Menu

Daftar Perlengkapan Siswa Kelas 12 SMA yang Mau Masuk Perguruan Tinggi

Inilah perlengkapan yang perlu dimiliki kamu-kamu yang duduk di kelas 12 untuk bekal masuk ke perguruan tinggi, mempersiapkan kelulusan, serta menjalani segudang aktivitas di akhir masa SMA.

1. Buku kumpulan soal SBMPTN.

2. Buku persiapan Ujian Nasional. Sebagai catatan, buku ini juga bisa dipakai untuk SBMPTN, begitu pula sebaliknya.

buku sbmptn

3. Aplikasi latihan soal. Biar kalau lagi nganggur dan nggak bawa buku, kamu tetap bisa nyicil belajar.

4. Pas foto formal terbaru berbagai ukuran (2x3, 3x4, 4x6).

5. Binder/map khusus untuk bimbingan belajar. Biasanya, saat bimbel kamu bakalan dikasih contoh soal, catatan penting, serta rumus yang lebih mudah. Nah, sayang banget kalau sampai hilang, gara-gara nyimpannya nggak rapi. Jangan lupa kumpulkan soal try out juga.

6. Jadwal pendaftaran dan tes berbagai perguruan tinggi incaran. Yup, jadwal penerimaan mahasiswa di perguruan tinggi swasta memang berbeda-beda. Biasanya, ada beberapa gelombang dan dimulai dari awal tahun ajaran. Supaya nggak terlewat, kamu mesti mencatatnya.

7. Buku/aplikasi TOEFL. Kegunaannya banyak. Bisa buat latihan untuk ujian menghadapi bahasa Inggris di sekolah, UN dan SBMPTN, atau bisa juga untuk persiapan sekolah ke luar negeri atau beasiswa yang mensyaratkan TOEFL.

8. Panduan jadwal kegiatan try out. Ada banyak banget lembaga yang menyelenggarakkan try out, nah kamu bisa memilih beberapa yang sesuai untukmu. Try out ini terutama untuk menyiapkan SBMPTN atau tes masuk ke institusi tertentu.

9. Perlengkapan keterampilan yang dibutuhkan jika mau mengambil jurusan keterampilan. Ngapain beli dari sekarang, kan tesnya masih lama? Memang sih, Ujian Keterampilan SBMPTN masih di penghujung tahun ajaran. Tapi kamu juga perlu latihan untuk menghadapi ujian tersebut. Untuk latihan, kamu perlu menggunakan alat-alat yang sesuai.

10. Buku catatan yang lengkap. Di kelas 12, kamu perlu nih, update buku catatan pelajaran secara berkala. Lagipula, mencatat itu salah satu cara buat belajar lho. Dengan menuliskan kembali pelajaran, kamu bisa sekalian mengingat.

Nggak disarankan sekadar fotoin catatan-catatan trus disimpan. Memang praktis sih, tapi apakah benar-benar dibaca, bos?

11. Pastikan kamu sudah bergabung di Youthmanual Premium. Bukannya sombong atau ngiklan sob, tapi ini adalah “one stop future preparation center.” Intinya yang penting kamu lakukan di Youthmanual antara lain adalah:

  • Mengisi berbagai asesmen, biar ketahuan gimana potensi dan kelemahanmu serta minat dan bakat. Ditampilkan juga pilihan program studi yang paling cocok denganmu.
  • Eksplorasi beragam jurusan dan profesi di directory jurusan.
  • Build your online CV.
  • Mengikuti timeline dan check list yang perlu kamu penuhi sebagai siswa kelas 12.
  • Buka wawasan dan update pengetahuan dengan baca artikel seputar persiapan kuliah, SBMPTN, dan SNMPTN di jurnal Youthmanual. Pssst, jadwal dan aturan terbaru akan dibahas di sini.

12. Dana ekstra untuk kegiatan kamu di kelas 12. Inget bos, harus dipilah mana pengeluaran yang penting dan jadi prioritas. Misalnya, biaya daftar tes perguruan tinggi dan try out tentu lebih penting dari dana baju foto buku tahunan atau acara perpisahan, ‘kan?

 13. Pakaian, properti, dan perlengkapan buat keperluan foto buku tahunan. Biasanya sekitar bulan Desember, bakal disepakati temanya.

14. Outfit formal atau pakaian resmi Indonesia (kebaya/batik) beserta kelengkapannya yang bakal diperlukan buat acara wisuda dan perpisahan. Nggak harus beli baru sih, bisa juga cek koleksi lama kamu. Siapa tahu bisa di mix n match.

15. Tabel pengeluaran dan rencana budgeting. Karena kebutuhan dan biaya yang perlu dikeluarkan cukup banyak, perlu dibuat pencatatannya, biar kamu nggak lupa bayar ini-itu, dan biar ortu nggak protes karena merasa kamu minta uang melulu.

16. Sebaiknya kamu punya planner untuk mencatat hal yang perlu dilakukan, weekly/monthly goals, hingga jadwal penting, kayak hari terakhir pembayaran try out. Bisa tertulis atau manfaatin fasilitas planner di hape.

17. Selalu lengkapi alat tulis kamu. Seriously, udah hampir kuliah nih, masa’ pulpen pensil mesti ngembat punya orang mulu? Lagipula ini membiasakan kamu untuk bertanggung jawab sama kelengkapanmu sendiri. Biar terbiasa punya alat tulis lengkap saat ujian SBMPTN, seleksi beasiswa, atau momen krusial lainnya. Apes banget deh, kalau sampai terhambat gegara nggak bawa alat tulis.

18. Jika nanti sudah mendapat ijazah, nilai ujian, dan lainnya segera fotokopi dan legalisir.

19. Pastikan juga dokumen penting seperti identitas (KTP), kartu pelajar, kartu keluarga, akta kelahiran, ijazah SMP sudah lengkap. Biasanya, ini diperlukan untuk membuat ijazah SMA.

20. Akses ke SNMPTN.ac.id, SBMPTN.ac.id dan situs perguan tinggi incaran kamu. Soalnya pendaftaran banyak dilakukan secara online. Tentunya, Akses ke Youthmanual.com juga harus selalu ON, yha!

21. Vitamin dan makanan bergizi buat menjaga kesehatan dan stamina kamu.

22. Payung dan jas hujan. Jangan ambil risiko dengan hujan-hujanan deh, gaes. Kalau sampe sakit, kamu bisa ketinggalan pelajaran, atau malah ketinggalan seleksi perguruan tinggi. Amit-amit!

***

Penting banget melengkapi kebutuhan di atas untuk kelancaran aktivitas kelas 12 serta persiapan menuju perguruan tinggi. Kalau ada masukan seputar perlengkapan yang perlu disiapkan lainnya, silakan tambahkan di kolom komen, ya.

 

(sumber gambar: inkandvolt.com, google, youthmanual.com, sbmptn.ac.id)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 5 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©