Bedah Business School BINUS UNIVERSITY: Prodi Apa yang Cocok Untukmu?

BINUS UNIVERSITY merupakan salah satu kampus di Indonesia yang masuk dalam daftar World University Rankings 2022. Di antara berbagai prodi yang ditawarkan di BINUS UNIVERSITY terdapat Business School yang tepat untuk kamu yang ingin belajar bisnis. Lulusan semua jurusan SMA/sederajat bisa mendaftarkan diri. Dari 7 prodi yang ditawarkan, prodi apa yang kira-kira cocok untukmu?

Jawab dulu pertanyaan berikut ini.

1. Tempat kuliah yang kamu inginkan…

a. Di mana saja

b. Jakarta dan sekitarnya

c. Bandung dan sekitarnya

d. Malang dan sekitaranya

e. Di kampus yang memiliki prestasi

f. Kampus dengan Gedung yang nyaman dan fasilitas memadai

g. Di ibukota

2. Setelah lulus kamu ingin bekerja sebagai…

a. Buka usaha sendiri, konsultan manajemen, konsultan bisnis, manajer, wirausaha

b. Bagian pengembangan bisnis, konsultan bisnis, analis bisnis, analis keuangan, HRD, pengembang e-commerce

c. mendirikan usaha kreatif, konsultan bisnis, analis bisnis, perencana bisnis, spesialis e-Commerce, sociopreneur

d. Business Developer, intrapreneur, business planner, small business consultant

e. Entrepreneur, Intrapreneur, Business Developer, Business Planner, Small Business Consultant 

f. Bekerja di perusahaan multinasional, bagian ekspor impor, International Business Analyst,

 g. Global Marketing Manager, Global Brand Strategist, Product Strategist, Global Marketing Researcher

3. Paling tertarik untuk mempelajari…

a. Financial Management, Legal Aspect in Business, Multinational Corporation Management, Business Communication, Business Economics, Business Ethics

b. Retail and Merchandising, Global Human Resources Management, Operational Management, Business Statistic

c.  Innovative Product Design and Development, Social Innovation, Startup Fundraising, Business Risk Analysis, Entrepreneurship in Creative Industries

d. Business Plan, Entrepreneurial Strategy, Entrepreneurship and Culture, Creative Engagement Strategy

e. Digital Business Transformation, Business Plan, Multinational Corporation Management, Research Methodology, Managing Growing Business

f. Export-Import Management, Multinational Corporation Management, Corporate Strategy in International Business

g. Financial Management,Multinational Corporation Management, Customer Relationship Management, Entrepreneurship: Market Validation, Branding & Omnichannel Retailing

Cek Jawabanmu dan cocokkan dengan prodi

Dari jawaban ini, kamu punya kecenderungan untuk masuk prodi berikut. Ini hanya sebagai gambaran. Sebab yang bisa menentukan prodi yang tepat adalah dirimu sendiri, dengan memerhatikan penjelasan tiap prodi berikut ini.

1. Management

Jawaban kebanyakan: A

Selama bertahun-tahun Management termasuk prodi rumpun soshum yang paling diminati calon mahasiswa. Pengetahuan dan keahlian manajemen sendiri dibutuhkan oleh berbagai perusahaan dan berpengaruh untuk pengembangan usaha.

Nah, prodi Manajemen di BINUS University disusun agar bisa mengikuti perkembangan zaman dan berbasis ICT (Information and Communication Technology). Lulusannya diharapkan dapat mengembangkan dan mengatur bisnis, menerapkan aplikasi teknologi informasi pada bisnis, memahami dan mampu menjalani bisnis digital, dapat mengoptimalkan kemampuaan dan kapasitas organisasi serta sumber daya di dalamnya. Ada 3 pilihan studi mendalam yakni E-Business, Development Management dan Business and Organization.

Contoh Mata kuliah: Financial Management, Legal Aspect in Business, Multinational Corporation Management, Business Communication, Business Economics,

Peluang Karier: Konsultan manajemen, konsultan bisnis, manajer, wirausaha

2. Business Management

Jawaban kebanyakan: B

Prodi ini mempelajari ilmu manajemen dan juga kewirausahaan, namun dengan fokus pada servis dan rantai pasokan produk. Sebab kedua hal tersebut menjadi penting di era globalisasi dan perkembangan teknologi.

Kurikulum studi Business Management mencakup 70 persen belajar teori di perkuliahan dalam kelas dan 30 persen praktik. Hal yang dipelajari 80 persen adalah mengenai manajemen, creative thinking, pola pikir global, serta kemampuan dan etika kewirausahaan. Sementara 20 persennya lagi mempelajari materi yang lebih spesifik, yakni pelayanan online dan manajemen pengadaan barang.  

Untuk memformulasikan kurikulum ini, BINUS University bekerja sama dengan Kuhne Foundation, Swiss and HAN University, Belanda.

Contoh Mata kuliah: Retail and Merchandising, Global Human Resources Management, Operational Management, Business Statistic, Managing Entrepreneurial Organization and Leadership, E-Business, Global Supply Chain Management, Change Management, dan Managerial Accounting

Peluang karier: Bagian pengembangan bisnis, konsultan bisnis, analis bisnis, analis keuangan, HRD, pengembang e-commerce, bagian pembelian, perencana bisnis, bagian operasi, wirausaha.

