Tip Bertahan Ketika Salah Pilih Jurusan Kuliah

Ketika pindah program studi nggak bisa jadi solusi salah jurusan. Bagaimanakah cara untuk bertahan? I will survive, walau salah jurusan, I will surviveee…

Ketika salah jurusan kuliah, kita perlu mencari prodi yang tepat. Kemudian, kita pindah ke program studi tersebut. Namun nggak semua berjalan seindah itu. Entah nggak direstuin ortu, nggak ada biaya buat ganti prodi, atau situasi tidak memungkinkan. Alhasil stuck dengan prodi yang nggak sejalan dengan hati tersebut.  Inilah beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar bisa bertahan.

a. Ingatkan dirimu bahwa bertahan adalah hal terbaik yang bisa dilakukan saat ini.

Cara terbaik menguatkan dirimu adalah mengingat kembali kenapa kamu bertahan. Tentu saja keputusan bertahan sudah lewat pertimbangan panjang dan usaha.

b. Percaya bahwa semua ilmu ada manfaatnya.

Walau bidang ini nggak kamu minati, namun semua ilmu yang kamu pelajari pasti ada manfaatnya. Ini ngomongin ilmu pengetahuan yang positif ya, bukan ilmu hitam pastinya. Eheehe

c. Eksplorasi semua area studi

Yang dipelajari di satu prodi bisa meliputi banyak hal. Mungkin saja ada satu aspek yang ternyata kamu minati. Misalnya, saat mengambil prodi Matematika yang ternyata nggak sesuai dengan minatmu. Ternyata ada mata kuliah Matematika yang nyambung dengan bidang ekonomi dan bisnis, yang ternyata matching dengan minatmu.

Jangan salah juga, ternyata latar belakang Matematika juga bisa terpakai di berbagai bidang kerja, misalnya sebagai konsultan politik atau pekerja bidang kesehatan yang banyak berhubungan dengan statistika.

d. Banyak soft skills yang bisa kamu peroleh.

Seringkali kita berpikir terlalu kaku, bahwa apa yang diperoleh selama kuliah adalah pengetahuan dan keahlian sesuai bidang studi.

Lebih daripada itu, mengenyam pendidikan tinggi dapat membentuk pola pikir kita menjadi lebih kritis, peka, mandiri, dan tahan banting. Juga bisa meningkatkan kreativitas, kemampuan berkomunikasi, dan rasa tanggung jawab.

Sambil kuliah  kamu bisa mengasah kemampuan tersebut.

e.  Anggap tantangan untuk diri

Saat ini kamu dalam situasi nggak nyaman, yaitu di prodi yang nggak diminati. Ini adalah tantangan bagi dirimu untuk bisa menghadapi keadaan. Di dunia karier, mungkin saja kamu akan dihadapkan dengan tugas yang menjemukan. Nah, kamu pun sudah lebih siap menghadapi situasi yang kurang menguntungkan bagimu.

f. Jangan antipati

Walaupun kamu belum menemukan kecocokan, jangan antipati dengan materi perkuliahan yang diberikan. Banyak ilmu baru yang bisa kamu serap. Kalau sudah merasa nggak suka dan nggak bisa, pasti akan lebih menyulitkan untukmu.

g. Cari kesempatan

Cari juga kesempatan untuk mencari pengalaman, skill, dan pengetahuan lainnya, lewat berbagai hal seperti magang, organisasi, kursus singkat, seminar dan lain sebagainya. Siapa tahu, malah ketemu hal yang sesuai untukmu.

Atau bisa juga nantinya melanjutkaan pendidikan (misalnya S2) ke prodi yang diinginkan. Pokoknya masih ada jalan untuk kalian yang harus bertahan.

We will survive!

   

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1