5 UKM Untuk Tingkatkan Kemampuan Komunikasimu!

Ketika kita mengikuti suatu organisasi atau UKM alias Unit Kegiatan Mahasiswa, sebelum kita memilih untuk ikutan di suatu organisasi, kita juga harus tahu nih, apa yang ingin kita pelajari atau dapatkan dari organisasi tersebut. Kenapa, sih, kamu harus mengetahui hal ini terlebih dahulu? Well, kamu harus tahu apa yang ingin kamu pelajari dari UKM tersebut agar kamu nggak asal milih UKM, nih, gaes.

Selain itu, ketika kamu tahu apa yang ingin kamu pelajari dari UKM tersebut, setidaknya kamu memiliki alasan yang kuat ketika mu ditanya kenapa kamu ingin bergabung di UKM tersebut. Alasan ini pun bisa menjadi suatu hal yang dapat memotivasimu untuk tetap mengerjakan apa yang harus kerjakan di dalam UKM tersebut.

Ketika kamu tahu apa yang ingin kamu pelajari pada suatu UKM, kamu pun nggak akan bingung dalam memilih suatu UKM. Misalnya, nih, kamu ingin belajar menyanyi, maka UKM yang bisa kamu pilih ialah UKM paduan suara. Misalnya lagi, kamu ingin belajar untuk disiplin maka kamu bisa ikut UKM seperti Pramuka atau Resimen Mahasiswa yang biasa dikenal sebagai "Menwa".

Nah, kalau kamu ingin belajar komunikasi yang baik, apakah ada UKM-nya? Well, tentu ada dong, gaes! Berikut beberapa UKM yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kemampuan komunikasimu!

1. Debat

ukm debat

Nah, kamu yang suka komunikasi, kamu bisa banget, nih, masuk UKM debat. Pada UKM ini kamu akan belajar, bagaimana sih caranya kamu bisa melakukan debat yang baik dan benar? Kan biasanya, nih, ya, banyak orang yang melakukan debat tapi justru hal yang dibicarakannya hanyalah hal yang itu-itu saja. Ngerti kan maksudnya? Iya, debat yang muter-muter aja, alias debat kusir.

Nah, ketika kamu masuk UKM debat, hal yang paatinya kamu pelajari adalah menyajikan informasi atau opini yang sesuai dengan data dan juga ilmunya. Nggak ada, tuh, ceritanya kamu debat asbun alias asal bunyi. Semua hal yang kamu bicarakan disini pasti dituntut untuk sesuai dengan data atau bahan bacaan.

Selain itu, kamu juga akan belajar, gimana sih, caranya kamu bisa menyampaikan pendapat dengan baik tanpa ada pengurangan, melebihkan informasi atau bahkan mengubah informasi karena pemilihan kata yang kamu lakukan. Kamu pun akan belajar gimana sih, caranya agar apa yang kamu debatkan dapat dimengerti oleh semua orang tanpa terkecuali.

Inti dari komunikasi itu sendiri ialah ketika kamu bisa menjelaskan suatu hal kepada banyak orang dan tentunya dapat dimengerti oleh orang lain. Nah, kalau debat, merupakan suatu cara dimana kamu bisa memberikan pendapat dan membuat orang lain percaya dengan apa yang kamu katakan. Pada UKM ini, kamu pasti akan banyak belajar komunikasi, deh!

2. Radio Kampus

Radio kampus pun merupakan UKM yang bisa banget kamu pilih kalau kamu ingin belajar komunikasi, nih, gaes. Ketika kamu bergabung dengan radio kampus, kamu akan belajar bagaimana cara menyusun suatu acara di radio bahkan hingga menjadi penyiar radio. Kalau kamu ingin belajar komunikasi, kamu bisa banget, lho, request ke ketuamu untuk membuatmu lebih sering menjadi penyiar radio.

Ketika kamu masuk UKM ini dan belajar jadi penyiar radio, biasanya kamu akan belajar bagaimana membuat intonasi untuk suatu cerita atau informasi yang ingin kamu sampaikan, kecepatan berbicara, kapan kamu harus menjeda pembicaraan dan kapan kamu harus melanjutkan pembicaraanmu.

Pokoknya, di UKM ini kamu akan belajar gimana caranya membuat orang lain nyaman dengan apa yang kamu bicarakan. Selain itu, kamu juga akan belajar agar menarik perhatian orang lain dengan suara dan caramu berbicara. Kalau kamu bercita-cita menjadi host, kamu pun bisa nih, berlatih berbicara yang baik dengan mengikuti UKM ini.

3. Televisi Kampus

Nah, kalau kamu ikut UKM televisi kampus, kamu pun akan belajar bagaimana sih caranya menjadi producer acara, pembawa acara, penulis script dan sebagainya. Pokoknya, kamu akan belajar banyak hal deh, ketika kamu masuk UKM yang satu ini.

