Jangan Menetapkan Pilihan Jurusan Kuliah Dulu, Sebelum Tahu Hal-Hal Ini!

Yuhuuu, teman-teman SMA! Udah pada tahu belum, mau kuliah jurusan apa? Udah yakin, atau masih galau? Pendaftaran kuliah—baik perguruan tinggi negeri maupun swasta—udah di depan mata, lho. Jangan sampai asal pilih gara-gara waktunya mepet ya, gaes!

Sebelum menentukan pilihan, ada poin-poin penting yang wajib kamu cari tahu tentang jurusan incaran kamu:

Apa yang dipelajari? Ini hal yang standar dan dasar banget untuk kamu ketahui. Jangan sampai kamu memilih jurusan Teknik Informatika kalau kamu nggak tahu bedanya dengan Teknik Industri. Duh, beda banget, lho, sob!

Apa saja profesi atau pekerjaan yang sejalan dengan jurusan ini? Belum pasti, sih, semua lulusan jurusan A pasti kerja di bidang A juga, tapi seenggaknya informasi ini bisa jadi gambaran tentang masa depan jurusan kamu.

Bagaimana akreditasi atau nilai jurusan di universitas yang dituju? Biasanya, tiap universitas memiliki jurusan unggulan atau jurusan yang akreditasinya paling bagus. Nah, kamu perlu tahu, tuh, bagaimana “status” jurusan incaran kamu.

Bagaimana fasilitas yang mendukung perkuliahannya? Kalau kamu berencana memilih, misalnya, jurusan Penyiaran atau Desain Komunikasi Visual, kamu perlu cari tahu, apa saja peralatan dan fasilitas pendukung perkuliahan yang disediakan universitas.

youthmanual - kuliah

Apa aja mata kuliahnya? Kamu nggak perlu tahu SEMUA mata kuliah yang ada dalam jurusan incaran kamu, sih, tapi seenggaknya kamu musti punya bayangan kelas yang nanti akan dijalani.  Ada, lho, yang mengira jurusan Psikologi bebas dari hitung-hitungan, padahal di jurusan Psikologi, mata kuliah statistik (yang isinya hitungan bingit!) adalah salah satu mata kuliah penting di jurusan tersebut.

Biaya kuliahnya berapa? Walaupun universitasnya sama, biaya kuliah bisa berbeda-beda antara berbagai jurusan dan angkatan. Jadi ketahui persis detail biaya yang diperlukan jurusan incaran kamu.

Persaingannya bagaimana? Cari tahu berapa orang yang mendaftar di jurusan incaran kamu tahun lalu, trus cari tahu jumlah kursi yang tersedia. Kalau jumlah peminatnya jauh lebih tinggi daripada kursi yang tersedia, berarti jurusan itu kompetitif. Jangan jadi ciut, ya, kalau persaingan di jurusan incaran kamu lebih ketat dari kaos yang dipakai boyband, hihihi. Dengan mengetahui peta persaingan, ‘kan kamu jadi bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik.

Lama kuliahnya. Umumnya, kuliah program S1 dijalani selama empat tahun, sedangkan program D3 selama tiga tahun. Tapi ada jurusan yang sistemnya beda. Nah, info ini perlu kamu ketahui dulu sebelum memutuskan mendaftar ke mana.

Syarat dan ketentuannya. Ini juga sangat krusial, apalagi beberapa jurusan punya ketentuan yang spesifik. Jangan sampai kamu daftar dan lolos tes, tapi batal masuk gara-gara nggak memenuhi syarat. Haiyah!

Informasi-informasi di atas penting buat memantapkan pilihanmu dan menghindari salah jurusan kuliah. Semoga sukses, sob!

(sumber gambar: lydiadenworth.com, mochimag.com)

LATEST COMMENT
Fransiska Oktaviani | 4 hari yang lalu

open pp/endorse ig/tiktok bisa bayar seikhlasnya email ke [email protected] terimakasih

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Nindi Dwi Oktova | 4 hari yang lalu

Permisi aku mau nanya kalau murid pindahan jurusan ipa dari sekolah asal ke sekolah baru tapi berbeda pada mata pelajaran minat apakah bisa mengikuti SNMPTN? Ex:matpel minat sekolah asal ekonomi dan b.Inggris minat tapi di sekolah pindahan tidak ada matpel ekonomi dan pindah nya pada saat semester 2…

Tanya-Jawab Seputar SNMPTN 2021: Kriteria Penilaian dan Lainnya
Nanda Kyala | 5 hari yang lalu

Kak, jadi anak ipa bisa pilih utbk soshum atau campuran?

Lintas Jurusan di SBMPTN 2021 dan Peluangnya
Lemon meringue | 6 hari yang lalu

Berapa jam kita belajar di kelas hukum ka? Penasaran

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Siap Menjadi Mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1