Info Lengkap UTBK SBMPTN 2021: Hanya 1 Kali dan Tanpa Skor

Akhirnya, LTMPT mengumumkan secara resmi info pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021. SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi) merupakan salah satu jalur masuk PTN dengan kuota terbesar. Nah, penilaiannya menggunakan UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer). Jadi, kalau mau ikut SBMPTN wajib menjalani UTBK. Nah, nilai UTBK nantinya juga bisa dipakai untuk seleksi mandiri di beberapa PTN dan juga PTS. Berikut ini adalah info lengkap UTBK dan SBMPTN 2021.

TPS dan TKA

Materi tes UTBK 2021 adalah Tes Potensi Skolastik dan Tes Kompetensi Akademik atau TKA Saintek dan TKA Soshum. Peserta bisa ikutan UTBK Soshum, UTBK Saintek, atau keduanya alias campuran. Trus, seperti biasanya untuk pemilih prodi bidang Seni dan Olahraga perlu menyertakan portofolio.

1 Kali Tes

UTBK terdiri atas 2 gelombang tes, namun peserta hanya boleh mengikuti 1 kali tes aja.

Daftar SBMPTN Tanpa Tau Skor UTBK

Di tahun 2019, siswa menempuh UTBK kemudian menerima hasil skornya. Setelahnya baru memilih prodi serta kampus pada SBMPTN. Jadi ketika mendaftar, peserta SBMPTN mengetahui performa (skor) mereka.

Untuk tahun 2021, pendaftaran UTBK dan SBMPTN dilakukan bersamaan. Jadi, ketika memilih prodi, kamu nggak tau berapa skor UTBK kamu. Bahkan tesnya aja belum dilakukan. Bisa dibilang hal ini kurang menguntungkan. Karena peserta akan kesulitan untuk memprediksi prodi apa yang bisa dijangkau.

Tapi jangan khawatir, untuk menjaga transparansi, hasil UTBK kamu nantinya tetap akan diumumkan.

85 PTN dan 40 Poltek

Peserta SBMPTN bisa memilih prodi di 85 PTN (non-politeknik) atau di 40 politeknik.

Di luar SBMPTN, skor UTBK akan dipakai pada seleksi mandiri PTN maupun PTS. Termasuk salah satunya adalah perguruan tinggi kedinasan STAN.

2 Pilihan, Di Mana Saja

Bisa memilih maksimal 2 prodi di maksimal 2 PTN. PTN nya boleh di daerah mana saja. Kamu juga boleh pilih 2 prodi di PTN yang sama.    

Contoh, peserta domisili di DKI Jakarta memilih prodi Manajemen UGM dan Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB. Pilihan tersebut boleh saja.

Boleh lintas jurusan, asalkan…

Lintas jurusan di SBMPTN diperbolehkan, asalkan…

a. Rumpun prodi yang dipilih sesuai rumpun UTBK yang diambil. Jika ingin ambil prodi Saintek, ya UTBK-nya juga wajib Saintek.

b. Boleh memilih prodi Saintek sekaligus prodi Soshum. Dengan catatan mengambil UTBK Campuran, yaitu menjalani tes Saintek dan Soshum.

c. Cek syarat prodi dan PTN yang dituju. Ada prodi dan PTN yang nggak memperbolehkan lintas jurusan. Misalnya, Kedokteran Universitas Indonesia hanya menerima lulusan IPA di SBMPTN. Jadi, kamu perlu cek dulu syarat prodi yang ingin diambil.

Lulus SNMPTN nggak bisa SBMPTN

Buat yang lolos SNMPTN tahun 2021 atau tahun sebelumnya, otomatis nggak bisa ikutan SBMPTN 2021.

Nah, yang bisa ikutan SBMPTN hanya lulusan SMA/sederajat atau Paket C tahun 2021, 2020, atau 2019. Kamu harus mendaftar dulu di akun LTMPT, ya.  

 Jadwal UTBK

 UTBK terdiri dari 2 gelombang di tanggal berikut ini:

I. 12 hingga 18 april

II. 26 April hingga 2 Mei

Tiap hari ada 2 sesi, pagi dan siang yang bisa dipilih salah satunya.

Biaya UTBK

*Rp200.000 untuk peserta tes Saintek/Soshum

*Rp300.000 untuk peserta tes Campuran

Nah, itulah rangkuman informasi UTBK SBMPTN 2021 yang akan terus kami update. Jika ada pertanyaan, silakan diketik pada kolom komen. Terus semangat!

Protokol Kesehatan

Karena situasi pandemi, UTBK 2021 rencananya masih akan menerapkan protokol kesehatan.

(Sumber gambar: Pexels)

LATEST COMMENT
Ayu Vitri | 12 jam yang lalu

Open Endorse Murah Youtube 50k/Video Ig : ayuvitri86

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Fatimah Ibtisam | 3 hari yang lalu

Hai Acha, untuk lebih jelasnya kamu perlu mengecek prodi di PTN yang dituju. Dari pengecekan kami, UI, ITB dan IPB tidak menerima lintas jurusan untuk prodi Saintek. Namun untuk prodi Soshum bisa dari IPA.

Info Lengkap SNMPTN 2021: Cek Beberapa Perubahannya
Fatimah Ibtisam | 3 hari yang lalu

Umumnya, kandidat pekerja akan menunggu tahap selanjutnya. Jika lolos perusahaan akan menghubungi. Bisa juga kamu melakukan follow up, mengemail perusahaan dengan profesional dan sopan. Sampaikan terima kaih atas wawancara dan psikotes yang telah dilalui. Trus, sebutkan nomor kontak kamu yang menyatakan…

Berbagai Tahap Seleksi Kerja, Penilaian, serta Tips Menghadapinya
Fatimah Ibtisam | 3 hari yang lalu

Bisa saja jika kamu lulusan SMA/sederajat tahun 2020 atau 2019, dan belum pernah diterima di SNMPTN.

Persiapan SBMPTN Buat Mahasiswa yang Ingin Mengulang
Handini Puspaningati | 3 hari yang lalu

Setelah melakukan wawancara dengan psikolog dan tes psikotes langkah selanjutnya apa ya.. 1 minggu menunggu hasilnya. Terima Kasih

Berbagai Tahap Seleksi Kerja, Penilaian, serta Tips Menghadapinya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1