Menu

7 Kemampuan yang Didapat dari Program KKN untuk Menunjang Karirmu

KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan suatu aktivitas dimana kamu akan mengabdi kepada masyarakat sebagai seorang mahasiswa. Nggak hanya mengabdi, kamu pun akan melakukan penelitian kecil-kecilan dan tentunya juga akan mengajar dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata. Yap, dapat dibilang kalau KKN merupakan salah satu aktivitas yang mencerminkan visi dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia yaitu Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Wah, apaan tuh Tri Dharma Perguruan Tinggi? Yap hal tersebut adalah misi dari semua perguruan tinggi di Indonesia yang terdiri atas tiga poin yaitu pendidikan dan pengajaran, pengembangan dan penelitian, terakhir yaitu pengabdian di masyarakat. Nah, dengan KKN kamu akan menjalankan visi dari perguruan tinggi, nih, gaes.

Dulu, saya melakukan KKN ketika saya berada di semester enam dan saya melakukan KKN saat waktu liburan semester. Awalnya, saya merasa bahwa KKN merupakan suatu kegiatan yang nggak banget, deh. Saya merasa bahwa KKN nggak memberikan dampak yang besar untuk saya ketika nanti bekerja. Menurut saya, untuk mengembang soft skills dan hard skills yang bisa dipakai untuk bekerja ialah dengan cara mengharuskan mahasiswa dan mahasiswi untuk mengikuti program magang, bukan progam KKN.

Namun, ketika saya sudah mengikuti program KKN ini, saya malah merasa bahwa apa yang saya pikirkan sebelumnya bukanlah suatu hal yang benar. Justru, dengan KKN, ada kemampuan saya yang malah terasah dengan baik. Kemampuan ini tentunya sangat menunjang karir saya saat ini, lho. Penasaran kemampuan apa saja yang terasah dalam diri saya saat mengikuti KKN? Cek, dulu yuk, artikel berikut ini!

1. Kemampuan komunikasi

kemampuan komunikasi

Ketika kamu melakukan KKN, tanpa disadari, kamu akan mengasah kemampuan komunikasimu. Kenapa begitu? Well, saat kamu melakukan KKN, kamu akan berbicara banyak hal dan dengan banyak orang, nih, gaes. Kamu akan berbicara dengan teman-teman satu kelompokmu dan kamu pun akan berbicara dengan masyarakat di desa tersebut.

Nah, hal apa, sih, yang akan kamu bicarakan? Pastinya akan ada banyak hal yang akan kamu bicarakan, gaes, seperti berdiskusi projek apa yang pas di desa tersebut, sosialisasi dengan masyarakat di desa tersebut dan sebagainya. Yang jelas, kamu akan belajar berkomunikasi dengan baik seperti cara menyampaikan informasi kepada orang-orang yang memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda, umur yang berbeda, budaya yang berbeda dan sebagainya. Kamu pun akan belajar untuk bagaimana, sih, caranya memberikan pendapat yang baik tanpa menyakiti perasaan orang lain dan sebagainya.

2. Kemampuan bekerjasama

Kamu nggak akan melakukan KKN sendirian, gaes. Saya ketika KKN, berkelompok dengan lima belas orang lainnya yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Disini, satu dengan yang lainnya punya kebiasaan dan pemikirannya masing-masing. Berantem satu dengan yang lainnya dan berbeda pendapat satu dengan yang lainnya, merupakan suatu hal yang wajar banget terjadi saat KKN. Namun, tetap saja dengan begitu kemampuan bekerjasamamu terasa saat kamu melakukan KKN.

Setelah selesai melakukan KKN, kalau kamj bekerjasama dengan orang lain dan menemukan berbagai perbedaan, kamu nggak akan lagi merasa kesal atau merasa bahwa orang tersebut sebal kepadamu. Namun, kamu jadi lebih mewajarkan adanya perbedaan diantara kamu dan orang tersebut. Apakah kemampuan ini penting di dunia kerja? Wah! Penting banget, gaes!

3. Kemampuan mengurus suatu projek

Percaya, deh, ketika kamu bekerja nanti, kamu akan dipercaya untuk mengurus suatu projek. Kalau kamu pernah KKN sebelumnya, kamu pasti nggak akan merasa bingung hal apa yang harus kamu lakukan ketika kamu sedang mengurus suatu projek.

Kenapa begitu? Karena, ketika kamu KKN kamu akan membuat beberapa projek yang bisa dilakukan di desa tempat kamu tinggal yang tentunya untuk membangun desa tersebut menjadi desa yang lebih berkembang daripada sebelumnya. Dengan KKN, kamu pasti akan belajar untuk melihat apa kelebihan dan kekurangan dari desa tempatmu tinggal, projek apa yang bisa kamu lakukan di desamu, belajar untuk mencari sponsor dan sebagainya. Pokoknya, kamu akan belajar banyak mengurus suatu projek, deh!

