Agar Kuliah Kerja Nyata Kamu Makin Afdol, Lakukan 3 Hal Ini Sebelum Pulang!

Para anak muda kece yang lagi khusyuk menjalankan ibadah Kuliah Kerja Nyata alias KKN, apa kabar, nih?

Bagi sebagian mahasiswa menjelang tingkat akhir yang kampusnya masih menyertakan KKN sebagai “paket lengkap” pembelajaran di bangku kuliah, masa-masa KKN bakal menjadi hal yang nggak akan kamu lupakan seumur hidup. Ngaku, deh, awal keberangkatan kamu masih ogah-ogahan karena harus hidup terisolasi, dan menjelang akhir gini kamu malah jadi kerasan. Hihihi.

Pokoknya, keseruan KKN itu nggak akan bisa kamu rasakan sebelum kamu bener-bener menjalaninya, karena pengalaman KKN itu unik banget bagi masing-masing mahasiswa.

Berhubung KKN adalah pengalaman sekali seumur hidup, kamu kudu banget, nih, memanfaatkan pengalaman ini dengan sebaik-baiknya agar kamu nggak sampai nyesel sepulang KKN nanti karena nggak sempet ngelakukin anu-itu. So, selain menunaikan tugas-tugas wajib dari DPL, jangan sampai lupa untuk melakukan 3 hal berikut ini sebelum pulang ke rumah masing-masing, ya!

1. Bikin acara kecil-kecilan untuk ngumpul bareng warga sekitar

1

Apa yang seharusnya terjadi dalam masa KKN adalah kamu sebagai agen perubahan membantu menyelesaikan masalah dan memberikan solusi kepada masyarakat (dalam hal ini warga desa) agar hidup mereka bisa menjadi jauh lebih baik.

Padahal, tanpa kamu sadari, yang terjadi malah yang sebaliknya, lho. Sure, kamu berkontribusi untuk mereka dengan kemampuan dan pengetahuan yang kamu punya. Tapi, jangan lupa kalau nggak ada bantuan dari mereka, mungkin aja kamu nggak bakal bisa survive di sana.

Apalagi kamu yang udah terbiasa tinggal di kota, pasti kamu bakal surprise banget dengan keramahan warga lokal di desa KKN kamu.

Mulai dari menyediakan tempat tinggal, bersedia ditanya-tanya soal jalan agar nggak nyasar, sampai minjemin peralatan masak dan lahan jemuran, mereka bersedia membantu kesulitan kamu semampu mereka. Pokoknya, kamu udah dianggap anak sendiri, deh, sama para warga selama disana.

Nah, nggak ada salahnya kalau kamu dan teman-temanmu membalas kebaikan mereka dengan “mengundang” mereka untuk saling bersilaturahmi sekalian pamitan. Boleh banget, nih, kamu undang mereka untuk syukuran kecil-kecilan atau bikin pentas hiburan di balai desa sebagai apresiasi dan pernyataan terima kasih kamu atas bantuan mereka selama ini di minggu terakhir masa KKN kamu!

2. Eksplorasi keindahan lokal

2

KKN itu nggak melulu dibablas dengan merampungkan program kerja, lho. Kalau kelompok kamu bisa bekerja sama dengan baik untuk menyelesaikannya, kalian bisa banget menyisihkan waktu untuk melakukan kegiatan hiburan.

Mumpung KKN berlangsung di waktu libur kuliah, sayang banget, dong kamu nggak nikmatin masa liburan kamu ini. Apalagi kamu lagi di desa KKN yang notabene bisa kamu eksplorasi ala backpacker kekinian bareng temen-temen kamu. Ihiy!

Eits, mentang-mentang judulnya desa, kamu nggak boleh meng-underestimate lokasinya, lho, ya. Potensi wisata alam di tempat yang belum terekspos bisa jadi bakal lebih keren dan hits dari yang biasa kamu lihat di feeds Instagram.

Coba deh, kamu tanyakan kepada warga sekitar soal objek wisata lokal apa yang bisa kamu kunjungi di tempat tersebut. Pasti bakal ada tempat wisata lokal yang bisa kamu jadikan tempat seru-seruan bareng temen. Jangan lupa juga nyobain makanan khas daerahnya biar berasa kayak turis betulan.

Atau, kamu juga bisa menyewa kendaraan umum dan rame-rame mengeksplorasi desa. Siapa tahu kamu bisa nemuin hidden gem yang nggak bakal kamu lupakan seumur hidup!

3. Bernostalgia bareng temen-temen kelompok

3

Ini, nih, hal paling penting yang harus kamu lakukan detik-detik terakhir hari KKN. Ngumpul seru-seruan terakhir kali sebelum pulang kudu banget dijalanin!

Bakalan seru banget, lho, nostalgiaan sama temen-temen sekelompok yang udah tinggal dan kerja bareng selama kurang lebih satu bulan di daerah yang nun jauh dari kampung halaman. Bertahan hidup di lingkungan asing barengan orang baru aja dikenal pastinya bakal memberikan kalian semua banyak pelajaran berharga.

Jadi, jangan lupa kumpulin anggota kelompok kamu untuk duduk bareng di malam sebelum kalian pulang. Sambil seru-seruan metik gitar atau bikin api unggun, kalian bisa sharing kesan dan pesan selama mengikuti KKN, dan merefeksikan diri dengan apa aja pelajaran hidup yang kalian dapatkan selama satu bulan terakhir.

Jangan lupa ucapkan terima kasih kamu kepada teman-temanmu yang udah saling membantu tanpa pamrih dalam mengarungi susah-senangnya survive di negeri orang. Boleh juga, nih, sekalian bikin rencana untuk ngumpul bareng lagi setelah KKN usai untuk tetep bisa keep in touch.

Dari yang dulunya kalian saling nggak kenal sampai sekarang jadi kompak dan solid, pasti banyaaak banget kenangan yang bisa kalian ceritakan untuk selalu diingat seumur hidup sebelum kalian balik lagi menjadi mahasiswa sibuk di fakultas masing-masing. Siap-siap baper, ya!

***

Eniwei, semoga kegiatan KKN kamu tahun ini penuh faedah!

(sumber gambar: unjkita.com, undiksha.ac.id, blogspot.com, mataharimall.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1