Apakah Urutan Pilihan Prodi Memengaruhi Peluang Lolos Seleksi Mandiri?

Salah satu strategi sukses seleksi mandiri adalah soal pemilihan prodi dan urutannya. Apakah urutan memengaruhi peluang kelulusan? Sejauh mana pengaruhnya? Apakah sebaiknya memilih prodi yang sama agar peluang lolos di seleksi mandiri 2021 lebih besar?

Urutan pilihan prodi = prioritas

Satu hal yang pasti, urutan pilihan prodi menunjukkan prioritas peserta. Jadi peserta akan diseleksi pada suatu prodi berdasarkan urutannya.

Misalnya, di seleksi mandiri ada 3 pilihan prodi:

  1. Prodi X
  2. Prodi Y
  3. Prodi Z

Maka peserta akan diseleksi untuk prodi X terlebih dahulu. Jika tidak lolos, baru diseleksi untuk prodi Y. Jika masih nggak lolos, peserta kembali diseleksi untuk prodi Z. Seandainya, nilai peserta sangat unggul, sehingga bisa masuk pada prodi mana saja, maka pasti dia akan masuk di prodi pilihan pertamanya atau prodi X.

Apakah peluang lolos peserta yang memilih prodi X pada pilihan pertama lebih besar dibandingkan yang memilih prodi X pada pilihan kedua?

Jawabannya tergantung performa/nilai si pendaftar.

Misalnya, ada 2 peserta, Yoga dan Sara.

Yoga memilih prodi Kedokteran Gigi pada pilihan 1 dan Fisika pada pilihan 2

Sara memilih prodi Kedokteran pada pilihan 1 dan Kedokteran Gigi pada pilihan 2

Yoga dan Sara mengikuti ujian seleksi mandiri yang sama. Nilai Yoga 79 sementara Sara 80. Sara tidak diterima pada pilihan pertama (Kedokteran) namun diterima di pilihan kedua (Kedokteran Gigi). Sementara Yoga tidak diterima di Kedokteran Gigi karena nilai ujiannya kalah saing.

Nah, seperti itulah gambaran persaingan dan peluangnya.

Tentu tiap PTN bisa memiliki kriteria seleksi yang berbeda. Ada yang murni nilai ujian mandiri atau skor UTBK, ada yang kombinasi dengan rapor di sekolah, adapula yang menggunakan esai, wawancara, atau materi seleksi lainnya.

Pilih 2 prodi yang sama = peluangnya lebih besar?

Nope! Dengan memilih prodi yang sama di PTN yang sama, peluangmu nggak akan jadi lebih besar. Malah kamu mengurangi pilihanmu, karena sama saja kamu hanya memilih satu prodi, dan bukan dua.

Strategi menentukan urutan pilihan

Tiap orang bisa memiliki pertimbangan yang berbeda dalam menentukan pilihan prodi serta urutannya. Namun 2 faktor yang menentukan urutan pilihan adalah:

  • Prioritas si peserta. Seperti yang sudah dibahas di atas, urutan pilihan menentukan urutan seleksi.
  • Tingkat kesulitan untuk masuk suatu prodi. Tingkat kesulitan masuk suatu prodi tergantung pesaingmu saat ini. Jadi nggak ada standar atau passing grade tertentu. Yang ada hanyalah perkiraan atau prediksi.

Dengan penjabaran di atas, semoga jelas ya, kaitan antara urutan pilihan prodi dengan peluang pada seleksi mandiri. Jika masih ada yang ingin ditanyakan silakan ketik pada kolom komen.

(Sumber gambar: Gambar oleh <a href="https://pixabay.com/id/users/memed_nurrohmad-3307648/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=2389219">Memed_Nurrohmad</a> dari <a href="https://pixabay.com/id/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=2389219">Pixabay</a>)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1