4. Kemampuan dalam bekerja cepat

Yap, kemampuan untuk bekerja dengan cepat sangat dibutuhkan nih di dunia kerja. Tahukah kamu, kalau kemampuan untuk bekerja cepat juga bisa kamu pelajari saat KKN? Ketika kamu KKN kamu hanya diberikan waktu sekitar satu bulan untuk membuat dan menjalani suatu projek.

Selain melakukan suatu projek, kamu pun diberikan batas waktu yang nggak terlalu lama dalam membuat laporan projekmu. Disini, kerjasamamu akan terasah. Kamu harus mengerjakan laporan KKN-mu sebaik mungkin dengan pembagian tugas yang rata. Nah, karena kamu harus mengerjakannya sama-sama, kamu harus bekerja dengan cepat untuk menyelesaikan bagianmu agar selesai pada batas waktu yang sudah ditentukan.

5. Kemampuan menganalisa permasalahan dan cara memecahkannya

Ketika KKN, kamu akan belajar untuk menganalisa permasalahan yang terjadi di desa tersebut dan kamu pun harus memutuskan projek apa yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan desa tersebut dan menyelesaikan permasalahan yang ada di desa tersebut.

Well, ketika kamu berada di dunia kerja, kamu akan menemui berbagai permasalahan yang perlu untuk dipecahkan permasalahannya dengan berbagai cara. Nah, kalau kamu sudah melakukan KKN sebelumnya, kamu pasti nggak akan kagok dengan hal seperti ini karena kamu sudah mempelajari hal ini sebelumnya. Sangat bermanfaat, kan?

6. Kemampuan beradaptasi

Ketika kamu KKN, kamu akan bertemu dengan orang-orang yang nggak pernah kamu temui sebelumnya. Nggak hanya satu jurusan maupun satu fakultas, kamu akan digabungkan dengan mahasiswa dari jurusan lain. Kamu pun akan di tempat kan di suatu desa yang belum pernah kamu datangi sebelumnya. Semuanya akan serba baru bagimu tetapi kamu akan brlajar untuk beradaptasi dengan segala hal yang baru ini.

Nah, ketika kamu bekerja, perubahan merupakan suatu hal yang sering banget terjadi. Perubahan yang terjadi bisa saja mengenai pergantian bos, pergantian pekerjaan, pergantian divisi dan sebagainya. Kalau kamu sudah belajar beradaptasi ketika masa KKN maka, kamu akan terbiasa untuk beradaptasi di masa-masa selanjutnya.

7. Kemampuan dalam berempati

kemampuan empati

Yap, ketika kamu mengikuti KKN, secara nggak langsung, kamu akan belajar untuk berempati dan bersimpati dengan teman-temanmu dan juga dengan orang-orang di desamu. Nah, karena kamu berempati, pasti kamu akan melakukan segala halnya dengan mempertimbangkan teman-temanmu terlebih dahulu. Selain itu ketika ada salah satu temanmu yang sakit, maka, kamu pun akan memiliki kesigapan dalam membantu temanmu.

Dulu, ketika saya KKN dan ada teman-teman saya yang sakit, semua orang di kelompok saya merasa khawatir. Banyak juga dari teman-teman saya yang akhirnya mengantarkannya ke dokter dan merawatnya ketika sakit. Kenapa, sih, rasa empati itu muncul? Yap, rasa empati muncul karena adanya rasa kekeluargaan yang erat antara satu dengan yang lainnya.

Apakah di dunia kerja rasa empati ini merupakan suatu hal yang penting? Wah jelas dong. Ketika kamu memiliki rasa empati, kamu pasti akan membantu teman-teman satu timmu untuk menyelesaikan tugas-tugasnya jika mereka memiliki kesulitan. Pada akhirnya, ketika kamu membantu temanmu, maka, pekerjaan satu timmu dapat diselesaikan dengan cepat.

***

Yap, ketujuh hal di atas merupakan kemampuan yang benar-benar terasah selama masa KKN. Bagaimana nggak, selama KKN kamu akan berada di tempat baru, dengan orang-orang baru dan kamu pun memiliki visi dan misi yang harus kamu raih, dengan begitu, tanpa kamu sadari, ketujuh kemampuan di atas merupakan hal yang paling terasah.

Jadi, kalau kampusmu akan mengadakan KKN, kamu jangam berkecil hati, ya. Mau bagaimana pun, dengan KKN, banyak hal yang bisa kamu asah, lho. Lalu, bagaimana kalau kampusmu nggak ada KKN? Well, kamu bisa mengikuti berbagai acara karang taruna, nih, gaes. Ada beberapa manfaat yang bisa kamu asah juga, nih, dengan mengikuti karang taruna. Pokoknya, jangan pernah merasa malas, ya, untuk mengembangkan diri. Semangat!

Baca juga:

(Sumber gambar: hyperisland.com, nextiva.com, uii.ac.id)

LATEST COMMENT
Genius Revanza | 1 hari yang lalu

Wahhhh bagus ni kak artikel nya next sma sama smk kak hehe

5 Kemampuan yang Sama-Sama Dimiliki Anak IPA dan IPS
Khusnul Khotimah Hamzah | 6 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©