6 Sekolah Fiktif Terpopuler di Dunia

oleh Nadia Fernanda

Kalau ditanya, apa sekolah atau kampus impian kamu, pasti kamu pada rebutan memberikan nama-nama populer seperti “Harvard!”, “Oxford!”, atau “ITB!”. Tapi tahu nggak, banyak juga orang yang mengimpikan bisa sekolah di sekolahan... fiktif?

Yap, di dalam cerita fiksi—entah itu film, buku atau game—ada banyak sekolah fiktif yang menjadi setting atau elemen utama ceritanya. Sekolah-sekolah ini pun menjadi sangat terkenal, sampai-sampai kepopulerannya menyaingi sekolah dan kampus top di dunia nyata. How so? Because people become so invested in the stories, they would love to attend the schools if they was real!

Nah, buat kamu yang suka mengikuti kisah-kisah fiksi, pasti salah satu sekolah fiktif populer ini pernah menjadi sekolah impian kamu—bahkan mungkin sampai hari ini! Cekidot!

1. Smallville High, Smallville                                            

smallville high

Kalau kamu penggemar setia serial TV Smallville, pasti kamu nggak asing lagi dengan SMA fiktif di serial tersebut, yaitu Smallville High. Sebelum menjadi Superman, Clark Kent menuntut ilmu di sekolah fiktif ini dan menjalani harinya dengan alter ego sebagai, ehm, Superboy. Seperti SMA di Amerika pada umumnya, Smallville High menawarkan masa studi 4 tahun dan berbagai ekstrakurikuler seperti majalah sekolah dan tim futbol.

Apa yang membuat sekolah ini populer? Well, siapa, sih, yang nggak pernah mimpi menghabiskan masa-masa SMA dan ngalay ngegaul bareng Clark Kent ABG dan kawan-kawannya?

2. Empire State University, Marvel Universe

empire state university

Eits, jangan sampai ketuker sama Empire State College yang di New York, ya, gaes. Empire State University atau ESU ini, sih, nggak bakal bisa kamu temui wujudnya walaupun kamu udah tawaf keliling New York tujuh kali! Soalnya, ESU hanyalah kampus fiktif yang sering digunakan dalam cerita-cerita komik Marvel. Uniknya, ESU sendiri terinspirasi dari dua kampus nyata ternama di Amerika, yaitu New York University dan Columbia University. Malahan, gedung kampus Columbia University sering digunakan sebagai setting syuting ESU di film-film adaptasi Marvel.

Seiring dengan berkembangnya Marvel Universe alias dunia komik Marvel, ESU juga jadi semakin terkenal. Banyak karakter komik Marvel, terutama Spider-Man, pernah terdaftar sebagai mahasiswa atau bekerja di kampus fiktif ini.

Apa yang membuat sekolah ini populer? Reputasinya (yang fiktif) di Marvel Universe serta para alumninya yang kece badai, seperti Peter Parker (Spider-Man), Reed Richards (Mr. Fantastic), dan Steve Rogers (Captain America).

3. Xavier’s School for Gifted Youngsters, X-Men

x-men youthmanual

Kalian pasti kenal lah, ya, dengan kisah para anak-anak mutan berkemampuan khusus yang dikumpulkan dalam boarding school khusus, agar mereka terlindungi sekaligus nggak “berkonflik” dengan masyarakat manusia biasa. Yap, kisah X-Men!

Nah, boarding school tersebut, yang bernama Xavier’s School for Gifted Youngsters, merupakan salah satu elemen penting dalam cerita komik ini. Sekolah ini didirikan oleh Charles Xavier a.k.a Profesor X, yang juga seorang mutan, dengan misi mewujudkan dunia di mana para mutan dan manusia biasa bisa hidup akur dengan damai. Hmm, mirip misi mengakurkan nyokap dengan pacar, ya. Penuh rintangan! #eh

x-men youthmanual

Apa yang membuat sekolah ini populer? Kegiatan dan murid-muridnya yang seru banget! Malahan, sekolah ini pasti bikin kamu berangan-angan menjadi seorang mutan berkekuatan super, supaya kamu bisa diundang masuk ke sekolah ini (ho-oh, sekolah ini khusus undangan), trus teaming-up bersama mz Logan alias Wolverine dan mb Ororo Munroe alias Storm.

