Efek Samping Ngekos yang Perlu Kamu Hindari

Ngekos saat kuliah merupakan pengalaman yang menyenangkan, tak terlupakan, dan punya banyak manfaat. Di antaranya, bikin kamu lebih mandiri dan nggak capek di jalan (mengingat jarak kampus dan kos umumnya relatif dekat). Tapi ada juga sih, efek samping alias potensi negatif dari ngekos yang perlu kamu ketahui dan hindari. Sebab gara-gara ngekos bisa jadi kamu akan.….

1. Serba nggak teratur

Di rumah, ada yang mengingatkan bahkan menyiapkan makan untukmu. Di kosan, boro-boro! Makan, minum, tidur, kamu yang mengatur dan mengusahakan sendiri. Kalau nggak disiplin, bisa tergoda begadang (tanpa tujuan) atau makan sesuka hati. Kehidupan yang nggak teratur ini banyak imbasnya. Mulai dari ngantuk di kelas, badan nggak fit, tugas yang nggak kelar-kelar, hingga kebiasaan seenaknya sendiri.

2. Gampang sakit

Ini terkait banget dengan pola hidup nggak teratur di poin sebelumnya. Hal lain yang perlu diwaspadai adalah asupan makanan. Sering kejadian nih, anak kos nggak memperhatikan gizi dan kebersihan makanan yang dikonsumsi. Penyakit kayak diare, masalah lambung, hingga tipes pun cukup akrab dengan mereka. Makanya, mulai deh, pikirin apa yang kamu konsumsi. Jangan berprinsip “yang penting enak”, “yang penting murah”, atau "yang penting instan", gaes.

3. Problem berat badan

Jajan ini-itu tanpa “rem” dan aturan yang jelas berpotensi bikin berat badan naik nggak karuan. Sebaliknya, keseringan “lupa/males” makan bikin lemas dan loyo. Keduanya, jelas nggak bagus untuk performa fisik kamu. Seringkali hal ini nggak disadari oleh diri sendiri. Salah satu cara yang efektif adalah dengan memantau berat badan secara berkala dan bikin semacam food diary.  Udah banyak kok, aplikasi sehat semacam ini.

4. Minim privacy

Lho bukannya dengan ngekos kamu jadi punya tempat tinggal sendiri dan bisa mandiri? Iya, sih. Tapi gimana seandainya kosan kamu dijadiin basecamp teman-teman kampus. Bahkan mereka suka datang mendadak plus sering menginap? Alhasil, kamar kamu pun jadi “ruang bersama”.

Makanya, kamu mesti punya rules. Misalnya, boleh saja main/nginap di kosan saat ada kebutuhan, dan tidak sering. Kamu pun harus bisa menolak, apabila sedang banyak tugas, atau butuh ketenangan di kamar kosan.   

Menjaga kerapihan dan keteraturan kamar juga salah satu kunci, sih. Jadi teman akan segan mengutak atik barang di kamarmu. Satu lagi, kamu juga harus menjaga privacy orang lain. Kalau kamu suka "menginvasi" kamar orang lain, jangan heran jika mereka melakukan hal yang sama padamu.

5. Super boros

Penting juga memerhatikan pengeluaranmu selama ngekos. Sayang banget kalau kamu jadi super boros. Uang bulanan sudah habis di awal bulan, misalnya. Atau terus-menerus minta ke ortu, or worse ketergantungan sama kartu kredit. Waduw, bahaya banget ituuuuu!

Walaupun mungkin kamu orang berada atau udah punya penghasilan sendiri, biasakan deh mengatur pengeluaranmu. Skill ini akan berguna banget hingga ke depannya. Sebaliknya, jika dibiarkan kebiasaan boros dan mismanagement keuangan ini justru akan makin parah serta makin sulit diatasi.

6. Nggak bertanggung jawab

Saat ngekos, kamu memiliki tanggung jawab terhadap dirimu sendiri. Ortu dan keluarga telah memberikan kepercayaannya padamu. Jangan sampai menyalahgunakan kepercayaan tersebut. Kamu punya tanggung jawab untuk menjaga diri dan menghindari hal yang negatif. Bergaul lah dengan luas, tapi tetap waspada dan jaga batasanmu.  Jangan sampai melanggar amanah ortu dan bikin mereka kecewa. Soalnya, godaan itu nyata adanya, gaes.

(sumber gambar: pixabay.com)

LATEST COMMENT
Najwa vika | 5 jam yang lalu

Kak aku mau tanya, untuk snmptn 2020 jurusan tata busana apakah menggunakan portofolio juga?

Ingin Masuk Jurusan Seni dan Olahraga di SNMPTN-SBMPTN 2019? Tanpa Uji Keterampilan, Inilah yang Perlu Disiapkan!
Yasmien Annisya Aulia | 14 jam yang lalu

kak maksud daya tampung snmptn itu apa ? misalnya jurusan fkip ppkn itu daya tampungnya 16 , nah itu daya tampung yang diterima dr setiap sekolah atau gimana ?

Pengertian Keketatan Persaingan, Daya Tampung, dan Peluang dalam SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri
Hikmah Rahmah | 14 jam yang lalu

memang lebih banyak diperlukan di perusahaan asuransi tetapi tidak menutup kemungkinan untuk dapat bekerja di instansi pemerintah, dosen/peneliti, wirausaha dengan membuka kantor aktuaris sebagai konsultan aktuaria dll

Kalau Kamu Suka Akuntansi dan Matematika, Coba Lirik Jurusan Kuliah Aktuaria. Prospek Kerjanya Wow!
Hikmah Rahmah | 14 jam yang lalu

ada. di jakarta ada prodi ilmu aktuaria di Universitas Binawan

Kalau Kamu Suka Akuntansi dan Matematika, Coba Lirik Jurusan Kuliah Aktuaria. Prospek Kerjanya Wow!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©