Menu

13 PTN dengan Prodi Desain Komunikasi Visual dan Peluang Masuknya

Dari 57 Perguruan Tinggi dengan Jurusan S-1 Desain Komunikasi Visual (DKV), 13 di antaranya merupakan perguruan tinggi negeri. Jika tertarik masuk DKV, kamu bisa mempertimbangkan PTN plus mengecek peluang masuknya. Sebagai gambaran, DKV masuk ke dalam prodi sosial humaniora, kecuali di dua kampus. Cek, kuy!  

1. Institut Teknologi Bandung 

DKV di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB memang salah satu yang terkenal kualitasnya maupun persaingan masuknya. Bahkan sampai ada tempat les khusus segala lho, untuk persiapan SNMPTN atau SBMPTN FSRD ITB.  Kalau berhasil masuk, kamu nggak akan langsung ambil jurusan DKV melainkan setahun menempuh pendidikan dasar FSRD, baru deh setelahnya kamu bisa memilih prodi yang dituju. Kalau memenuhi syarat, kamu akan masuk DKV. Jika tidak, kamu akan masuk ke prodi bidang seni rupa/desain lainnya.

Jalur Masuk: SNMPTN dan SBMPTN

Daya Tampung SBMPTN: 150

Prediksi peluang masuk SBMPTN: 5.41 persen

2. Universitas Sebelas Maret

Jika kuliah di sini kamu akan mempelajari soal gambar (image), suara, dan teks. Di tahun pertama dan kedua perkuliahan, dipelajari hal-hal dasar seperti gambar desain, computer graphic, suara dan teks. Baru deh, selanjutnya bakalan lebih spesifik. Selain mejadi desainer visual, lulusan DKV UNS memiliki kompetensi untuk menjadi fotografer, animator, web designervideo director, video editor.

Akreditasi: B

Jalur Masuk: SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri (menggunakan skor SBMPTN)

Daya Tampung SBMPTN: 30

Prediksi peluang masuk SBMPTN*: 3.62%

3. Institut Seni Indonesia Yogyakarta 

Inilah kampus seni rupa tertua di Indonesia yang telah banyak menghasilkan seniman ternama. Sejarah pendidikan seni rupa yang kuat dan lingkungan yang merupakan kota yang kaya budaya, ikut membentuk karakter DKV di sini. Selain menghasilkan gagasan desain dan karya, lulusannya diharapkan bisa menyusun strategi komunikasi melalui berbagai media.  

Jalur Masuk: SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri

Daya Tampung SBMPTN: 36

Prediksi peluang masuk SBMPTN: 1.13 persen

4. Universitas Negeri Malang 

Prodi DKV di kampus ini dibuka sejak tahun 2000 berada di Fakultas Sastra. Di sini mahasiswa bisa memilih konsentrasi DKV Game Animasi.

Jalur Masuk: SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri

Daya Tampung SBMPTN: 42

Prediksi peluang masuk SBMPTN: 4.29 persen

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember 

DKV ITS baru dibuka tahun 2018 ini. Sebelumnya, ITS sudah punya prodi Desain Produk yang memiliki akreditasi A. Kebanyakan jurusan di kampus ini memang terkait dengan teknologi. Namun seperti ITB yang memiliki jurusan DKV yang cukup menonjol, prediksi kami DKV ITS juga menjanjikan. Berbeda dengan kebanyakan kampus, di ITS DKV tergolong prodi saintek.

Jalur Masuk: SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri

Daya Tampung SBMPTN: 24

6. Universitas Pendidikan Indonesia 

Sama dengan di ITS, di UPI prodi DKV baru dibuka. Bedanya, DKV kampus ini termasuk prodi soshum dan UPI sendiri banyak memiliki jurusan di bidang pendidikan dan pengajaran.

Jalur Masuk: SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri

Daya Tampung SBMPTN: 28

7. Institut Seni Indonesia Surakarta 

Fokus DKV di sini adalah industri periklanan. Lulusannya disiapkan untuk memiliki kompetensi sebagai desainer dan peneliti iklan. Sedangkan kemampuan pendukung yang dipelajari di ISI Surakarta adalah merancang grafis serta merancang animasi.

Jalur Masuk: SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri

Daya Tampung SBMPTN: 32

Prediksi peluang masuk SBMPTN: 8.8 persen

8. Universitas Negeri Surabaya 

Salah satu misi prodi DKV Unesa adalah mengeksplorasi Desain Komunikasi Visual berbasis teknologi. Mata kuliah yang diberikan antara lain Infografis, Portofolio, Desain Kemasan, Desain Buku dan Komik, serta Interactive Media. Selain skripsi, mahasiswa DKV Unesa juga menjalani Kuliah Kerja Nyata dan Magang.

