8 Cara Supaya Kamu Terlihat Lebih Pintar dan Meyakinkan Secara Instan

Walaupun yang terpenting adalah smart beneran (dan bukan yang terkesan dari luar), di situasi tertentu kamu memang dituntut untuk kelihatan cerdas dan meyakinkan. Misalnya, saat interview untuk beasiswa atau pekerjaan, menyampaikan presentasi, berdebat, sampai ketemu calon mertua. #Eh!

So, let your inner brightness shine, instantly!

1. Penampilan yang rapi nan sleek, tapi tetap simpel. Istilahnya kerennya, dress smart. Bagi yang cewek jangan menor, dan  yang cowok jangan kebanyakan gel rambut.

2. Pakai kacamata. Hasil penelitian yang ditempilkan dalam jurnal online The Jury Expert menyebutkan bahwa orang yang memakai kacamata baca dianggap lebih cerdas daripada yang nggak.  

3. Berbicara dengan cukup cepat, tapi nggak terburu-buru dan jelas. Perhatikan deh, pembawa berita/presenter di televisi. Gaya berbicara mereka nggak lambat, namun tetap jelas per kata dan tanpa jeda, seperti “Mmmm…” “Aaaa…”.

Kecepatan dan cara bicara yang kayak begitu yang bakal bikin seseorang terkesan meyakinkan dan smart.

4. Menggunakan bahasa formal dan kosa kata luas. Saat kamu memakai bahasa formal, kamu akan satu level kelihatan lebih cerdas. Tapi nggak perlu kaku banget kali, ya. Sesuaikan aja dengan audiens, lawan bicara, serta situasinya.

Pilihan kosa kata yang luas dan tepat (jangan pakai istilah statusisasi, terstabilisasi, atau, kontroversi hati, please) juga bisa bikin kamu terlihat pintar. Hindari menggunakan kata/istilah yang sama berulang kali.

5. Fokus di hal yang kamu mengerti. Kalau emang kamu nggak mengerti persoalannya, nggak perlu membahas panjang lebar. Fokuskan aja di pembicaraan yang kamu kuasai.

6. Ekspresif saat berbicara, dan beri penekanan pada poin penting yang kamu sampaikan. Tapi ekspresinya, nggak usah terlalu lebay dengan tangan menunjuk-nunjuk kayak abege lagi ngerap, sob!

7. Arahkan pandangan ke lawan bicara atau ke audiens saat menyampaikan sesuatu. Jangan menunduk, apalagi kedap-kedip centil. Eaaak!

8. Kuasai bahasa asing. Berbicara dengan bahasa Inggris, bahasa Prancis atau bahasa asing lainnya dengan fasih juga bikin kamu kelihatan semakin pintar.

(sumber gambar: believelabs.com)

 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 28 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1