6 Universitas Swasta di Jakarta yang Sudah Membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru 2019/2020!

Selain memikirkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), yang akan dilaksanakan beberapa bulan lagi (baca selengkapnya di:Jadwal Lengkap Ujian Nasional SMP dan SMA 2019 dan Informasi Lainnya), pastinya kalian yang udah kelas 12 juga memikirkan pendaftaran ke Perguruan Tinggi, ‘kan?

Kalau ada di antara kalian yang ingin melanjutkan studi di universitas swasta, beberapa kampus udah mulai membuka pendaftaran untuk penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2019/2020, lho!

Berikut ini ada informasi terkait beberapa kampus swasta favorit yang udah membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa baru yang berada di Jakarta atau yang ingin melanjutkan kuliah di Jakarta. Langsung disimak baik-baik, ya, gaes!

1. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya 

Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta udah mulai membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru sejak tanggal 17 Desember 2018 hingga 11 Januari 2019 mendatang. Pendaftaran bisa kalian lakukan secara online maupun offline.

Jenis tes yang akan diujikan ialah ujian bahasa Inggris, Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kepribadian, dan Wawancara. Tapi, nggak semua tes ini akan kalian ikuti. Karena akan disesuaikan dengan Fakultas dan program studi yang kalian pilih. Kalian bisa mengetahui hasil tesnya seminggu setelah jadwal tes yaitu pada tanggal 21 Januari 2019.

Tes regulernya sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 13 Januari 2019, berlokasi di kampus Semanggi Unika Atma Jaya. Adapun tes ini akan dikenakan biaya sebesar Rp 300.000,-.

2. London School of Public Relations (LSPR)

LSPR udah membuka pendaftaran gelombang ke-III nya dari tanggal 15 Desember 2018 hingga 11 Januari 2019. Wah, bentar lagi, gaes!

Tes masuknya akan dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2019. Adapun tes yang harus kalian ikuti adalah Tes Pengetahuan Umum (TPU), Matematika Logika dan English Placement Test. Selain ketiga tes tersebut, kalian wajib mengikuti tes beasiswa reguler—yang nantinya berpengaruh sama potongan biaya kuliah yang akan kalian dapat.

Untuk mengikuti tes masuk di LSPR ini dikenakan biaya sebesar Rp 250.000,-. Kalian akan mengetahui hasil tesnya di tanggal 14 Januari 2019.

Oyaa, di LSPR bakal ada pertemuan dengan orang tua atau wali dari calon mahasiswa juga, lho! Pertemuan ini dijadwalkan akan berlangsung tanggal 16 Januari 2019.

3. BINUS University 

Salah satu kampus swasta favorit di Jakarta yang udah membuka pendaftaran mahasiswa baru 2019 adalah Bina Nusantara atau yang lebih dikenal dengan Binus. Pendaftaran udah dibuka mulai tanggal 17 Desember 2018 lalu dan ditutup pada tanggal 19 Januari 2019 mendatang.

Adapun tes yang akan kalian ikuti adalah Tes Potensi Keberhasilan Studi (TPKS). Tes ini dijadwalkan berlangsung pada tanggal 19 dan 20 Januari 2019. Untuk mengikuti tes ini, kalian harus membayar biaya administrasi sebesar Rp 300.000,-.

FYI, kalian juga berkesempatan mendapatkan beasiswa sebesar 50% kalau TPKS kalian mendapatkan hasil yang bagus, lho! Jadi, jangan asal dikerjakan, ya, gaes!

4. Universitas Tarumanagara 

Untuk menjadi mahasiswa baru di Universitas Tarumanegara, kalian bisa menempuh 2 jalur masuk. Pertama ada jalur Penelusuran Prestasi (PP). Pendaftaran jalur PP ini udah dibuka dan ditutup pada tanggal 31 Januari 2019. Hasilnya sendiri akan diumumkan di tanggal 15 Februari 2019.

Kedua ada jalur Ujian Saringan Masuk (USM). Untuk USM, pendaftaran akan ditutup pada tanggal 19 Januari 2019. Tesnya akan dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2019.

Formulir pendaftaran bisa akses di situs resmi Universitas Tarumanegara (http://untar.ac.id/), ya! Kalian juga bisa, lho, daftar langsung ke kampusnya. Yaa, siapa tau ada yang pengin ditanyain lebih lanjut biar jelas. Hihihi.

5. Universitas Trisakti 

Kampus swasta favorit lainnya di Jakarta ini juga udah membuka pendaftaran dari tanggal 1 November 2018 hingga 10 Agustus 2019, lho. Pelaksanaan ujiannya masuk pun dilakukan setiap bulan di tanggal yang berbeda.

Untuk ujian masuk di Trisakti, kalian akan menjalankan 2 tahap tes: tahap 1 berupa Ujian Saring Masuk (USM). Tahap 2 meliputi TPA dan Tes Kepribadian.

Soal yang diujikan di USM terdiri dari tes tertulis dan juga tes menggambar. Sedangkan untuk TPA dan Tes Kepribadian merupakan tes psikologi yang akan disajikan dalam bentuk pilihan ganda.

Hasil USM biasanya diumumkan sehari setelah tanggal tes. Sedangkan untuk seleksi tahap 2 (TPA dan Tes Kepribadian) diumumkan seminggu setelah tanggal tes.

Buat kalian yang pengin mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru di sana, kalian perlu membuat akun di http://www.spmb.trisakti.ac.id/. Setelah membuat akun dan mengisi data diri, kalian diharuskan untuk membayar biaya ujian masuk sesuai dengan yang tertera pada website. Nah, kalau kalian udah membayar biaya pendaftaran, kalian bisa langsung mencetak kartu ujian dan mengikuti ujian masuk sesuai dengan tanggal yang udah ditentukan, deh.

6. Universitas Paramadina 

Kampus yang satu ini udah mulai membuka pendaftaran calon mahasiswa baru 2019 secara online dari bulan Oktober 2018 lalu dan akan berakhir pada tanggal 30 April 2019 mendatang, gaes.

Di Universitas Paramadina, kalian akan mengikuti beberapa tes seperti TPA dan tes beberapa mata pelajaran yang di UN-kan serta beberapa materi SNMPTN dan SBMPTN.

Sebelum melakukan tes, kalian harus menyerahkan beberapa persyaratan ke bagian administrasi terlebih dahulu dan membayar uang sebesar Rp 300.000,-.

Untuk jadwal tesnya sendiri belum diumumkan, jadi pantengin terus situs resmi dari Universitas Paramadina (https://www.paramadina.ac.id/), ya!

***

Itu tadi beberapa universitas swasta di Jakarta yang udah membuka pendaftaran. Jadi, kalian mau mendaftar di kampus mana, nih?

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: habarileo.co.tz, )

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1