5 Cara Gampang Meningkatkan Nilai Akhir

Siapa, sih, yang nggak mau nilai sekolah atau kuliahnya mengalami peningkatan? Masa’ kamu mau nilaimu biasa-biasa aja—atau bahkan jeblok—melulu? Yuk, mulai usaha di awal semester ini!

Berikut adalah lima tips sederhana namun efektif untuk meningkatkan nilai kamu. Camkan dan jadikan kebiasaan sehari-hari ya, gaes.

1. Baca catatan atau buku pelajaran sebelum tidur.

Biasakan diri membaca-baca materi pelajaran sekolah—dari catatan maupun textbook—sebelum tidur malam. Menurut penelitian, otak akan mengambil memori-memori terdekat sebelum tidur, trus menyimpannya sebagai memori jangka panjang saat kamu tidur. Kayak di film Inside Out itu, lho!

Jadi, kalau kamu membaca materi pelajaran sebelum tidur, materi pelajarannya akan tersimpan dengan lebih baik dan lebih awet di otak.

Oya, jangan memaksakan diri untuk membaca SEMUA materi pelajaran sebelum tidur. Apalagi kalau lagi ngantuk berat. Nanti materinya malah mental semua. Coba baca materi pelajaran yang terbaru-terbaru aja, dari masing-masing mata pelajaran. Yang penting harus rutin dilakukan setiap malam, ya!

2. Belajar dari jauh-jauh hari.

Kamu pasti sering banget mendengar bahwa belajar Sistem Kebut Semalam alias belajar dadakan itu nggak efektif. Yap, memang betul. Belajar nyicil dari jauh-jauh hari itu jauh lebih efektif daripada ngebut belajar semalaman sebelum ujian. Untuk ujian apapun. Entah itu ulangan harian, UTS, UAS, UN, apalagi seleksi perguruan tinggi.

Dengan belajar jauh-jauh hari, kamu nggak sekedar menghapal bahan ujiannya, tetapi juga jadi paham dan familiar dengan materi pelajarannya. Plus, kamu nggak bakal tegang dan stres, seperti kalau belajar Sistem Kebut Semalam.

3. Jadilah produktif ketika belajar.

Maksudnya “produktif ketika belajar” gimana, tuh? Maksudnya, ketika kamu belajar, kamu harus benar-benar fokus dan produktif dalam menyerap materi.

Caranya ada banyak. Yang paling  standar adalah MATIKAN HAPE selama kamu belajar! Minimal, singkirkan jauh-jauh, supaya nggak sedikit-sedikit dilihat.

Selain itu, sadari bahwa gaya belajar orang berbeda-beda. Mungkin kamu adalah orang tipe visual, yang harus melihat materi belajarnya? Atau mungkin kamu tipe audio, yang lebih cepat paham materi pelajaran kalau mendengarkan penjelasan guru?

Atau kamu lebih bisa fokus belajar dalam keadaan sepi sendirian di kamar? Berarti jangan maksain belajar rame-rame sama teman di kafe, sob.

Intinya, masing-masing orang punya cara belajar yang berbeda. Cari cara belajar yang terbaik untuk kamu, dan jangan ikut-ikutan teman.

4. Bangun lebih awal dan buatlah rencana.

Hal ini memang berat, sih, kalau kamu bukan orang yang suka bangun pagi. Tapi coba dulu, deh, lakukan hal ini: paksakan diri kamu untuk bangun 15-30 menit lebih awal dari jam bangun kamu yang biasa, untuk mengulas agenda kamu hari itu.

Jadi gunakan 15 menit itu untuk, misalnya, membuat to-do list, baca-baca catatan, baca-baca materi pelajaran yang kira-kira akan dipelajari di sekolah hari itu, mengecek ulang tugas yang akan dikumpulkan, dan sebagainya.

Bangun lebih awal dan membuat rencana akan membantu kamu merasa lebih siap untuk menghadapi hari. Efeknya, kamu akan belajar dengan lebih efektif di sekolah, dan mendapatkan nilai lebih bagus.

5. Baca catatan keras-keras.

Studi menunjukkan bahwa membaca catatan dengan suara keras (bukan hanya dibaca dalam hati) bisa membantu kamu mengingat materi catatan kamu dengan lebih awet. Ini kata penelitian, lho, bukan kata saya. Cobain, deh. Nggak ada salahnya!

Yuk, kamu bisa, kok, mendapat nilai lebih bagus tahun ajaran ini!

(sumber gambar: hipwee.com, vox.com, steemit.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 25 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1