5 Pertimbangan Memilih Bank Tempat Menabung

Pengen punya rekening sendiri supaya lebih semangat menabung. Tapi di mana ya, menabungnya? Ini 5 hal yang bisa kamu pertimbangkan ketika memilih bank.

1. Letak bank dan ATM-nya.

Cari tahu di mana letak bank dan mesin ATM-nya. Nah, jarak dan akses ke lokasi tersebut perlu menjadi pertimbanganmu.

Jika di kotamu cabang bank tersebut sangat jarang atau sangat jauh dari rumah, kamu perlu mempertimbangkan untuk memilih bank yang lebih mudah dijangkau.   Soalnya, jarak yang jauh akan menyulitkan saat perlu mengurus sesuatu ke bank atau jika butuh memakai mesin ATM.

2. Saldo awal plus saldo minimal

Ada bank yang memiliki persyaratan saldo, seperti jumlah minimal setoran awal dan juga saldo minimal yang mesti ada di ATM.

Contohnya, ada bank yang mensyaratkan setoran awal tertentu, misalnya 500 ribu, adapula yang kurang dari itu, bahkan tanpa setoran awal.

Atau syarat jumlah saldo minimal di rekening, misalnya Rp50.000. Jadi kalau uangmu 75.000, nggak bisa diambil atau dipakai lebih dari Rp25.000.

atm

3. Fasilitas Bank VS Kebutuhanmu

Kebutuhan tiap orang berbeda, termasuk dirimu. Ada orang yang mau serba praktis dan digital. Ia akan membutuhkan bank dengan aplikasi mobile banking serta online banking, sehingga kamu bisa bertransaksi, membayar tagihan, atau mengecek saldo hanya lewat hapemu.

Ada juga yang membutuhkan waktu operasional bank yang panjang hingga hari Sabtu, fasilitas setor tunai di ATM, atau layanan lainnya. Jadi kamu perlu mengecek apakah fasilitas yang ditawarkan bank tersebut sesuai dengan yang kamu inginkan

4. Akses pembayaran di berbagai tempat

Kamu juga bisa mencari tahu sejauh mana kemudahan transaksi dari bank tersebut.

Apakah kartu debitnya bisa dipakai bertransaksi di hampir semua tempat makan, mal, supermarket, minimarket, dan lainnya.

Trus, apakah bank tersebut menfasilitasi berbagai pembayaran sehari-hari, seperti tagihan internet, listrik, e-commerce hingga membeli pulsa. Bahkan ada juga bank yang melayani kebutuhan nasabah hingga transaksi di luar negeri.

Seperti poin sebelumnya, akses transaksi perlu kamu cek dan sesuaikan dengan kebutuhanmu.

5. Biaya Ini Itu

Nah, ini juga merupakan pertimbangan penting, karena  berkaitan dengan uang yang mesti dikeluarkan secara rutin.

Di antaranya adalah biaya administrasi per bulan, biaya transfer ke rekening lain, biaya membeli pulsa, biaya pembayaran ke rekening virtual, biaya pengisian e-wallet, dan lain sebagainya.

Kamu bisa menghitung dan membandingkan biaya dari tiap bank, hingga menemukan yang paling pas. Tentunya dengan juga mempertimbangkan keempat faktor lainnya, ya.

Promo Diskon Bank?

Gimana dengan berbagai diskon yang ditawarkan suatu bank bagi nasabahnya untuk bertransaksi di resto, aplikasi online, toko buku, dan lainnya?

Tentu saja promosi tersebut menarik. Tapi nggak cukup kuat untuk `dijadikan pertimbangan utama dalam memilih bank.

Kenapa?

Karena umumnya promosi tersebut berlaku sementara. Misalnya sekarang promosi, belum tentu tahun depan atau bahkan bulan depan promosinya masih ada.

***

Di bank manapun kamu menabung, tidak perlu khawatir uangmu hilang seandainya bank tersebut dicabut izin usahanya atau bangkrut karena, ada LPS yang menjamin simpananmu di bank hingga Rp2 Miliar per nasabah per bank.

LPS merupakan Lembaga Penjamin Simpanan yang diamanahkan untuk menjaga dan menjamin uang nasabah di bank melalui Undang-Undang Nomor 24 tahun 2004.

Yuk, jadi generasi yang gemar menabung!

(Sumber gambar: Pexels)

LATEST COMMENT
Helena Chirsty | 2 jam yang lalu

sekedar saran dan sepengetahuan saya dari teman sih, biasanya kalau udah kuliah ( preklinik ) baru ketahuan minat dan kemampuannya nya ke arahmana, baru nentuin mau ambil spesialis apa.soalnya kan mata kuliahnya beda - beda , ada patologi klinik , forensik , anatomi ,reproduksi, kardiovaskuler,…

Kamu Nggak Cocok Ambil Prodi Kedokteran dan Jadi Dokter, Kalau…
Septi Alma Kurnia | 5 jam yang lalu

Kapan tanggal pendaftaran tahun 2021

Serba-Serbi Informasi mengenai PMB Mandiri ISI Yogyakarta 2019
Septi Alma Kurnia | 5 jam yang lalu

Doain saya ya supaya bisa diterima di ISI yogyakarta aamiin, saya harap kalian yang membaca ini bisa ikut men -aamiin kan hehe,makasi.

SNMPTN 2021 Universitas Indonesia: Keketatan Persaingan Prodi UI di SNMPTN 2020 dan Lainnya
Septi Alma Kurnia | 5 jam yang lalu

Doain saya ya gais,semoga di terima di ISI yogyakarta,saya sangat terima kasih apabila kalian yang membaca kalimat ini dan mengaminkannya,sekian makasi.

21 Pola Pikir Pelajar yang Perlu Diubah
Desy Damayanti | 2 hari yang lalu

Terima kasih kak, artikelnya sangat membantu, sukses selalu.

Materi UTBK SBMPTN 2021: Ada TPS dan TKA
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1