7 Trik Belajar 30 Hari Menjelang Hari H Ujian

Nggak terasa, sekitar sebulan ke depan—bahkan ada yang lebih cepat lagi—kamu bakal menghadapi UTS. Coba deh, 7 trik belajar yang dikembangkan dari situs visualisation berikut ini!

1. Dengarkan musik instrumental

Di antaranya, musik klasik, hip-hop instrumental, score film dan lainnya. Tapi JANGAN musik favoritmu yang kamu hafal. Nanti kamu malah karaokean lagi.

Soalnya dengerin musik sambil belajar memiliki dua sisi: bisa bikin relaks dan semangat belajar, tapi bisa juga menjadi distraksi,

2. Pakai Teknik Pomodoro

Yaitu, membagi aktivitas belajar ke dalam periode-periode. Tiap periode berdurasi 25 menit. Nah, tiap selesai empat kali siklus Teknik Pomodoro, kamu mendapat "hadiah" istirahat 15 menit. Baca soal Teknik Pomodoro selengkapnya di sini.

3. Batasi internet.

Harus rada sadis nih sama diri sendiri. Kalau perlu jangan ada internet dan media sosial selama belajar.

ujian belajar

4.Tiru "The Seinfeld X Technique"

Di balik kesuksesan komedian sekaligus penulis legendaris Amerika Serikat, Jerry Seinfeld, ternyata ada usaha keras dan kedisiplinan. Jerry memaksa dirinya sendiri untuk menulis jokes tiap hari, dan menandai "PR" tersebut kalender apabila telah dikerjakan.

Kenapa harus ditandain sih? Sebagai pengingat supaya nggak bolong-bolong.

Kamu juga bisa menerapkannya untuk mendisiplinkan diri belajar tiap hari. Awalnya sih, berat banget, sob! Tapi lama-kelamaan kamu akan terbiasa.

5. Olahraga ringan

Latihan ringan secara teratur seperti treadmill, sepeda statis, dan senam ringan bisa membantu kamu mengingat pelajaran.

6. Variasikan "pemandangan"

Biar nggak jenuh, coba deh, berganti-ganti tempat belajar. Nggak cuma di situ-situ aja.

Menurut peneliian yang dilakukan psikolog Robert Bjork, mahasiswa yang mempelajari kata-kata di dua ruangan yang berbeda (secara bergantian) bisa menghafal 20 persen lebih banyak kata, ketimbang yang tempat belajarnya monoton.

Namun, hindari deh, tempat belajar yang terlalu nyaman, seperti tempat tidur, sofa empuk dan bean bag. Bikin pengen bobok, sob!

7. Kumpulkan materi pelajaran.

Poin tambagan yang lumayan efektif, nih. Rajin-rajin deh, mengumpulkan bahan pelajaran, seperti catatan, fotokopian, soft copy dari guru/dosen, buku penunjang, dan lainnya.

Jangan baru panik mencari bahan seminggu sebelum ujian atau malah H-1. Capek, deh!

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Kurnia Laili Muna | 4 hari yang lalu

wah! informasi yang sangat bermanfaat bagi calon mahasiswa yang sedang mempertimbangkan jurusan sosiologi. selain 10 Universitas yang telah disebutkan diatas, ada juga universitas yang mempunyai jurusan sosiologi loh! yakni UIN Walisongo Semarang. jangan lupa kunjungi laman https://walisongo.ac.id/…

Kenalan Lebih Dekat Program Studi Sosiologi, Yuk!
LAILY RAHMAWATI UIN Walisongo Semarang | 9 hari yang lalu

Bingung mau kuliah dimana? Ingin berkuliah di kota dengan biaya hidup murah? Mari berkuliah di SEmarang. Kunjungi juga laman kami di https://walisongo.ac.id/

Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia Tahun 2019
Kurnia Laili Muna | 9 hari yang lalu

wah! informasi yang bermanfaat khususnya bagi calon-calon mahasiswa yang sedang bimbang memilih Universitas. Mungkin kalian berkeinginan berkuliah di UIN Walisongo Semarang, maka cobalah untuk membuka laman resmi kampus kami di https://walisongo.ac.id/ ^^

Tips dan Trick dalam Mencari Informasi Seputar Kampus yang Diinginkan
Kurnia Laili Muna | 10 hari yang lalu

tak kalah menarik dengan UIN Syarif Hidayatullah, UIN Walisongo juga memiliki hal-hal yang disebutkan. silakan kunjungi https://walisongo.ac.id/ untntuk mengetahui seputar UIN Walisongo Semarang

4 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Qwyzer | 12 hari yang lalu

Saya punya keinginan untuk menjadi pilot, semoga pesan ini tersampaikan dgn versi diriku yang sudah menjadi seorang pilot, Aamiin

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1