7 Kebiasaan yang Dilakukan Orang Sukses Saat Akhir Pekan

Oleh Dewa Made Rai

Wow, udah hari kedua long weekend, nih, gaes. Udah ngapain aja, nih? Kalau nggak liburan kemana-mana, palingan jalan-jalan, bersantai, istirahat, atau beberes, ya.

Tapi penasaran nggak, sih, apa yang dilakukan oleh para konglomerat dan tokoh sukses setiap akhir pekan? Apakah bersantai gitu-gitu aja kayak kamu? Atau mungkin kamu mengira, kalau weekend mereka sarapan di pinggir pantai Bali, siang-siang jajan batagor di Bandung, trus sorenya cari es krim di Singapura?

Sebelum ngayal berlebihan, simak, deh, kebiasaan orang-orang sukses setiap akhir pekan. Mungkin ada yang bisa kamu contoh, agar kamu tertular kesuksesan mereka!

1. Robert Iger, CEO The Walt Disney Company – tetap bangun pagi

bob iger youthmanual

Kata siapa cuma anak sekolah yang perlu bangun pagi? CEO Disney ini juga selalu bangun pagi, termasuk saat akhir pekan. Ini kebiasaan yang perlu kamu tiru, lho, karena menurut penelitian, otak bekerja paling optimal saat 2,5 sampai 4 jam setelah kita bangun tidur. Jadi, daripada waste your morning away dengan tidur, lebih baik kamu bangun lebih pagi, agar punya waktu untuk melakukan sesuatu yang produktif. Yes, termasuk saat weekend!

2. Benjamin Franklin, salah satu Founding Fathers of the United States – merencanakan hari

Konon, Benjamin Franklin selalu bertanya di pagi hari, “Apa hal baik yang akan saya lakukan hari ini?”

Orang sukses sangat tahu betapa pentingnya memiliki tujuan harian, bahkan saat weekend. Jadi, apa, nih, tujuan kamu tiap akhir pekan? Apa? Mager seharian?!

3. Anna Wintour, Editor-in-Chief majalah Vogue – tetap aktif berolahraga!

Walaupun sudah berusia 66 tahun, Editor-in-Chief majalah Vogue ini nggak pernah absen bermain tenis selama satu jam setiap harinya. Selain Tante Anna, ada banyak tokoh-tokoh sukses lainnya yang rajin berolahraga, seperti Richard Branson yang rutin kite surfing setiap weekend.

Memang, badan yang aktif akan menghasilkan pikiran yang aktif juga. Jadi kalau akhir pekan kamu hanya diisi mager-mageran, pikiran kamu pun jadi nggak produktif.

Coba, deh, berolahraga ringan setiap hari, termasuk saat akhir pekan. Nggak perlu lama-lama, kok. 15-30 menit aja cukup. Pasti akan ada perubahan yang lebih baik terjadi di diri kamu!

4. Warren Buffet, pebisnis dan investor asal Amerika Serikat – meluangkan waktu untuk hobi

warren buffet jay z youthmanual

Warrren Buffet bareng rapper-entrepreneur JayZ

Banyak orang bilang, seorang pebisnis seharusnya punya hobi yang bisa meningkatkan bisnisnya, seperti misalnya bermain golf. Soalnya, di lapangan golf, mereka bisa main sambil menjalin networking dengan para pebisnis lainnya, berhubung lapangan golf adalah tempat berkumpulnya para pebisnis besar.

Tetapi Warren Buffet, seorang investor tersukses abad ini, malah hobi main ukulele di waktu senggangnya! Yah, kalau memang suka, nggak apa-apa, dong?

Sebenarnya yang paling penting, hobi kita haruslah sesuatu yang benar-benar kita sukai, sehingga saat melakukannya, otak jadi relaks.

5. Richard Branson, pebisnis asal Inggris, pemilik perusahaan Virgin Group – rutin beramal

Pernah nggak dengar nasihat, “tidak pernah ada orang yang jatuh miskin karena beramal”? Nasihat tersebut benar banget, gaes, karena menurut hasil penelitian Tom Corley selama lima tahun, 73% orang kaya menjadi relawan selama 5 jam (bahkan lebih) setiap bulannya. Coba, dalam setahun, berapa banyak harta mereka yang disumbangkan? Tapi mereka nggak pernah jadi miskin, ‘kan?

Miliuner Richard Branson adalah salah satu tokoh yang rutin beramal. Ia bahkan pernah bilang, “Memfokuskan pikiran pada isu-isu seperti kesehatan, kemiskinan, konservasi, dan perubahan iklim ternyata dapat membuka pikiran kita untuk hal lain, dan itu luar biasa.”

Jadi, kalau kamu belum ada rencana weekend ini, coba, deh, lakukan kegiatan sosial, atau minimal sisihkan uang kamu ke lembaga penyaluran amal yang tepat. Siapa tahu bisa jadi kegiatan rutin setiap akhir pekan!

6. Bill Gates, founder dari Microsoft – lakukan introspeksi diri

Penemu Microsoft Bill Gates pernah bilang, “Rayakanlah kesuksesan Anda. Namun yang lebih penting lagi, belajarlah dari kesalahan.”

Introspeksi atau belajar dari kesalahan diri sendiri bisa kamu lakukan setiap hari, tetapi akhir pekan adalah waktu yang lebih tepat, karena kamu jadi bisa merenungkan hal-hal yang telah kamu lakukan seminggu ke belakang dan mengintrospeksi kesalahan-kesalahan kamu.

7. Jack Dorsey, founder dari Twitter – siapkan diri untuk minggu berikutnya

jack dorsay youthmanual

Penemu Twitter ini bekerja selama 16 jam setiap hari, dari Senin sampai Jumat. Namun pada hari Sabtu, ia beristirahat dan kadang-kadang hiking untuk refreshing. Trus, setiap hari Minggu, Jack melakukan refleksi diri, mendengarkan masukan, serta mempersiapkan strategi agar bisa blast off di hari Senin. Wah, berarti Jack Dorsey benar-benar mengamalkan poin nomor 3 dan 6 setiap akhir pekannya, ya.

***

Nasib kamu nggak hanya ditentukan oleh Tuhan, tetapi juga oleh langkah kamu sendiri setiap hari, termasuk di akhir pekan. Jadi, gunakan waktumu sebaik mungkin, tetap fokus, dan jadilah orang sukses!

(sumber foto: swisscottagedesigns.com, popsugar.com, bidnessetc.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1