4. The Jedi Praxeum, Star Wars

jedi praxeum

Sekolah di luar negeri masih kurang jauh? Kalau gitu, sekolah di luar galaksi aja, sob! Di luar galaksi, ada The Jedi Praxeum, sebuah akademi tempat para calon ksatria Jedi ditempa oleh para Master Jedi. Sekolah ini dibentuk oleh Jedi legendaris Luke Skywalker, dan tersedia di beberapa planet di berbagai galaksi, supaya gampang dicapai oleh para calon Jedi tergantung sejauh apa abang ojek mampu mengantar. Bangunannya pun ada yang berupa kuil, sehingga alih-alih serasa pelajar biasa, kamu akan merasa seperti dilatih jadi biksu. Hmm, tertantang, nggak?

jedi temple youthmanual

Apa yang membuat sekolah ini populer? Para calon Jedi akan dilatih untuk menggunakan lightsaber, The Force, dan kebijaksanaan ala Yoda. Menang banyaaak!

5. Camp Half-Blood, Percy Jackson Series

camp half blood youthmanual

Oke, tempat ini memang bukan sekolah, tetapi belajar sesuatu atau menuntut ilmu nggak harus di sekolahan, ‘kan? Sesuai namanya, perkemahan ini dikhususkan untuk anak-anak setengah dewa yang disebut sebagai darah campuran atau half-blood. Di sini, mereka nggak cuma diajarkan pengetahuan dasar, tetapi juga sejarah, budaya, dan dewa-dewi Yunani, serta dibekali kemampuan untuk bertarung.

Selain anak-anak keturunan dewa, perkemahan ini juga dihuni oleh mahkluk-mahkluk mitologi Yunani seperti satir dan peri yang keimutannya menyaingi para personel Cherrybelle. Para darah campuran juga diberi pilihan—menetap di perkemahan Camp Half-Blood sepanjang tahun, atau hanya kembali setiap musim panas, seperti sang pentolan, Percy Jackson.

Apa yang membuat sekolah ini populer? Perpaduan elemen mitologi Yunani dengan dunia modern yang somehow make sense, serta fakta bahwa bahwa sebagai murid di sini, kamu mungkin diklaim oleh Dewa Zeus sebagai anaknya. Khayalin terus, sob!

6. Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry, Harry Potter Series

hogwarts youthmanual

Walaupun misalnya kamu bukan fans seri Harry Potter, kamu pasti tahu tentang sekolah yang satu ini. Hogwarts merupakan satu dari sebelas sekolah sihir besar yang ada di dunia. Tentunya, cuma orang-orang yang punya bakat sihir yang akan diundang ke sekolah ini. Kalau punya bakat sulap, gimana? Ya, paling diundang ke sekolah badut!

Di Hogwarts, para murid diseleksi berdasarkan karakteristik mereka, untuk dimasukkan ke ke salah satu dari empat asrama di Hogwarts, yang akan menjadi rumah mereka selama tujuh tahun masa studi di sana. Keempat asrama tersebut adalah Slytherin, Gryffindor, Ravenclaw, dan Hufflepuff. Di Hogwarts, para siswa diajarkan berbagai ilmu sihir seperti Mantra, Transfigurasi, Ramuan, Herbologi, sampai Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam. Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam di sini bukan berarti kamu diajar oleh Master Limbad, ya, gaes, melainkan golongan penyihir dengan pengetahuan mengenai black magic. Bangunan sekolah Hogwarts pun berupa kastil tua yang nggak kalah “mejik” dari para siswa dan pengajarnya.

hogwarts youthmanual

Apa yang membuat sekolah ini populer? Semuanya!

P.S. Buat kamu yang kebelet banget masuk Hogwarts tapi burung hantu nggak kunjung membawakan surat undangannya (emangnya kawinan?), kamu bisa sign up di sini untuk merasakan pengalaman virtual sebagai siswa Hogwarts. Yuhuuuu! *brb gabung*

(sumber gambar: wikia.com, dailymail.co.uk, wikimedia.org deviantart.com, weebly.com, fangirlsarewe.files.wordpress.com, filmslur.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1