Info Lengkap UTBK SBMPTN 2021: Hanya 1 Kali dan Tanpa Skor

Akhirnya, LTMPT mengumumkan secara resmi info pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021. SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi) merupakan salah satu jalur masuk PTN dengan kuota terbesar. Nah, penilaiannya menggunakan UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer). Jadi, kalau mau ikut SBMPTN wajib menjalani UTBK. Nah, nilai UTBK nantinya juga bisa dipakai untuk seleksi mandiri di beberapa PTN dan juga PTS. Berikut ini adalah info lengkap UTBK dan SBMPTN 2021.

TPS dan TKA

Materi tes UTBK 2021 adalah Tes Potensi Skolastik dan Tes Kompetensi Akademik atau TKA Saintek dan TKA Soshum. Peserta bisa ikutan UTBK Soshum, UTBK Saintek, atau keduanya alias campuran. Trus, seperti biasanya untuk pemilih prodi bidang Seni dan Olahraga perlu menyertakan portofolio.

1 Kali Tes

UTBK terdiri atas 2 gelombang tes, namun peserta hanya boleh mengikuti 1 kali tes aja.

Daftar SBMPTN Tanpa Tau Skor UTBK

Di tahun 2019, siswa menempuh UTBK kemudian menerima hasil skornya. Setelahnya baru memilih prodi serta kampus pada SBMPTN. Jadi ketika mendaftar, peserta SBMPTN mengetahui performa (skor) mereka.

Untuk tahun 2021, pendaftaran UTBK dan SBMPTN dilakukan bersamaan. Jadi, ketika memilih prodi, kamu nggak tau berapa skor UTBK kamu. Bahkan tesnya aja belum dilakukan. Bisa dibilang hal ini kurang menguntungkan. Karena peserta akan kesulitan untuk memprediksi prodi apa yang bisa dijangkau.

Tapi jangan khawatir, untuk menjaga transparansi, hasil UTBK kamu nantinya tetap akan diumumkan.

85 PTN dan 40 Poltek

Peserta SBMPTN bisa memilih prodi di 85 PTN (non-politeknik) atau di 40 politeknik.

Di luar SBMPTN, skor UTBK akan dipakai pada seleksi mandiri PTN maupun PTS. Termasuk salah satunya adalah perguruan tinggi kedinasan STAN.

2 Pilihan, Di Mana Saja

Bisa memilih maksimal 2 prodi di maksimal 2 PTN. PTN nya boleh di daerah mana saja. Kamu juga boleh pilih 2 prodi di PTN yang sama.    

Contoh, peserta domisili di DKI Jakarta memilih prodi Manajemen UGM dan Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB. Pilihan tersebut boleh saja.

Boleh lintas jurusan, asalkan…

Lintas jurusan di SBMPTN diperbolehkan, asalkan…

a. Rumpun prodi yang dipilih sesuai rumpun UTBK yang diambil. Jika ingin ambil prodi Saintek, ya UTBK-nya juga wajib Saintek.

b. Boleh memilih prodi Saintek sekaligus prodi Soshum. Dengan catatan mengambil UTBK Campuran, yaitu menjalani tes Saintek dan Soshum.

c. Cek syarat prodi dan PTN yang dituju. Ada prodi dan PTN yang nggak memperbolehkan lintas jurusan. Misalnya, Kedokteran Universitas Indonesia hanya menerima lulusan IPA di SBMPTN. Jadi, kamu perlu cek dulu syarat prodi yang ingin diambil.

Lulus SNMPTN nggak bisa SBMPTN

Buat yang lolos SNMPTN tahun 2021 atau tahun sebelumnya, otomatis nggak bisa ikutan SBMPTN 2021.

Nah, yang bisa ikutan SBMPTN hanya lulusan SMA/sederajat atau Paket C tahun 2021, 2020, atau 2019. Kamu harus mendaftar dulu di akun LTMPT, ya.  

 Jadwal UTBK

 UTBK terdiri dari 2 gelombang di tanggal berikut ini:

I. 12 hingga 18 april

II. 26 April hingga 2 Mei

Tiap hari ada 2 sesi, pagi dan siang yang bisa dipilih salah satunya.

Biaya UTBK

*Rp200.000 untuk peserta tes Saintek/Soshum

*Rp300.000 untuk peserta tes Campuran

Nah, itulah rangkuman informasi UTBK SBMPTN 2021 yang akan terus kami update. Jika ada pertanyaan, silakan diketik pada kolom komen. Terus semangat!

Protokol Kesehatan

Karena situasi pandemi, UTBK 2021 rencananya masih akan menerapkan protokol kesehatan.

(Sumber gambar: Pexels)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Kurnia Laili Muna | 13 hari yang lalu

wah! informasi yang sangat bermanfaat bagi calon mahasiswa yang sedang mempertimbangkan jurusan sosiologi. selain 10 Universitas yang telah disebutkan diatas, ada juga universitas yang mempunyai jurusan sosiologi loh! yakni UIN Walisongo Semarang. jangan lupa kunjungi laman https://walisongo.ac.id/…

Kenalan Lebih Dekat Program Studi Sosiologi, Yuk!
LAILY RAHMAWATI UIN Walisongo Semarang | 18 hari yang lalu

Bingung mau kuliah dimana? Ingin berkuliah di kota dengan biaya hidup murah? Mari berkuliah di SEmarang. Kunjungi juga laman kami di https://walisongo.ac.id/

Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia Tahun 2019
Kurnia Laili Muna | 18 hari yang lalu

wah! informasi yang bermanfaat khususnya bagi calon-calon mahasiswa yang sedang bimbang memilih Universitas. Mungkin kalian berkeinginan berkuliah di UIN Walisongo Semarang, maka cobalah untuk membuka laman resmi kampus kami di https://walisongo.ac.id/ ^^

Tips dan Trick dalam Mencari Informasi Seputar Kampus yang Diinginkan
Kurnia Laili Muna | 19 hari yang lalu

tak kalah menarik dengan UIN Syarif Hidayatullah, UIN Walisongo juga memiliki hal-hal yang disebutkan. silakan kunjungi https://walisongo.ac.id/ untntuk mengetahui seputar UIN Walisongo Semarang

4 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Qwyzer | 21 hari yang lalu

Saya punya keinginan untuk menjadi pilot, semoga pesan ini tersampaikan dgn versi diriku yang sudah menjadi seorang pilot, Aamiin

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1