5 Tips Buat Kamu yang Sedang Memperluas Jaringan Sosialmu

Tahukah kamu apa itu jaringan sosial? Well, jangan inget jaringan internet, ya, gaes, dan jangan kamu ingat akan jaringan pertemanan yang ada di Facebook maupun Instagram. Sebenarnya, jaringan sosial, jaringan internet dan jaringan pertemanan di media sosial merupakan hal-hal yang berbeda.

Saya yakin betul, nih, pasti kamu yang merupakan mahasiswa Jurusan Sosiologi, Jurusan Ilmu Politik dan Jurusan Antropologi, sudah nggak asing lagi dengan frasa "jaringan sosial". Nah, buat kamu yang belum tahu apa itu jaringan sosial, frasa ini berarti suatu keadaan struktur sosial yang terbentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti teman, kesamaan latar belakang seperi sekolah, kampung dan sebagainya, keturunan dan masih banyak lagi.

Masih bingung? Well, mudahnya, jaringan sosial adalah jaringan yang terbentuk dari satu orang ke orang lainnya karena orang-orang ini saling mengenal satu dengan yang lainnya. Misalnya, kamu punya teman kuliah, ternyata teman kuliahmu kenal dengan teman SMP-mu karena mereka satu sekolah saat SD. Nggak disangka-sangka, ternyata teman SMP-mu kenal dengan saudaramu karena mereka pernah satu tempat les dan seterusnya. Yap! Contoh di atas ialah contoh dari jaringan sosial.

Jaringan sosial merupakan suatu hal yang baik untuk kamu miliki dan kembangkan, lho. Perlu kamu ketahui, jaringan sosial ini dapat mempermudah kamu untuk mencapai tujuanmu. Hmm... Gimana, sih, caranya untuk mengembangkan jaringan sosial kita? Penasaran? Cek dulu artikel yang satu ini!

1. Menjadi pribadi yang lebih terbuka dan friendly

ramah

Nah, hal pertama yang harus banget kamu miliki ialah sifat terbuka dan juga friendly. Maksud terbuka disini ialah kamu harus bisa dan mau berteman dengan siapa saja. Kamu nggak perlu memandang orang ini pemalas, orang ini rajin dan sebagainya. Namun, ketika kamu memiliki sifat yang terbuka untuk berteman dengan siapa saja, bukan berarti kamu pun mengikuti semua hal dari temanmu, ya. Meskipun kamu terbuka oleh semua orang, namun, kamu harus memilikinfilter untuk menyaring mana yang harus kamu ikuti dan mana yang nggak. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan banyak feedback untuk mengembangkan dirimu.

Nah, kalau kamu terbuka, sudah pasti kamu akan lebih friendly alias lebih ramah kepada banyak orang. Well, buat apa terbuka dengan banyak orang tapi nggak ramah. Yang ada orang-orang tersebut enggan untuk berbincang-bincang denganmu. Nah, kedua hal ini menjadi hal yang penting untuk kamu miliki, ya, gaes. Kalau kamu merasa bahwa kamu belum memiliki kedua hal ini, cobalah sedikit demi sedikit untuk belajar, ya.

2. Nggak menolak ajakan untuk pergi ke rumah saudara

Saya yakin banget, nih, pasti banyak dari kamu yang malesnya minta ampun ketika diajak ke rumah saudara. Pokoknya, banyak banget, deh, alasan yang digunakan agar kamu nggak usah ikut ke rumah saudara. Mulai dari alasan sakit, mau jalan bersama teman-teman hingga ke alasan yang mungkin nggak logis.

Nah, kalau kamu sering banget melakuakn hal ini, kamu perlu banget, nih, gaes, untuk mengurangi kebiasaan ini. Kenapa begitu? Well, masih ingat kan kalau jaringan sosial itu merupakan jalinan pertemanan dari berbagai aspek? Yap, saudaramu termasuk ke dalam jaringanmu. Daripada malas-malas, mending dari sekarang, yuk, ikut orangtuamu untuk pergi ke rumah saudaramu. Dengan berkunjung ke saudaramu, kamu pastinya akan mendapatkan berbagai informasi-indformasi tertentu, nih, gaes.

3. Nggak memilih untuk diam di kamar ketika ada tamu

Hayo... Siapa disini yang suka diam di kamar dan pura-pura bahwa kamu tidur atau lagi nggak ada di kamar ketika tamu datang ke rumahmu? Well, dulu saya juga sering melakukan hal tersebut, gaes. Tapi tahu kah kamu? Tamu yang datang ke rumahmu termasuk jaringan sosialmu, lho, meskipun tamu tersebut ialah tamu ibumu, ayahmu atau kakak dan adikmu.