Jalur Masuk: SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri

Daya Tampung SBMPTN: 48

Prediksi peluang masuk SBMPTN: 5.93 persen

9. Institut Seni Indonesia Denpasar 

Kemampuan teknis dan penguasaan digital yang berkaitan dengan ranah Desain Komunikasi Visual akan diasah di sini. Mahasiswanya juga dipersiapkan untuk terjun ke industri. Mata kuliah yang diberikan antara lain Documentary Social Photography, Knowledge of Intellectual Property Right, History of Indonesian Fine Art, Animation, Media Visual Communication Design, Industrial Commercial  Communication Design dan Commercial Visual Communication Design.

Jalur Masuk: SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri

Daya Tampung SBMPTN: 32

Prediksi peluang masuk SBMPTN: 4.29 persen

10. Universitas Negeri Makassar 

Di kampus ini, DKV termasuk program studi saintek. Mata kuliah yang dijalani mahasiswanya antara lain Digital Design, Visual Merchandising, Komputer Grafis, Animasi, Audio Visual, dan tentunya kelas Desain Komunikasi Visual yang terbagi dalam 5 level (5 semester).

Jalur Masuk: SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri

Daya Tampung SBMPTN: 32

Prediksi peluang masuk SBMPTN: 9.94 persen

11. ISBI Padangpanjang

Visi mereka adalah menjadi penyelenggara pendidikan Desain Komunikasi Visual yang kreatif, mandiri dengan orientasi masa depan serta dilandasi nilai-nilai budaya Melayu. Jalur SBMPTN prodi DKV baru dibuka tahun 2017 lalu.

Jalur Masuk: SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri

Daya Tampung: 48

Prediksi peluang masuk*: 25.48 persen

12. ISBI Aceh

ISBI Aceh belum lama berdiri dan baru menerima mahasiswa baru pada tahun 2014. Salah satu pihak yang membantu ISBI Aceh adalah ISBI Padangpanjang. Jalur SBMPTN prodi DKV sendiri baru dibuka tahun 2017 lalu.

Jalur Masuk: SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri

Daya Tampung: 16

Prediksi peluang masuk*: 88.24 persen

13. ISBI Papua

Selain menguasai ilmu dan skill desain komunikasi visual beserta teknologi penunjangnya, lulusan DKV diharapkan bisa membuat desain yang mengangkat budaya Papua. Menarik, ‘ya? Sayangnya peminat prodi ini, terutama pada SBMPTN, masih dikiiiit banget, hanya setengah dari daya tampungnya. Bisa jadi salah satu faktornya adalah kampus ini baru berdiri,. Yup, pendaftaran DKV ISBI Papua pada SBMPTN baru dibuka tahun 2017 lalu.

Jalur Masuk: SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri

Daya Tampung SBMPTN: 8

Prediksi peluang masuk SBMPTN: Karena peminatnya masih sangat sedikit jadi peluang masuknya sangat besar.

Mau masuk prodi DKV di PTN? Perhatikan Ini!

1, Jalur yang dibuka adalah SNMPTN dan SBMPTN, serta ada pula PTN yang menggelar seleksi mandiri.

2. Jika melalui jalur SNMPTN, selain nilai harus memenuhi syarat, kamu juga harus menyerahkan karya.

3. Jika melalui SBMPTN kamu akan mengikuti 2 ujian, yaitu ujian tertulis SBMPTN seperti biasa dan uji keterampilan. Keduanya harus kamu siapkan dengan baik.

4. Kamu juga bisa memilih jalur seleksi mandiri, walau belum tentu ada di semua kampus. Misalnya ITB nggak memiliki seleksi mandiri. Pada seleksi mandiri, akan ada ujian keterampilan.

5. Di beberapa kampus, seleksi dilakukan dengan mengambil hasil SBMPTN. Jadi nggak ada ujian tambahan.

***

Untuk panduan yang lebih lengkap mengenai persiapan kuliah dan serba-serbi masuk PTN, kamu bisa menuju ke laman:

(sumber gambar: verduins.com)

LATEST COMMENT
Genius Revanza | 1 hari yang lalu

Wahhhh bagus ni kak artikel nya next sma sama smk kak hehe

5 Kemampuan yang Sama-Sama Dimiliki Anak IPA dan IPS
Khusnul Khotimah Hamzah | 6 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©