Lulus SBMPTN 2021, Bolehkah Ikut Seleksi Mandiri?

Apakah calon maba yang lulus seleksi SBMPTN 2021, bisa mengikuti seleksi mandiri 2021? Jawabannya bisa. Tapi simak dulu penjelasan lengkapnya.

Ya, pimpinan LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) menyatakan bahwa peserta SBMPTN 2021 yang dinyatakan lulus masih bisa mengikuti seleksi mandiri 2021. Hal ini disampaikan pada konferensi pers pengumuman hasil SBMPTN 2021 (4/06/2021).

Ini berbeda dengan SNMPTN dan SBMPTN, di mana peserta yang lulus otomatis nggak bisa mendaftar SBMPTN. Walau demikian, ada beberapa PTN yang menerapkan aturan berbeda. ITB, misalnya, nggak memperbolehkan calon maba yang telah diterima di ITB lewat jalur SNMPTN maupun SBMPTN untuk ikut seleksi mandiri ITB. Kalau diterima di kampus lain, masih diperbolehkan.  

Nah, dengan aturan leluasa untuk seleksi mandiri, apakah kamu yang sudah lulus SBMPTN 2021 masih mencoba peluang di seleksi mandiri 2021? Pertimbangkan dulu yang berikut ini.

a. Secara umum, peserta yang lulus SBMPTN 2021 nggak dilarang untuk mengikuti seleksi mandiri 2021. Peluang ini bisa dimanfaatkan peserta SBMPTN yang lolos, namun nggak yakin dengan prodi yang ia pilih. Namun, perhatikan pula poin-poin selanjutnya.

b. Seperti yang disinggung di atas, bisa jadi PTN memiliki aturan yang berbeda soal ini. Maka coba pastikan dulu ke kampus yang dituju. Misalnya, kamu sudah diterima di Fakultas MIPA ITB di SBMPTN, maka kamu nggak bisa lagi ikutan seleksi mandiri ITB.

c. Jika telah lolos SBMPTN namun tetap ikutan seleksi mandiri, kamu mengurangi kesempatan orang lain. Terutama mereka yang belum diterima di SBMPTN.

d. Saat kamu diterima di seleksi mandiri dan melepas SBMPTN, artinya ada kursi yang terbuang. Padahal, sekitar 500 ribu peserta nggak lolos SBMPTN 2021.

e. Jika kamu berniat menjalani kedua prodi (apabila diterima SBMPTN dan seleksi mandiri), pertimbangkan kembali apakah hal tersebut memungkinkan dan diperbolehkan. Trus pikirkan juga bagaimana alokasi waktu dan energi untuk menjalani prodi ganda tersebut. Satu prodi aja sudah cukup menyita fokus, tenaga, dan biaya, lho gaes.  

So, pertimbangkan dengan matang ya, gaes, sebelum melangkah.

(Sumber gambar: Photo by cottonbro from Pexels)

LATEST COMMENT
Fatimah Ibtisam | 2 hari yang lalu

Hai Muhammad Hafidz, yang bisa mendaftar adalah lulusan jurusan IPA dan SMK dengan kejuruan yang sejalan. Untuk mengetahui dengan pasti, kamu bisa menanyakan pada BINUS UNIVERSITY.

Bedah Faculty of Engineering BINUS UNVERSITY
ALEX ALZAM, S.Kom, M.Kom | 2 hari yang lalu

- Universitas Amikom Yogyakarta - Universitas Gadjah mada - UPN VETERAN - UII

Serba-Serbi Jurusan Cyber Security: Dari Mata Kuliah Hingga Prospek Karier
Navi | 2 hari yang lalu

Halo kak, kalau anak IPA lintas jurusan ke sastra inggris atau ilmu komunikasi nilai yang dilihat yg mana aja ya? Soalnya saya ga punya nilai sosiologi, ekonomi, dan geografi. Terima kasih.

Lintas Jurusan pada SNMPTN, Bolehkah?
Muhammad Hafidz | 3 hari yang lalu

Jadi lulusan Multimedia seperti saya ga bisa daftar jurusan Computer Engineering?

Bedah Faculty of Engineering BINUS UNVERSITY
Elza Aulia | 6 hari yang lalu

Semoga ya Allah saya menjadi pilot dan bisa membanggakan orang tua saya aminnnn

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1