Terus, kalau ada tamu, hal apa ya yang bisa kamu lakukan? Well, seenggaknya kamu jangan di kamar terus, gaes. Keluar lah dari kamarmu, menyuguhkan minuman atau makanan atau aktivitas menjamu lainnya. Kalau kamu diajak untuk berbincang bersama-sama, jangan ditolak, gaes. Siapa tahu dengan ikut berbincang-bincang, kamu jadi tahu informasi baru yang sebelumnya pernah kamu dengar.

4. Mengikuti berbagai organisasi atau kegiatan karang taruna

Kalaunkamu memiliki waktu yang senggang, isilah waktu senggangmu dengan turut aktif di suatu organisasi atau karang taruna. Di kegiatan tersebut kamu akan belajar banyak hal, gaes, mulai dari belajar berkomunikasi, belajar berdiskusi yang baik dan benar, belajar untuk bekerjasama dan sebagainya.

Selain itu, seperti yang kita tahu, yang namanya organisasinataupun karang taruna terdiri dari anggota-anggota yang beragam. Ada yang berumur sembilan belas tahun, dua puluh tahun, bahkan ada yang berumur lebih dari dua puluh tiga tahun. Nah, karena umur yang berbeda-beda, maka latar belakangnya pun berbeda-beda, nih, gaes. Ada yang bersekolah, ada yang berkuliah, ada yang sudah bekerja dan sebagainya.

Dengan begitu, kamu akan mendapatkan banyak pengalaman bekerjasama dengan orang yang memiliki latar belakang yang berbeda, sharing informasi, sharing pengetahuan-pengetahuan baru dan sebagainya. Pokoknya, dengan mengikuti karang taruna atau organisasi, jaringan sosialmu akan berkembang dengan luas.

5. Nggak menolak kesempatan untuk mengikuti lomba

kompetisi

Hal ini merupakan salah satu hal yang wajib banget untuk kamu lakukan. Dulu, ketika saya kuliah, saya sering sekali menolak lomba-lomba yang ditawarkan baik itu oleh teman maupun dosen. Alasan saya adalah saya takut kalah dan saya takut nggak bisa. Saya baru menyadari bahwa hal tersebut adalah kesalahan yang amat besar. Yap, kesalahan saya adalah mengikuti pikiran-pikiran yang belum tentu terjadi dan membuang pengalaman yang nggak akan mengecewakan.

Nah, maka dari itu, gaes, kalau kamu ditawari untuk mengikuti suatu lomba, jangan langsung ditolak. Jangan merasa takut ini dan itu. Sesungguhnya, ketika kamu mengikuti lomba kamu akan mendapatkan banyak hal. Menang adalah bonus. Hal yang kamu dapatkan ketika kamu mengikuti lomba diantaranya adalah mendapatkan banyak teman baru dari berbagai sekolah atau universitas. Lagi-lagi, kamu bisa mengembangkan jaringan sosialmu.

***

Well, meluaskan jaringan sosial merupakan suatu hal yang mudah, kok, gaes, namun, semuanya kembali lagi kepada dirimu sendiri. Kalau kamu masih tertutup, enggan berbincang-bincang dengan orang baru dan sebagainya, maka, jaringan sosial yang kamu miliki hanya segitu-gitu saja dan nggak akan ada perubahan.

Jaringan sosial itu penting banget, lho, gaes. Dengan jaringan sosial yang luas, maka, kamu akan mendapatkan berbagai informasi yang lebih beragam dibandingkan jika kamu hanya memiliki jaringan sosial yang segitu-segitu saja. Setelah kamu lulus dari kuliah, kamu pun akan banyak mendapatkan referensi pekerjaan. Nah, setelah saya sudah membagikan tips-tips untuk memperluas jaringan sosialmu, apakah kamu mau mencoba salah satu tips di atas, gaes? Semangat!

Baca juga:

(sumber gambar: blogpipelinesdeals.com, monash.vic.gov.au, us.dithcthelabel.org)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Rio priyatna Rio | 7 hari yang lalu

Wajib diperbaiki dan konfirmasi ke dosen pengampu bersangkutan

Serba-Serbi IP, IPK, dan Sistem Nilai di Perguruan Tinggi
vegas4D | 1 bulan yang lalu

Raih Kemenangan Besar di Vegas4D. daftar vegas4d vegas 4d https://vegas4d.xyz/ https://vegas4d.store/

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
syakila putri | 3 bulan yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 3 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1