Nggak Merasa Nyaman dengan Kehidupan Kampus? Gimana, Ya, Cara Mengatasinya?

Sebagian dari kamu pasti menganggap bahwa lulus dari bangku sekolah dan bisa kuliah adalah masa-masa terbaik yang ada dalam hidupmu. Kamu akan bertemu dengan teman-teman baru dan belajar banyak hal baru—yang menarik minatmu.

Tapi, ada pula yang merasa nggak nyaman setelah merasakan kehidupan kampus—apalagi buat mahasiswa baru yang sudah menjalani satu semester pertamanya. Hal tersebut bisa disebabkan karena banyak faktor. Entah karena nggak bisa memenuhi harapan-harapan mereka yang terlalu tinggi atau yang lainnya.

Nah, kalau kamu sedang merasa di titik tersebut, percayalah bahwa kamu nggak sendirian. Tetap semangat dan jangan pernah putus asa karena kamu bisa mencoba melakukan hal-hal seperti yang ada di bawah berikut ini.

1. Cari tahu hal yang membuatmu nggak nyaman

Seperti yang sudah saya singgung di awal, nggak merasa nyaman dengan kehidupan kampus bisa disebabkan oleh banyak faktor. Sehingga, hal pertama yang harus dilakukan saat kamu merasa nggak bisa menikmati masa-masa kuliah adalah dengan mencoba mencari tahu apa yang terjadi.

Soalnya, tanpa disadari, kamu memiliki banyak alasan yang membuatmu jadi nggak nyaman. Maka dari itu, cobalah untuk memikirkan faktor terbesar apa yang membuatmu merasa demikian. Mungkin karena nggak menyukai jurusan kuliahnya, mata kuliah yang diajarkan dosen sangat membosankan, orang-orang di lingkungan kelasnya, keadaan di sekitar lingkungan kampus, belum terbiasa menjadi mahasiswa rantau dan masih banyak hal lainnya.

Well, setelah menemukan masalah yang membuatmu nggak nyaman dengan kehidupan perkuliahan, kamu akan lebih mudah mencari tahu bagaimana cari memperbaikinya.

2. Beri waktu sejenak untuk dirimu

For your information, gaes. Ketika mendapatkan sedikit masalah, kadang kamu membutuhkan waktu untuk berpikir secara jernih, lho.

Maksudnya berpikir jernih kaya gimana?

Jadi, gini. Setelah mengetahui apa yang membuatmu nggak nyaman di kehidupan kampus, kamu perlu memberi waktu sejenak buat dirimu sendiri. Tunggulah sebentar apakah keadaan akan membaik dengan sendirinya atau nggak. Sebab, semua orang butuh waktu yang berbeda-beda untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru.

3. Bicara dengan orang yang tepat

Gimana kalau setelah menenangkan diri sendiri dan memberi waktu untuk berpikir jernih, kamu tetap nggak menemukan solusi dari permasalahanmu?

Well, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah kamu bisa membicarakan masalahmu itu dengan orang-orang yang kamu percaya atau orang-orang yang kamu anggap bisa memberikan solusi dengan baik.

Misal, nih, kalau masalah yang kamu hadapi terkait materi kuliah, kamu bisa bicarakan dengan dosen. Atau kalau kamu merasa nggak nyaman dengan lingkungan pertemananmu di kelas, kamu bisa cari lingkungan pertemanan yang lebih positif melalui kegiatan di luar kampus (organisasi, komunitas, dan lain-lain)

Tapi, kalau masalah yang kamu hadapi lebih berkaitan dengan gangguan kecemasan atau depresi, kamu harus berkonsultasi dengan layanan kesehatan mental terdekat—seperti konseling ke Psikolog atau orang yang sudah ahli menangani masalah ini.

Nggak perlu khawatir masalah biaya karena saat ini banyak kampus yang menyediakan sarana konseling untuk mahasiswanya di semester awal. Jadi, kamu bisa membicarakan masalah kehidupan kampusmu dengan konsultan yang ada disana.

4. Pindah jurusan kuliah atau kampus

Last but not least, kalau kamu sudah mencoba semua solusi, tapi kehidupan kampusmu tetap nggak berubah jadi lebih baik. Coba pikirkan lagi apakah lingkungan kampus atau jurusan kuliah yang kamu ambil tersebut sudah cocok untukmu atau nggak.

Karena nggak bisa dipungkiri, saat kamu nggak mengetahui dengan baik minat dan bakat yang ada dalam dirimu. Kamu bisa jadi memilih jurusan kuliah yang salah. Atau karena faktor lainnya kamu jadi kuliah di kampus yang nggak sesuai dengan keinginanmu.

Tapi, ada satu hal penting yang harus kamu perhatikan. Sebelum kamu mengambil keputusan yang satu ini, kamu bisa konsultasikan terlebih dahulu dengan orang tuamu atau dosenmu, ya, gaes.

***

Itulah bebera solusi yang bisa kamu lakukan saat kamu merasa nggak nyaman dengan kehidupan kampus. Intinya, sih, setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya! Dan mengubah jalanmu setelah menyadari ada sesuatu yang nggak tepat dalam hidupmu bukan suatu hal yang buruk, kok. Justru berada di situasi yang nggak nyaman dalam waktu yang lama, malah nggak akan baik buat kamu.  

Baca juga:

 

 

(Sumber gambar: canberra.edu.au, vocal.media, scholarsofficial.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Al havis Fadilla rizal | 22 hari yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 1 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 1 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 1 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1