Menu

Daripada Nebak-Nebak Sendiri, Yuk, Intip Kepribadian Seseorang Lewat Tulisan Tangannya!

Sudah baca, dong, artikel tentang keuntungan mencatat dengan tulisan tangan di sini?

Menurut graphologist, alias ahli membaca tulisan tangan, tulisan tangan juga bisa menunjukkan kepribadian plus kondisi psikologis seseorang, lho. Kepengen tahu kepribadian sobat, gebetan, mantannya gebetan (eh!), bahkan diri sendiri juga?

Nah, kali ini Youthmanual mencoba mengambil referensi grafologi (ilmu membaca tulisan tangan) yang dirangkum oleh situs Psychologia. Penasaran? Buka, deh, buku catatan kamu—atau orang yang mau kamu “terawang”—lalu perhatikan tulisan tangannya. Trus, cocokin, deh, dengan ciri-ciri berikut:

1. Seberapa besar tulisanmu?

A. Ciri: Tulisannya cenderung besar, sampai memenuhi garis pada baris buku. Bahkan beberapa huruf melewati garis tersebut.

B. Ciri: Tulisannya irit, alias kecil mungil.

Analisa = ...

Tipe A: Cenderung supel, percaya diri, dan suka mencari perhatian.

Tipe B: Introvert dan pencemas.

2. Sementara jarak per kata-nya renggang atau rapat?

A. Ciri: Renggang, kayak lagi musuhan.

B. Ciri: Rapat banget sob, kayak di angkot!

Analisa =...

Tipe A: Sangat menyukai kebebasan dan kemandirian.

Tipe B: Suka kebersamaan dan sangat nggak nyaman dengan kesendirian.

3. Sekarang, perhatikan penekanan pulpen atau pensil pada tulisan kamu (bisa diamati melalui ketebalannya). Apakah sangat ditekan, atau malah nggak sama sekali?

A. Ciri: Nggak terlalu ditekan, tulisan aggak tipis.

B. Ciri: Ditekan dengan cukup kuat.

C. Ciri: Ditekan bingits. Untung kertasnya nggak sampai sobek!

Analisa = ...

Tipe A: Sensitif dan peduli dengan orang lain.

Tipe B: Berkomitmen *brb liat tulisan si do’i*

Tipe C: Berkepribadian kaku.

4. Perhatikan huruf “i” (non-kapital) dalam tulisanmu, terutama tanda titiknya. Bagaimana posisi dan bentuknya?

A. Ciri: Tanda titiknya jauh di atas.

B. Ciri: Tanda titiknya agak ke kiri.

C. Ciri: Tanda titiknya berbentuk lingkaran.

D. Ciri: Tanda titiknya berbentuk seperti garis.

E. Ciri: Tanda titiknya tepat di atas huruf.

Analisa = ...

Tipe A: Memiliki imajinasi yang tinggi.

Tipe B: Suka menunda-nunda sesuatu.

Tipe C: Memiliki sisi kekanak-kanakan.

Tipe D: Terlalu kritis.

Tipe E: Sangat senang keteraturan.

5. Sementara, pada huruf “T”, cara kamu menuliskan garis di atasnya adalah…

tulisan tangan T

A. Ciri: Garis panjang.

B. Ciri: Garis pendek.

Analisa = ...

Tipe A: Antusias dan berkeinginan kuat.

Tipe B: Agak malas.

6. Seperti apakah tanda tanganmu?

A. Ciri: Tulisannya “abstrak” dan nggak terbaca. Yah, namanya juga tanda tangan. Harus rumit, dong, biar nggak gampang ditiru!

B. Ciri: Tulisannya terbaca.

Analisa = ...

Tipe A: Tertutup dan butuh privasi.

Tipe B: Percaya diri.

***

Jadi, gimana hasil analisa tulisan tanganmu? Sesuai atau nggak?

(sumber gambar: www.enkivillage.com, lorettalittlefield.wordpress.com, buzzl.com, graphology.it, quora.com, printableletters.org, jenniferopazo.com, huffingtonpost.com)

 

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©