Menu

Mencari Program Studi yang Sesuai dengan Kepribadian MBTI (Bagian 1)

Siapa disini yang masih asing dengan MBTI? Buat kamu yang masih asing dengan istilah yang satu ini, MBTI merupakan singkatan dari Myers-Birggs Type Indicator. MBTI ini merupakan sebuah psikotes untuk mengetahui bagaimana kepribadianmu berdasarkan ide yang dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers.

Nah, MBTI ini memiliki enam belas tipe kepribadian yang merupakan hasil dari interaksi dan preferensi, gaes. Enam belas tipe kepribadian MBTI ini, semuanya memiliki empat dimensi kecenderungan sifat dasar manusia. Kecenderungan sifat dasar manusia tersebut ialah, yang pertama, dimensi pemusatan perhatian yang terbagi menjadi Introvert (I) dan Ekstrovert (E). Kedua, dimensi memahami informasi dari luar terbagi menjadi Sensing (S) dan Intuition (N). Ketiga, dimensi menarik kesimpulan atau keputusan terbagi menjadi Thinking (T) dan Feeling (F). Keempat, dimensi pola hidup yang terbagi menjadi Judging (J) dan Perceiving (P).

Nah, setiap enam belas kepribadian MBTI, pastinya memiliki sifatnya tersendiri. Nah, karena setiap kepribadian memilikinya sifat-sifatnya tersendiri, kamu bisa mencocokannya dengan program studi-program studi yang sesuai dengan enam belas tipe kepribadian tersebut, lho. Mau tahu? Yuk disimak!

1. INTJ – Introvert, Intuition, Thinking, Judging

intj

Nah, buat kamu yang INTJ, kamu merupakan seseorang dengan pemikiran yang imajinatif dan strategis. Untuk mewujudkan sesuatu, kamu tentunya membutuhkan berbagai rencana. Kamu adalah seorang analitis yang lebih nyaman bekerja sendiri dan cenderung kurang bergaul. Kamu merupakan seseorang yang selalu memiliki ide-ide orisinil yang kuat.

Program studi yang cocok untuk kamu ialah ilmu-ilmu eksak seperti matematika, fisika, kimia dan sebagainya. Selain itu, kamu juga cocok dalam program studi Arsitektur, teknik dan Statistika .

2. ENTJ – Extrovert, Intuition, Thinking, Judging

entj

Nah, buat kamu yang ENTJ, kamu merupakan seorang pemimpin yang pemberani. Selain itu, kamu pun memiliki pemikiran yang imajinatif. Kamu memiliki kemauan yang kuat dan selalu menemukan cara-cara atau menciptakan cara untuk mencapainya.

Program studi yang cocok untukmu ialah Ilmu Hukum, Ilmu Komunikasi , Manajemen  dan bisnis.

3. INTP – Introvert, Intuition, Thinking, Perceiving

intp

Kalau kamu seorang INTP, kamu merupakan seseorang yang pendiam, banyak berpikir dan orang yang sangat analitis. Kamu lebih suka menghabiskan waktumu sendiri untuk memikirkan permasalahan dan juga menciptakan jalan keluarnya.

Nah, kalau kamu seorang INTP, program studi yang cocok untukmu ialah ilmu sains, Filsafat, Ilmu Hukum, Psikologi dan juga Arsitektur.

4. ENTP – Extrovert, Intuition, Thinking, Perceiving

entp

Kalau kamu seorang ENTP, kamu adalah orang yang cepat, berbakat dan suka berbicara blak-blakan. Kamu bukanlah orang-orang yang suka dengan rutinitas dan hal-hal yang dilakukan secara berulang-ulang. Seorang INTP juga pintar dalam “membaca” orang lain.

Kalau kamu seorang ENTP, program studi yang cocok untukmu ialah Ilmu Hukum, Manajemen Pemasaran (Marketing) dan konsultan.

5. INFJ – Introvert, Intuition, Feeling, Judging

infj

Meskipun kamu adalah seorang yang introvert, tapi, kamu selalu memiliki opini yang kuat jika ada suatu hal yang dianggap penting dalam kehidupanmu. Ketika kamu berjuang untuk suatu hal, kamu memperjuangkannya karena kamu yakin ide tersebut adalah suatu hal yang patut diperjuangkan, bukan karena untuk dirimu sendiri. INFJ yang tenang ini pun lebih memilih untuk mempunyai pengaruh di belakang layar.

Kalau kamu adalah seorang INFJ, program studi yang cocok untukmu ialah pendidikan guru, Psikologi, Pendidikan Dokter dan juga Pendidikan Bimbingan Konseling.

6. INFP – Introvert, Intuition, Feeling, Perceiving

infp

Kalau kamu seorang INFP, kamu merupakan seseorang yang sangat perhatian dan peka dengan perasaan orang lain. Kamu juga merupakan seseorang yang penuh dengan antusiasme dan kesetiaan, namun, hal ini akan muncul hanya untuk orang-orang terdekat saja. Kamu juga peduli akan banyak hal, jeleknya, kamu mengambil banyak hal untuk dikerjakan namun yang bisa diselesaikan hanyalah sebagiannya saja. Kamu merupakan seseorang yang selalu berpikir win-win solution tiap kali ada permasalahan.

Nah, buat kamu yang INFP, program studi yang cocok untukmu ialah Jurnalistik, sastra, pendidikan, Seni Rupa (Creative Arts) dan agama.

7. ENFJ – Extrovert, Intuition, Feeling, Judging

enfj

Kalau kamu ialah seorang ENFJ, kamu merupakan orang yang kreatif, imajinatif, peka, sensitive dan juga loyal. Pada umumnya, kamu kamu peduli dengan apa yang orang lain katakan. Kamu juga memperhatikan perasaan orang lain dalam melakukan suatu tindakan. Kamu pandai bergaul, meyakinkan, ramah, menyenangkan dan penuh dengan simpatik.

Kalau kamu seorang ENFJ, program studi yang sesuai denganmu ialah Akuntansi, Ilmu Keperawatan, Pendidikan Bimbingan Konseling  dan Administrasi Perkantoran (Kesekretariatan) .

8. ENFP – Extrovert, Intuition, Feeling, Perceiving

enfp

Seseorang yang memiliki kepribadian ENFP adalah orang-orang yang “hangat” dan memiliki antusiasme dan juga imajinatif. Kamu adalah seseorang yang ramah, enerjik, optimis, antusias, semangat tinggi, dan menyenangkan. Kamu dipenuhi oleh ide-ide yang kreatif dan inovatif. Selain itu, kamu juga pandai berkomunikasi, senang bersosialisasi dan membawa suasana positif. Kamu mudah dalam membaca perasaan dan kebutuhan orang lain.

Nah, kalau kamu adalah seorang ENFP, program studi yang sesuai dengan kepribadianmu adalah Ilmu Komunikasi, Psikologi, Pendidilkan, Hubungan Internasional, Jurnalistik  dan Hubungan Masyarakat .

***

Nah, dari kedelapan kepribadian di atas, adakah salah satunya yang menjadi kepribadianmu? Belum pernah mencoba tes MBTI? Wah, kamu harus mencobanya bersama youthmanual, gaes! Hehe. Sebenarnya, artikel ini masih ada kelanjutannya, gaes, jadi ditunggu artikel selanjutnya, ya!

Baca juga:

(Sumber gambar: semanticbelgium.com, pinterest.com, mbtionline.com, redbubble.com, mikhailkho.com)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 5 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©