4 Hal yang Harus Kamu Prioritaskan Dalam Memilih Program Studi Kuliah

Welcome back to school, gaes! Mumpung semangatmu di tahun ajaran baru ini masih on, ada baiknya kalau kamu manfaatkan untuk hal-hal yang berfaedah—seperti gercep adaptasi di kelas baru dan mulai mencari informasi seputar kuliah.

Nggak masalah, kok, kalau kamu bahkan baru masuk SMA, karena nggak ada yang namanya terlalu dini untuk merancang masa depan. Sebagai generasi yang lebih percaya pengalaman ketimbang ‘apa kata orang’, faktor yang ikut diprioritaskan saat memilih kampus dan program studi harusnya nggak lagi terbatas pada passion, akreditasi kampus dan program studi, rekomendasi orang tua, bahkan opini saudara tentang program studi yang ‘konon katanya’ lulusannya gampang dapat kerja.

Akibat persiapan yang nggak matang, lebih dari 87% mahasiswa di Indonesia mengaku salah jurusan. Kamu gak mau jadi salah satunya, 'kan? Makanya, disini Youthmanual merangkum 4 hal yang bisa kamu prioritaskan sebelum memilih kampus dan program studi yang tepat khusus untuk kamu. Yuk, disimak!

1. Pilih kampus yang berorientasi terhadap masa depan 

prasetiya mulya

Udah pernah denger yang namanya  revolusi industri 4.0? Itu, lho, era dimana hampir kehidupan manusia semakin terdigitalisasi akibat kemajuan teknologi—yang artinya kita sedang hidup di dalam era ini.

Menurut riset Pricewaterhouse Cooper, pada tahun 2030 nanti diprediksikan ada 38% pekerjaan di Amerika Serikat, 30% di Inggris, dan 21% di Jepang yang akan digantikan oleh robot, yang bikin pasar lapangan kerja untuk pekerjaan dan industri tertentu akan semakin kecil bahkan terancam punah. Itulah mengapa kampus sebagai penutur generasi harus berlari cepat dalam mendidik mahasiswanya agar lebih adaptif terhadap perkembangan masa kini dan mampu memanfaatkan peluang masa depan.

Trus, gimana nih caranya untuk tahu apakah kampus pilihan kamu berorientasi pada masa depan? Simpelnya, kamu bisa melihat dari ragam jurusan inovatif yang ditawarkan, serta proses pembelajaran aplikatif yang diterima mahasiswa. 

Di Prasetiya Mulya misalnya, setelah sukses membuka program studi S1 manajemen dan akuntansi sejak tahun 1982, pada tahun 2016 lalu kampus yang dikenal sebagai pionir sekolah bisnis ini menghadirkan program studi S1 masa depan yang mengkombinasikan ilmu bisnis dan sains terapan. Business Mathematics, Computer Science, Renewable Energy, Food Businees Technology, Product Design Engineering, hingga Software Engineering adalah contoh program studi yang bisa kamu pilih. Wah, kedengeran futuristik banget, ya?

prasetiya mulya

Nggak cuma itu, Prasetiya Mulya juga selalu berinovasi dalam proses pembelajaran lewat mata kuliahnya yang kekinian, lho, gaes. Lihat aja mata kuliah Coffee Business & Management di S1 Business. Disusun secara kreatif, mata kuliah ini mengajarkan mahasiswa cara membuat espresso, latte art, dan ragam kopi lezat lainnya, sehingga mereka bisa memahami teknis hingga peran bisnis kopi dalam perekonomian nasional. 

Oya, di bulan Oktober 2018 nanti, Prasetiya Mulya juga mendirikan Prasetiya Mulya Lab Building yang terdiri dari 7 lantai, lho. Di, sini mahasiswa bisa bereksperimen dalam mengembangkan sci-tech based business. Kewl!

pasetiya mulya lab

2. Sebelum pilih program studi, lihat profesi dan peluang karier yang ditawarkan

Nggak melulu jadi Insinyur atau Dokter, di masa depan ada banyak profesi baru dengan karier yang nggak kalah gemilang bagi kaum generasi terkoneksi seperti kamu. Makanya, jangan males ekplorasi dan cari informasi, ya. Hihihi.

Beberapa tahun lalu, profesi Entrepreneur, Social Media Strategist, atau App Developer mungkin belum hitz bahkan nggak banyak yang tahu. Beda cerita ketika teknologi mulai menginvasi ruang kehidupan kita, kini setiap orang berlomba-lomba mendapatkan pekerjaan di bidang ini.

