5 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Setelah Pendaftaran SNMPTN 2020 Ditutup

Ya, seperti yang kita ketahui bersama. Dibuka sejak tanggal 14 Februari 2020, pendaftaran SNMPTN 2020 resmi ditutup pada Kamis (27/2) malam. Sementara untuk hasil seleksi SNMPTN 2020 sendiri akan diumumkan serentak pada 4 April 2020 nanti.

Nah, sambil menunggu pengumuman SNMPTN 2020 nih, gaes. Berikut adalah 5 hal penting yang harus kamu ketahui perkembangannya. Penasaran apa saja? Simak di bawah berikut ini!

1. Cermati secara teliti tahapan pendaftaran SBMPTN 2020

Menghadapi semakin ketatnya persaingan masuk perguruan tinggi lewat jalur SNMPTN, nggak ada salahnya kalau kamu mempersiapkan diri untuk kemungkinan terburuk. Dengan kata lain, seandainya kamu nggak lolos lewat SNMPTN, jalur selanjutnya yang bisa kamu tempuh adalah SBMPTN.

Pantau terus tahapan pendaftaran SBMPTN 2020 di laman resmi milik LTMPT. Selain tanggal-tanggal penting serta tata cara pelaksanaan dalam tahapan SBMPTN, ada banyak informasi yang bisa kamu baca di sana—seperti laman kampus dan program studi apa saja yang tersedia di masing-masing kampus.

2. Persiapkan diri untuk menghadapi UTBK

Sejak tahun 2019 penerimaan mahasiswa baru lewat jalur SBMPTN menggunakan nilai dari Ujian Tulis Berbasis Komputer alias UTBK, bahkan mungkin bisa ditambah dengan kriteria lain sesuai ketetapan bersama dari pihak LTMPT dan universitas terkait.

Well, ketimbang kamu galau-galauan nggak jelas atau santai-santai sambil menunggu pengumuman SNMPTN 2020. Alangkah lebih baik kalau menyibukkan diri dengan kegiatan positif seperti  belajar mengerjakan soal-soal UTBK yang sudah banyak beredar di internet, mengikuti bimbingan belajar, belajar bersama dengan teman mengenai materi UTBK, dan lain sebagainya.

3. Cari tahu jalur penerimaan lain di kampus-kampus yang ada di Indonesia

Andai kata nantinya kamu harus menghadapi kemungkinan terburuk yaitu nggak lolos SNMPTN dan SBMPTN 2020, kamu nggak perlu putus asa dan sedih berlarut-larut. Soalnya, masih ada yang namanya seleksi Ujian Mandiri—yang bisa kamu ikuti kalau kamu tetap ingin berkuliah di PTN, gaes.

That’s why, selain mempersiapkan diri pada UTBK, nggak ada salahnya mempersiapkan diri sekaligus untuk menghadapi Ujian Mandiri mulai dari sekarang.

Pantau terus informasi mengenai jalur penerimaan lain di luar SNMPTN dan SBMPTN di berbagai kampus yang ada di Indonesia. Pastikan juga kamu mencatat tanggal-tanggal penting dan syarat atau berkas apa saja yang perlu dipersiapkan.

4. Mengetahui daya tampung program studi di kampus yang kamu tuju

Mengetahui  data daya tampung di semua perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia itu sangat penting, lho, gaes. Kenapa demikian? Karena hal ini bisa kamu jadikan bahan pertimbangan, sebelum memilih program studi di pendaftaran SBMPTN nanti.

Anyway, kamu sudah tahu belum, nih, berapa daya tampung yang disediakan oleh program studi yang ingin kamu pilih di SBMPTN nanti?

Kalau belum tahu, kamu nggak usah bingung carinya dimana karena Youthmanual akan selalu meng-update informasinya buat kamu.

5. Mengetahui persentase peluang diterima di SBMPTN 2020

Betewe, gaes, nggak cuma daya tampung saja yang bisa kamu ketahui di Youthmanual, kamu juga bisa mendapatkan informasi berapa banyak peminat di program studi tertentu pada tahun 2019. Data ini bisa dibandingkan dengan daya tampung yang tersedia di tahun 2020 untuk menghitung persentase peluang diterima.

Misalnya program studi Pendidikan Dokter Universitas Gadjah Mada, tahun lalu jumlah peminatnya mencapai 1.085 orang dan di tahun 2020 ini disediakan kursi sebanyak 68. Kalau dihitung, persentase peluang diterimanya adalah 6,26%.

***

Yuk, pantau terus info-info penting di atas sembari menunggu pengumuman SNMPTN 2020! Semangat terus dan semoga kamu berhasil masuk program studi dan kampus impianmu, ya!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: theteflacademy.com, littlecoffeefox.com, theconversation.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 1 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1