner

planner

Meskipun aplikasi planner sudah ada di setiap smartphone, rasanya kurang “greget” kalau kerjaan kamu sehari-hari cuma nungguin reminder aja. Apalagi kalau reminder kamu baru nyala H-1 sebelum tenggat waktu ngumpulin tugas. Jadi nggak guna banget, dong, ya?

Maka dari itu, lebih baik kamu punya planner di dinding kamar yang memuat jadwal kamu selama satu semester. Nggak apa-apa, deh, ukurannya gede bingit dan harganya agak mahal (kalau mau hemat, kamu bisa bikin planner versi DIY, kok!), soalnya planner ini bakal memudahkan kamu mengetahui jadwal kamu secara keseluruhan. Nggak perlu khawatir kelewatan deadline lagi, deh, karena setiap nengok dinding, si planner tersayang akan selalu sigap mengingatkan kamu. Pacar aja kalah sigap, ya! Yay!

(sumber gambar: dhgate.com, pinterest.com, asos.com, gmac.org, adorngirl.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
vegas4D | 14 hari yang lalu

Raih Kemenangan Besar di Vegas4D. daftar vegas4d vegas 4d https://vegas4d.xyz/ https://vegas4d.store/

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
syakila putri | 2 bulan yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 2 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 3 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 4 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1