Dewasa ini, muncul profesi baru yang ditelaah punya prospek cemerlang hingga beberapa tahun kedepan, beberapa diantaranya adalah Software Engineer, Financial Planner, Cloud Computing Engineer, Food Auditor, Renewable Engergy Engineering, Data Analyst, dan Industrial Designer. Dengan mengulik profesi dan karier yang prospektif di masa depan, akan bisa lebih mudah bagimu untuk menentukan program studi.

3. Lihat jajaran alumninya

alumni prasetiya mulya

Alumni adalah perwujudan nyata alias "produk jadi" yang dihasilkan oleh kampus. Sebagai wajah dari almamater, kamu juga bisa mempertimbangkan profil alumni untuk menilai kualitas sebuah kampus. Kesuksesan alumni ini bisa kamu jadikan pakem bahwa pendidikan yang mereka dapatkan dari kampus pastinya sesuai dan tepat guna bagi mereka.

Semakin banyak alumni yang berhasil menduduki posisi penting di perusahaan atau bahkan mampu menjadi penggerak ekonomi Indonesia lewat bisnis yang diciptakan, maka kredibilitas universitas tersebut semakin meningkat. Jadi, bisa dibilang kualitas jajaran alumni mencerminkan kualitas suatu kampus—yang tentunya patut untuk kamu prioritaskan.

4. Ikut campus visit di kampus yang dituju

Setelah berhasil memilih kampus dan program studi yang sesuai dengan passion dan career goal-mu, langkah terakhir yang nggak kalah penting adalah ikut dalam acara campus visit di kampus pilihanmu.

Dengan mengikuti campus visit, kamu nggak cuma bisa melihat area kampus secara langsung, tapi juga bisa konsultasi langsung dengan dosen, mendapatkan hands-on experience dari program studi yang dituju, hingga mendapatkan insight dari para mahasiswa terkait proses belajar di kampus tersebut.

Ngomong-ngomong campus visit, di tanggal 31 Juli sampai 5 Agustus 2018 mendatang, Prasetiya Mulya bakal menyelenggarakan campus visit bertajuk Innovation Day, lho. Menghadirkan konsep campus visit dengan real experience untuk generasi Z seperti kamu, Innovation Day Prasetiya Mulya bakal ajak temen-temen untuk mengeksplorasi 14 jurusan dan prospek karier masa depan lewat pameran inovatif. Selain didesain dengan ambiens menarik, di pameran tersebut kamu bisa lakukan berbagai kegiatan mulai dari konsultasi langsung dengan dosen, mengenal program studi lewat mini games, hingga melihat profil alumni dari masing-masing program studi! 

innovation day prasetiya mulya 2018

Nggak cuma itu, Innovation Day juga memberikan berbagai penawaran seperti harga khusus untuk tes seleksi masuk Prasetiya Mulya, lunch coupon bagi seluruh pengunjung, hingga kompetisi menarik.

Acara ini gratis dan terbuka untuk umum, kok. Biar nggak penasaran, yuk daftarkan dirimu di sini sekarang juga. Jangan lupa ajak teman-teman sekolahmu untuk datang, dan pastikan untuk nggak dengerin presentasi dan muterin kampus semata.

Sampai ketemu di Innovation Day!

LATEST COMMENT
Mira Puspita | 6 hari yang lalu

Mas Andreas Gandhi, jujur saat ini saya adalah seorang ibu yang sedang mendoakan putranya karena takut kalo putra saya tinggal kelas dia akan di DO dari JB.

Cerita Seorang “Veteran”: Dari Nggak Naik Kelas Sampai Sukses Tembus PTN Impian
Fransiska Oktaviani | 10 hari yang lalu

open pp/endorse ig/tiktok bisa bayar seikhlasnya email ke [email protected] terimakasih

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Nindi Dwi Oktova | 10 hari yang lalu

Permisi aku mau nanya kalau murid pindahan jurusan ipa dari sekolah asal ke sekolah baru tapi berbeda pada mata pelajaran minat apakah bisa mengikuti SNMPTN? Ex:matpel minat sekolah asal ekonomi dan b.Inggris minat tapi di sekolah pindahan tidak ada matpel ekonomi dan pindah nya pada saat semester 2…

Tanya-Jawab Seputar SNMPTN 2021: Kriteria Penilaian dan Lainnya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1