Jenis-Jenis Rasa Malas yang Sering Dialami Oleh Banyak Orang

Apakah kamu sering merasa malas untuk melakukan sesuatu? Pasti sering dong, ya. Hihihi.

Eits, tapi jangan berspekulasi yang jelek-jelek terlebih dahulu. Sebab, ternyata perasaan malas itu ada banyak jenisnya, gaes. Trus, perasaan malas juga bisa menunjukkan suatu gejala medis yang tengah kamu alami.

Berbicara mengenai jenis rasa malas, di bawah berikut ini ada jenis rasa malas yang sering dialami oleh banyak orang. Kira-kira kamu memiliki jenis malas yang mana, ya? Yuk, cari tahu!

1. Malas karena kelelahan fisik

Jenis rasa malas yang pertama adalah malas karena kelelahan fisik. Jenis rasa malas yang satu ini adalah rasa malas yang paling umum—yang menyerang kebanyakan orang, khususnya orang-orang yang sedang menempuh pendidikan tinggi atau tengah berkarier.

Well, tentu saja kalau kamu selalu disibukkan dengan aktivitas yang menguras energi dan pikiran kamu, maka kamu akan merasa lelah dan berakibat pada rasa malas. Kalau rasa malasmu disertai dengan sakit kepala, nafsu makan berkurang, nyeri otot dan rasa lelah berkepanjangan, maka kamu harus memutuskan untuk istirahat sejenak.

Dengan kata lain, kalau kamu nggak segera mengatasinya, malas yang diakibatkan oleh kelelahan fisik akan berdampak buruk bagi kesehatan kamu.

2. Malas akibat cuaca

Hah? Malas karena cuaca? Memangnya ada? Ya, ada, dong.

Misalnya saja, orang-orang Eropa dan Amerika yang merasa malas kalau cuaca panas (musim panas). Sedangkan, beberapa orang Asia akan merasa malas kalau memasuki musim dingin atau musim hujan.

Nah, kenapa bisa terjadi seperti itu? Jadi, tiap-tiap orang memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap cuaca yang dialami. Dan ternyata cuaca juga bisa mempengaruhi perasaan atau mood seseorang.

Para ilmuwan mengungkapkan bahwa manusia memiliki kemampuan untuk mengontrol suhu tubuh secara otomatis, itulah yang menyebabkan seseorang dapat berkeringat, menggigil dan demam. Untuk mengontrol suhu pada tubuh manusia tersebut dibutuhkan banyak energi.

That’s why, cuaca terkadang bisa menyebabkan rasa malas akibat energi yang terkuras karena perubahan suhu. Dan rasa malas ini sangat wajar, selama nggak mengakibatkan kelelahan yang berlebihan dan depresi.

3. Malas karena cerdas

Rasa malas yang terjadi karena kamu adalah orang yang cerdas, sebenarnya adalah rasa malas yang paling bagus, gaes. Biasanya, orang yang malas dalam jenis ini akan memiliki banyak ide kreatif yang bisa diaplikasikan dalam segala usahanya, aktivitas sehari-hari atau pekerjaannya.

For your information, menurut penelitian sains, orang cerdas memang cenderung malas, tapi orang malas belum tentu cerdas. Orang yang malas karena cerdas nggak akan membuang waktunya hanya untuk bersusah payah tanpa hasil yang jelas.

Orang yang memiliki rasa malas ini cenderung nggak suka untuk diperintah. Mereka juga lebih suka mencari jalan keluar sendiri yang paling efektif dan efisien,. Itulah sebabnya, orang yang malas karena cerdas akan cenderung lebih mudah untuk mencapai kesuksesan secara mandiri.

4. Malas karena depresi

Lain halnya dengan rasa malas karena depresi, perasaan malas karena depresi akan terasa sangat intens dan dalam. Bahkan, terkadang terjadi tanpa alasan yang jelas dan disertai dengan perasaan sedih.

Singkatnya rasa malas yang sangat intens merupakan salah satu gejala depresi. Rasa malas itu disertai dengan hilangnya minat, kurang energi, terganggunya konsentrasi dan ada perasaan bersalah.

Kalau kamu merasakan rasa malas yang intens seperti ini, sebaiknya kamu segera menghubungi ahli kesehatan mental. Karena depresi adalah gangguan mental berat yang mengganggu pola pikir, suasana hati dan bagaimana kamu beraktivitas sehari-hari.

Tapi, kamu nggak perlu khawatir. Depresi bisa disembuhkan, kok, kalau kamu memang berniat untuk melakukannya.

5. Malas karena nggak memiliki semangat berjuang

Last but not least, malas yang satu ini adalah rasa malas yang paling berbahaya, gaes. Kenapa paling berbahaya?

Rasa malas ini muncul karena seseorang memang nggak memiliki semangat untuk berjuang dan nggak memiliki harapan tentang masa depannya. Sehingga, rasa malas yang seperti ini yang membuat banyak orang nggak kunjung meraih kesuksesannya.

Oyaaa… rasa malas jenis ini juga nggak berkorelasi sama sekali dengan kecerdasan seseorang, ya, karena faktanya orang yang nggak cerdas pun bisa memiliki rasa malas seperti ini.

Jadi, jangan sampai kamu memiliki rasa malas seperti ini. Soalnya, orang yang termasuk jenis ini akan malas bekerja, malas berusaha dan malas-malas lainnya—yang membuat kamu nggak akan pernah meraih kesuksesan.

***

Ternyata rasa malas itu bermacam-macam jenisnya, ya, gaes. Dan nggak semua rasa malas itu berhubungan dengan kecerdasan seseorang. Banyak orang yang kurang cerdas tapi orang tersebut tetap malas untuk melakukan sesuatu. Begitu sebaliknya, banyak orang yang malas tapi ternyata orang tersebut sangat cerdas.

 

Baca juga:

 

 

(Sumber gambar: society19.com, vox.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2023 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1