Persiapan UTBK dan SBMPTN 2021 untuk Kelas 12

Kelas 12 dan pengin masuk PTN? Artinya, kamu sudah harus mempersiapkan UTBK dan SBMPTN 2021 dari sekarang. Iya, dari sekarang! Inilah hal yang perlu kamu perhatikan dan persiapkan sejak bulan ini hingga pelaksanaan UTBK dan pengumuman SBMPTN 2021.

September:

* Eksplorasi program studi dan karier untuk menetapkan pilihan prodi. Cari tahu juga soal pilihan PTN. Nantinya kamu perlu menentukan 2 pilihan untuk SBMPTN.  Bisa di PTN yang sama, ataupun berbeda. Prodi bisa berbeda, bisa pula sama. Misalnya, Teknik Industri Universitas Brawijaya dan Teknik Industri Universitas Sriwijaya. Atau Ilmu Komunikasi dan Manajemen Unpad.

* Setidaknya kamu sudah mantap memilih prodi rumpun Saintek atau Soshum. Dengan demikian kamu bisa fokus belajar, materi IPA, IPS, atau keduanya.

* Jika pilihan prodi masih blank, bahkan nggak tau rumpun yang diinginkan, coba cari tahu minat dan bakatmu. Eksplorasi ke dalam diri sendiri.

Oktober:

* Buat jadwal belajar rutin, supaya perkembangan kamu kelihatan.

* Fokus pahami materi UTBK, baik TPS (Tes Potensi Skolastik) maupun TKA (Tes Kompetensi Akademik).  Memang sih, tahun lalu UTBK hanya TPS, tapi nggak ada salahnya mempersiapkan diri untuk menghadapi TKA. Lagipula, pengetahuan TKA akan diujikan pada tes mandiri, lho.  

* Kerjakan pula berbagai contoh soal.

* Diskusikan pilihan program studi atau minatmu dengan orang tua. Gimana kalau mereka ragu atau nggak setuju dengan pilihanmu? Kamu masih punya waktu beberapa bulan untuk meyakinkan mereka atau mencapai kesepakatan. Jangan menyerah dan jangan pula menutup peluang diskusi dengan mama papa.

* Bisa cari tempat kursus/persiapan menghadapi UTBK SBMPTN. Tempat lesnya yang online, ya.

*Jika ingin mengambil prodi seni dan olahraga, harus mulai latihan praktik dari sekarang. Jika perlu ikutan kursus untuk memantapkan skill kamu. Sebab penilaian prodi Seni dan Olahraga adalah UTBK dan portofolio.

November:

* Update informasi soal UTBK dan SBMPTN 2021. Biasanya di bulan ini sudah mulai kelihatan “hilal” atau petunjuk pelaksanannya. Walaupun masih ada kemungkinan perubahan, ya.

* Walau jenuh, jangan berhenti mempersiapkan diri menghadapi UTBK ya.

Desember:

* Biasanya Desember bawaannya mager karena menjelang libur akhir tahun dan libur semesteran. Tapi persiapan UTBK mesti jalan terus, setidaknya hingga sebelum libur.

* Urusan di luar persiapan SBMPTN dan masuk kuliah sebaiknya diselesaikan saat bulan ini. Contohnya proyek Buku Tahunan

* Di akhir tahun, sebaiknya kamu liburan dari belajar, relaksasi dan beristirahat sebelum kembali gaspol persiapan SBMPTN.

 Januari:

*Akan ada pemberitahuan mengenai pelaksanaan SBMPTN (dan juga SNMPTN dan seleksi Mandiri) dengan lebih detail dan jelas.

* Informasi mengenai keketatan persaingan, skor diterima (tahun lalu) biasanya juga sudah mulai keluar. Dimulai dengan keketatan SNMPTN.

* Di bulan ini pendafaran SNMPTN sudah dimulai. Harusnya pilihan prodi kamu sudah matang, ya.

* Tingkatkan kualitas dan kuantitas persiapan UTBK. Mesti lebih intens dan makin fokus. Jangan lupa jaga kesehatan.

Februari:

* Mempersiapkan ujian sekolah.

* Latihan soal UTBK tetap berjalan. Toh, ada materi yang sejalan dengan ujian sekolah.

Maret:

* Diperkirakan pendaftaran UTBK sudah dimulai. Jangan ketinggalan gaes.

* Cek lagi syarat prodi yang ingin kamu pilih. Apakah ada ketentuan latar belakang jurusan di SMA/SMK. Jangan sampai kamu sudah UTBK lintas jurusan IPA, tapi ternyata prodi Saintek yang kamu pilih. Contohnya, Ilmu Komputer UI hanya bisa dipilih lulusan IPA. Sementara kamu dari jurusan IPS. Kan berabe, tuh!

*Jadi pastikan ujian yang kamu ambil serta prodi yang kamu pilih sudah tepat/sesuai ketentuan.

* Belajar makin digenjot gaes. Kegiatan lainnya distop dulu. Pokoknya fokus UTBK.

April:

* Fokus pada kesehatan fisik dan mental, terutama untuk menghadapi UTBK.

* Diperkirakan UTBK diadakan di bulan ini. Mesti siap jika UTBK dilakukan saat puasa, ya.

Mei:

* Sebagian  jadwal UTBK diperkirakan masih berlangsung hingga Mei. Pilih jadwal yang paling pas untukmu.

Juni:

* Perhatikan hasil UTBK kamu (skor UTBK) untuk memantapkan prodi yang dipilih.

* Pastikan lagi ketentuan prodi yang dipilih.

* Daftar SBMPTN jangan ditunda, ya!

*Jangan lupa pula mendaftar seleksi mandiri PTN. Yup, segala persiapan dan pembelajaran yang dilakukan bukan hanya bermanfaat untuk UTBK tetapi juga bakal kepake untuk seleksi mandiri PTN dan tes masuk perguruan tinggi lainnya, lho.   

Juli:

* Kemungkinan pengumumannya SBMPTN 2021 dilakukan di bulan ini. Deg-degan sih, pasti. Tapi nggak perlu cemas berlebihan. Toh, nggak akan mengubah apapun. Di titik ini, sudah tinggal menunggu hasil. Banyak berdoa aja, ya. Apapun hasilnya kamu harus lanjut. Semangat!

(Sumber gambar:  Olya Kobruseva from Pexels)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1