Jika Soal Esai Ujian Nasional 2018 Seperti 13 Soal Ini, Apakah Kamu Bisa Menjawabnya?

“Hah, bakal ada esai di Ujian Nasional?!” Isu soal esai pada Ujian Nasional memang bikin kebat-kebit, apalagi saat UN 2018 makin dekat. Sebenarnya, wacana esai pada UN memang sudah lama berseliweran. Isu ini pun menguat  ketika beberapa media besar sempat memberitakan bahwa soal UN 2018 akan berbentuk esai.

Sebenarnya sih, Bapak Nizam, Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kemdikbud, nggak menyinggung bentuk soal esai. "UN tahun depan mostly masih akan seperti tahun ini. Direncanakan untuk mulai mengenalkan bentuk soal yang tidak pilihan ganda," jelas beliau. Dari penelusuran Youthmanual, sejauh ini bentuk soal non-pilihan ganda untuk UN 2018 adalah soal isian Matematika.

Soal berbentuk pilihan ganda memang mendapatkan banyak kritik dan dianggap nggak mampu mengeksplorasi pengetahuan siswa. Malah terkesan bisa untung-untungan dengan “tembakan jawaban”. Walau banyak pihak menilai bahwa soal esai lebih mengeksplorasi kemampuan siswa, tapi sejauh ini belum ada pernyataan resmi mengenai adanya esai pada UN.

Tapi boleh dong ya, berandai-andai. Misalnya, di Ujian Nasional nanti beneran ada esainya, apakah kamu bisa menjawabnya?  Coba deh, latihan dulu dengan menjawab 13 pertanyaan berikut. Pertanyaannya bisa untuk kamu yang di jurusan IPA,IPS, Bahasa, Kejuruan, maupun jurusan lainnya. Cek juga bocorannya di bawah, ya!

1. Seandainya kamu terpilih menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, apa yang akan kamu lakukan? Kebijakan apa yang akan kamu ambil?

2. Dari berbagai teori dan rumus Matematika yang kamu pelajari di SMA, manakah yang menurutmu paling penting serta paling bermanfaat dan jelaskan alasannya?

3. Berkaca dari studi kamu selama SMA,  ceritakan pengalaman di mana kamu merasa sangat bersemangat mempelajari sesuatu. Apa yang dipelajari dan apa yang membuatmu bersemangat?   

4. Sebutkan dua contoh ilmu atau rumus pelajaran IPA/IPS/Jurusan lain yang pernah kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jabarkan rumus tersebut dan jelaskan penerapannya!

5. Sejarah mencatat berbagai kisah pahlawan yang membela negara. Pilih salah satu nama pahlawan nasional, dan bayangkan apa yang akan kamu lakukan jika bisa menghabiskan waktu seharian dengannya?

6. Jika kamu diminta menghapuskan satu pelajaran dan menambahkan satu pelajaran di SMA, mata pelajaran apa yang akan dipilih dan mengapa?

7. Apa rencana kamu 10 tahun mendatang?

8. Apa manfaat yang didapatkan dengan mempelajari Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (serta bahasa asing lain) selama sekolah?

9. Apa pengalaman negatif yang pernah kamu peroleh selama di SMA?

10. Sebutkan dua teori (atau lebih) yang berkaitan dalam salah satu mata pelajaran yang kamu pelajari (IPA/IPS/Bahasa/Kejuruan), dan jelaskan hubungan teori-teori tersebut!

11. Apa buku terakhir (selain buku pelajaran) yang kamu baca dan ceritakan mengenai buku tersebut!

12. Menurut kamu, apa masalah terbesar yang dihadapi Indonesia saat ini, dan apa yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi persoalan tersebut?

13. Jika ada hal pada dirimu yang bisa diubah, apa sifat/sikap/kebiasaan/hal yang ingin kamu ubah?

“Bocorannya” adalah…..

  1. Soal pertama (nomor 1) sebenarnya terinspirasi dari salah satu pertanyaan wawancara beasiswa LPDP untuk program studi yang berkaitan dengan sains (energi).

3. Soal nomor 3 disadaptasi dari pertanyaan esai untuk seleksi masuk Yale University, salah satu universitas terbaik di Amerika Serikat dan dunia. Pertanyaannya memang menggali passion calon mahasiswa, karena bagi Yale passion merupakan hal yang penting.

5. Nah, soal nomor 5 dikembangkan dari Gaokao. Gaokao adalah tes masuk perguruan tinggi China yang diselenggarakan secara nasional. Agak mirip seperti SBMPTN, lah. Nah, Gaokao ini terkenal sulit banget, bahkan disebut-sebut sebagai salah satu tes tersulit di dunia. Wih!         

7. Soal seperti nomor 7 ini banyak ditemui di berbagai wawancara, baik wawancara beasiswa maupun wawancara kerja.

9 dan 11. Soal nomor 9 dan 11 terinspirasi dari pertanyaan  seleksi masuk Harvard University. Mungkin kamu pernah dengar kalau masuk Harvard itu sulit banget, peluangnya cuma 5 persen, sementara saingannya hebat-hebat.

13. Di nomor 13 kamu menemukan pertanyaan yang mungkin muncul saat menjalani wawancara beasiswa atau mendaftar ke perguruan tinggi.

Nah, semua soal nomor genap adalah soal yang disusun Youthmanual. Menurut kami, soal tersebut bisa mengeksplorasi sejauh mana pengetahuan serta wawasanmu. Nggak hanya sekadar hafalan, tapi menggali pemahaman kamu terhadap subjek yang dipelajari di SMA.

***

Tentunya, soal-soal di atas bukan soal Ujian Nasional beneran, jadi kamu bisa tenang. *FIUH!* Seperti yang Youthmanual  sampaikan di atas, menurut info yang kami peroleh sejauh ini, soal UN mayoritas akan tetap pilihan ganda, namun ada variasi soal isian pada pelajaran Matematika.

Walau soal di atas cuma rekaan, nggak ada salahnya menantang dirimu sendiri untuk menjawabnya. Siapa tahu, kamu bakalan tes untuk beasiswa atau mendaftar di Harvard. Amiiin.

(sumber gambar: stateimpact.npr.org)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 1 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1