Tips Sukses Presentasi 10/20/30 Versi Guy Kawasaki

Apakah tanganmu suka berkeringat saat berbicara di depan banyak orang? Sering tiba-tiba nge-blank pas maju di depan? Yang kamu rasakan itu juga yang dirasakan oleh sebagian besar orang, lho.

Berbicara di depan umum, alias public speaking, sering ditakuti oleh banyak orang. Walau udah berusaha mempersiapkan diri, tapi tetap aja grogi pas sudah maju. Ditambah lagi, kalau teman-temanmu nggak antusias mendengarkan. Komplet.

Nah, saya akan berbagi tips presentasi dari Guy Kawasaki, seorang marketing specialist dan mantan karyawan Apple. Tips dari Om Guy ini oke banget buat kesuksesan presentasi kamu.

Jadi, dia punya suatu metode khusus yang dinamakan aturan 10/20/30. Metode ini diterapkan Guy selama lebih dari 40 kali dalam setahun saat menjadi keynote speaker. Maklum do'i memang laris manis sebagai pembicara. Menurut Guy Kawasaki, kamu nggak perlu takut presentasimu berantakan jika menerapkan metode 10/20/30.

Apa sih, maksudnya 10/20/30? Artinya adalah: 10 slide presentasi, 20 menit berbicara, dan minimal ukuran font tulisan 30.

10 Slide Presentasi

Menurut Kawasaki, total slide presentasimu nggak boleh lebih dari 10 lembar. Soalnya, otak manusia sebenarnya nggak bisa menangkap lebih dari 10 konsep sekaligus dalam satu pertemuan. Jadi usahakan kamu membuat materi presentasimu sepadat mungkin, ya. 

20 Menit Waktu Presentasi

"in a perfect world, you give your pitch in twenty minutes, and you have forty minutes left for discussion." (Guy Kawasaki)

Dua puluh menit adalah waktu yang diperlukan untuk menyampaikan presentasi yang singkat, padat, dan jelas. Intinya nggak perlu penjelasan yang panjang lebar. Nggak perlu juga basa-basi kepanjangan. Kalau isi presentasimu memang menarik untuk didengarkan, kamu nggak perlu menjelaskannya berulang-ulang.

30 = Ukuran Font

"because it requires you to find the most salient points and to know how to explain them well." (Guy Kawasaki)

Salah satu kesalahan terbesar presenter adalah memasukkan ukuran huruf yang kecil di slide presentasi. Biasanya ini dilakukan kalau kamu punya kecenderungan pengen memasukkan lebih banyak informasi di slide. Tujuannya pengen se-informatif dan selengkap mungkin, sih. Tapi malah jadi kelihatan penuh serta sulit terbaca.

Lagipula, kalau terlalu banyak teks, kamu akan cenderung membaca slide dan bukan berbicara atau menjelaskan presentasi. Tentu ini bukan hal yang baik dalam presentasi. Etapi, ngomong sambil baca ini juga efektif, lho! Yup, efektif bikin yang mendengar jadi ngantuk. Waduh!

Menurut saya, metode kawasaki ini cocok banget untuk mengatasi rasa takut atau nervous berlebih saat presentasi. Sebab metodenya sederhana, mudah dilakukan, namun bisa bikin fokus.

Nah, jika kamu fokus dengan apa yang akan disampaikan dan tampil percaya diri, orang-orang akan mendengarkan, gaes.

(sumber gambar : medium.com, youtube.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Rio priyatna Rio | 1 hari yang lalu

Wajib diperbaiki dan konfirmasi ke dosen pengampu bersangkutan

Serba-Serbi IP, IPK, dan Sistem Nilai di Perguruan Tinggi
vegas4D | 1 bulan yang lalu

Raih Kemenangan Besar di Vegas4D. daftar vegas4d vegas 4d https://vegas4d.xyz/ https://vegas4d.store/

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
syakila putri | 2 bulan yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 3 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1