3. Creativepreneurship (di BINUS UNIVERSITY Bandung)

Jawaban kebanyakan: C

Kita tahu banget bahwa ekonomi kreatif sedang berkembang pesat di Indonesia. Karena sumber utamanya adalah kreativitas, maka  bisa dibilang industri ini nggak akan mengalami kekurangan “bahan baku”. Industri kreatif juga dinamis dan mudah beradaptasi sesuai perkembangan teknologi dan budaya.

Prodi Creativepreneur mempelajari mengenai usaha berbasis kreativitas. Mahasiswa dibekali dengan materi yang mendukung pengembangan usaha kreatif. Lulusannya memiliki keahlian merancang suatu usaha kreatif, yang tidak hanya menghasilkan keuntungan, namun juga membawa dampak positif.

Di bangku kuliah, selain dibekali dengan teori, mahasiswa juga belajar lewat kegiatan praktik di seperti coaching, presentasi di depan investor, dan sebagainya.

Contoh mata kuliah: Design Thinking for Business and Innovation, Business Analytics and Intelligence, Innovative Product Design and Development, Social Innovation, Startup Fundraising, Business Risk Analysis, Entrepreneurship in Creative Industries, Technopreneurship, New Venture Creation, Digital Marketing, Omnichannel Retailing, Managing Digital Firm.

Peluang karier: mendirikan usaha kreatif, konsultan bisnis, analis bisnis, perencana bisnis, spesialis e-Commerce, sociopreneur, technopreneur, dan lainnya,

4, Enterpreneurship Business Creation (di BINUS UNIVERSITY Malang)

Jawaban kebanyakan: D

Inilah prodi yang mempelajari bagaimana menemukan ide dan peluang bisnis serta mengembangkan bisnisnya sehingga bisa bersaing secara global. Pengetahuan dan kemampuan analisa kompetitor dan pasar juga dipelajari di sini. Selain itu, diperlukan juga pengetahuan mengenai risiko bisnis.

Dalam perkuliahan, mahasiswa akan diminta merumuskan model dan rencana bisnis. Kemudian, membuat dan menjalankan usaha rintisan mereka sendiri.  Jadi bisa belajar sambil bikin bisnis.

Contoh Mata kuliah: Disruptive Strategy & Innovation, Consumer Behavior, Innovative Product Design and Development, Business Risk Analysis, Business Plan, Entrepreneurial Strategy, Entrepreneurship and Culture, Creative Engagement Strategy

Peluang karier: Business Developer, Intrapreneur, Business Planner, Small Business Consultant

5. Business Creation

Jawaban kebanyakan: E

Hampir sama dengan penjelasan di poin 4, prodi ini bertujuan menghasilkan wirausaha yang kreatif dan inovatif. Perkuliahan dibawakan oleh akademisi yang ahli di bidangnya serta para praktisi atau para pengusaha yang sukses dengan bisnisnya. Mahasiswa pun bisa berkonsultasi dengan pengajar yang juga merupakan praktisi wirausaha.

Teori dan praktik cukup seimbang di prodi Business Creation. Di tahun ketiga perkuliahan, mahasiswa bisa mulai mengembangkan bisnisnya sendiri.

Contoh mata kuliah: Digital Business Transformation, Business Plan, Multinational Corporation Management, Research Methodology, Managing Growing Business

Peluang karier: Entrepreneur, Intrapreneur, Business Developer, Business Planner, Small Business Consultant  

6. International Business Management

Jawaban kebanyakan: F

Banyak sekali perubahan terkait bisnis di seluruh dunia, mulai dari kemajuan teknologi yang membuat usaha level global makin mudah hingga situasi pandemi yang membatasi seperti sekarang ini. Nah, prodi International Business Management mempelajari bagaimana mengelola bisnis berskala internasional, termasuk belajar aturan dan strategi untuk memenangkan persaingan.

Di prodi ini siswa bisa memilih apakah akan bekerja sama dengan industri atau fokus untuk mengambangkan usaha mereka sendiri. BINUS UNIVERSITY juga bekerja sama dengan Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI).

Contoh mata kuliah: Managing Business Information, Business Sustainability, Export-Import Management, Multinational Corporation Management, Corporate Strategy in International Business

Peluang karier: International Business Analyst, International Business Credit Analyst, Consultant for Finance and Trade, Foreign Exchange Trader, Import Export Coordinator, Multinational Company Manager

7. Global Business Marketing

Jawaban kebanyakan: G

Tren dan startegi pemasaran terus berkembang dan berubah. Skill dan ilmu pemasaran inilah yang dipelajari di prodi Global Business Marketing. Menurut BINUS UNIVERSITY ada 3 hal yang perlu diperhatikan yaitu pasar yang terus berubah, kreativitas, serta teknologi.

Prodi ini juga mempelajari ilmu marketing baik pemasaran secara online maupun offline. Mahasiswa juga akan belajar mengamati pasar dunia dan menyusun strategi pemasaran global. Ilmu pemasaran seperti marketing research, studi consumer behaviour, dan lain sebagainya, juga dipelajari.

Contoh mata kuliah: Financial Management,Multinational Corporation Management, Customer Relationship Management, Entrepreneurship: Market Validation, Branding & Omnichannel Retailing

Peluang karier: Global Marketing Manager, Global Brand Strategist, Product Strategist, Global Marketing Researcher

(Sumber gambar: Pixabay)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 1 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1