Tips Persiapan Ujian: Antipanik dan Antistres

Menjelang ujian, entah itu UN, USBN, UTS, UAS, SBMPTN, sampe ujian SIM, biasanya berbagai  perasaan negatif muncul. Antara takut dapat nilai jelek, panik karena merasa belum menguasai materi, sampai deg-degan, khawatir semua yang dipelajari nge-blank. Perasaan stres, panik, atau emosi negatif ini hanya bikin kamu nggak fokus dan persiapan ujian jadi nggak maksimal. 

Ujian (umumnya) bukan hal gampang. Jika ingin dapat hasil outstanding, persiapannya juga harus wuarbiyasak. Tapi jangan malah panik dan stres. Jalani tips persiapan ujian bebas panik dan stres. 

1. Persiapkan semua bahan ujian (setidaknya) H-1 minggu ujian

Kesalahan terbesar anak sekolah dan anak kuliah ketika ujian adalah masih belajar secara SKS (sistem kebut semalam). Kalau tinggal belajar saja, sih, masih mending. Masih ada lho, yang baru mau mencari pinjaman buku dan mengkopi catatan materi semalam sebelum ujian. Seandainya nggak dapat materinya, mau belajar dari mana coba?

Kumpulkan materi bahan ujian setidaknya minimal seminggu tes berlangsung. Jadi jika masih yang kurang, kamu masih punya cukup waktu untuk mencari lagi. Biar kamu nggak kelabakan dan capek pontang-panting di H-1

2. Jauhkan handphone saat belajar

Terutama untuk kamu-kamu yang memiliki LKH akut (Level Ketergantungan Hape, hihihi). Yup, menjauhkan handphone saat belajar merupakan strategi tepat. Soalnya, suara notifikasi medsos dan screen yang menyala bisa bikin perhatian kamu terpecah. Dan lagi, tangan pun sering gatel memencet hape yang berada di sekitarmu. Selain jadi nggak konsen, mainan hape juga memperlambat proses belajar.

3. Belajar bareng teman yang tepat

Salah satu cara belajar yang sering saya terapkan saat kuliah adalah belajar bareng teman. Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan saat menyiapkan ujian bersama teman. Pertama, kamu bisa mengecek langsung pemahamanmu terhadap materi. Dari penjelasan teman, kamu bisa tahu apakah materi yang selama ini kamu tangkap itu benar atau salah.

Kedua, kamu juga bisa lebih termotivasi dalam belajar. Melihat teman yang lebih jago, bisa membuat kamu yakin kalau kamu juga pasti bisa mengerjakannya. Tapi harus pilih teman yang tepat, yaitu yang sungguh-sungguh belajar. Jangan yang hobi ngobrol dan kurang fokus belajar.

4. Atur waktu tidur

Meskipun kamu perlu mempersiapkan ujian dengan makimal, jangan sampai kamu mengabaikan waktu tidurmu, gaes. Atur waktu secara efektif untuk belajar dan istirahat. Tidur yang cukup akan membantu tubuh dan pikiranmu tetap fresh. Dengan tubuh fit dan segar, daya ingat dan performa fisik kamu sepanjang ujian akan lebih maksimal.

5. Tetap jaga kesehatan dengan makan teratur

Sama seperti poin sebelumnya, tetap lah jaga kesehatan meskipun lagi sibuk-sibuknya. Biar nggak kelupaan makan dan perut tetap terisi, sediakan makanan atau camilan sehat saat belajar. Jangan sampai karena terlalu getol belajar, jadi lupa makan-minum sehingga kamu nge-drop pas ujian. 

(sumber gambar ; sunmyke.com, theodysseyonline.com, cerita-kita.co.id, zrarts.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 14 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1