Kalau kamu ingin belajar komunikasi, kamu bisa kok, belajar menjadi pembawa acara atau news anchor! Hampir sama dengan UKM radio kampus, kamu akan belajar bagaimana caranya kamu berbicara dengan baik seperti kecepatan berbicara, kejelasan dalam berbicara, intonasi berbicara dan sebagainya.

Namun, bedanya nih, gaes, kalau kamu bergabung di UKM radio kampus, kamu hanya belajar tentang cara berbicara saja, nih. Padahal, gaes, Yang namanya komunikasi nggak hanya soal bicara saja. Kamu pun harus memperhatikan hal-hal seperti gestur tubuh, ekspresi muka dan sebagainya. Tubuh pun bisa jadi cara kamu untuk berkomunikasi, lho. Dengan melakukan suatu gerakan-gerakan atau ekspresi muka, kamu bisa lho, menekankan suatu pesan yang ingin kamu sampaikan. Nah, hal ini bisa kamu pelajari di UKM yang satu ini, gaes.

4. Jurnalistik

Lho? Kok, UKM jurnalistik juga masuk UKM buat belajar komunikasi? Wah, jelas banget, gaes. Jurnalistik merupakan salah satu UKM yang bisa kamu pilih untuk belajar komunikasi. Komunikasi nggak terbatas dengan verbal saja, nih, gaes. Namun, komunikasi itu sendiri termasuk komunikasi tulis.

Nah, di jurnalistik, kamu akan belajar dobel nih, gaes. Kamu akan belajar tentang komunikasi verbal alias komunikasi lewat bicara dan komunikasi tertulis seperti majalah, artikel, koran dan sebagainya.

Ketika kamu masuk UKM ini, kamu akan belajar bagaimana caranya berkomunikasi melalui tulisan. Yep, berkomunikasi melalui tulisan nggak semudah yang kamu bayangkan, lho. Kamu harus menulis dan memilih kata-kata yang sesuai dengan para pembacamu. Kalau pembacamu adalah orang-orang pengamat bisnis, maka kamu harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan mereka.

Kamu pun akan belajar bagaimana mewawancarai orang lain, lho. Mewawancarai orang lain pun butuh keterampilan. Kamu nggak bisa main asal tanya atas apa yang kamu pikirkan. Selain itu, kamu juga harus bisa mengemas cara bicaramu supaya bisa dimengerti oleh banyak orang.

5. UKM Bahasa Asing

Well, ketika kamu belajar bahasa asing, pasti kamu akan belajar bagaimana cara menulis yang baik. Selain itu, kamu pun akan belajar juga bagaimana berbicara yang baik menggunakan bahasa asing tersebut. Nah, kalau kamu belajar berbicara berbahasa asing, kamu akan banyak berlatih dengan cara berbicara bersama temanmu atau di depan umum, kan? Nah, mau nggak mau, selain berlatih bahasa asing, kamu pun berlatih untuk bagaimana berkomunikasi yang baik di depan banyak orang maupun hanya bersama dengan beberapa temanmu.

***

Ya, itu dia beberapa UKM yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan kemampuan komunikasimu. Komunikasi merupakan suatu hal yang harus kamu tingkatkan, nih, gaes, demi kelancaranmu di dunia karir maupun sekolah. Perlu kamu ketahui, meskipun kamu bersekolah, komunikasi tetaplah suatu hal yang penting untuk kamu miliki.

Maka dari itu, gaes, buat kamu yang sedang berusaha meningkatkan kemampuan komunikasimu baik itu tertulis maupun secara verbal, kamu bisa banget, nih, ikutan salah satu UKM yang sudah disebutkan di atas! Selain kamu bisa belajar, UKM di atas pun seru untuk kamu ikuti semua kegiatannya, kok! Jangan sampai nggak mencoba sama sekali untuk berkecimpung di dunia UKM, ya!

Baca juga:

(Sumber gambar: thedailystar.com, kajianpustaka.com, rencanamu.com)

LATEST COMMENT
Nisa Nuraisyah | 20 menit yang lalu

Ada di univ mana? Saya cari itu adanya soshum

6 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik yang Bisa Kamu Ambil di Bidang Pendidikan
Yulika Aprianiii | 16 jam yang lalu

Saya jurusan IPS dari 5 hal di atas kemungkinan saya bisa masuk hi tapi masih takut gk bisa caranya agar lebih muda di terima di universitas gimna caranya

5 Tanda Bahwa Jurusan Hubungan Internasional Cocok Buat Kamu
Fatimah Ibtisam | 23 jam yang lalu

Bukan, Asesmen Nasional bukan untuk mengukur prestasi individu siswa, tetapi semacam penelitian untuk mengetahui capaian pendidikan di sekolah dan daerah. Yang ikutan hanya sebagian murid yang dipilih secara acak sebagai responden.

Info Lengkap Asesmen Nasional 2021, Bukan Sekadar Pengganti UN
Fatimah Ibtisam | 23 jam yang lalu

Setahu kami, kelas 12 ujian sekolah (UAS) seperti biasa. Tidak ada Ujian Nasional.

Info Lengkap Asesmen Nasional 2021, Bukan Sekadar Pengganti UN
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1