8 Tips Sehat untuk Kamu yang Tinggal di Kostan!

Ketika kamu pergi jauh dari keluarga untuk belajar ke tanah perantauan, hal pertama yang pasti ada dipikiranmu ialah sendiri. Yap, kamu akan pergi ke tanah perantauan sendiri dan tinggal sendiri di tempat yang bernama kostan. Sebagai anak kost, pastinya, kamu hidup mandiri karena kamu melakukan segala sesuatunya sendiri seperti mencuci pakaianmu, membuat atau membeli makan, mengatur keuangan dan sebagainya.

Nah, karena nggak ada yang mengaturmu, terkadang kamu akan melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Misalnya, kalau lagi malas beli atau masak makanan, kamu lebih memilih makan mie instan karena mudah dibuat dan nggak membutuhkan waktu yang lama. Karena kamu sedang banyak tugas, akhirnya, kamu jarang mandi dan lebih sering bergadang. Karena kegiatan yang penuh, akhirnya, kamu sering melewati jam makanmu.

Duh, kayaknya nggak sehat banget, ya, gaes? Hmm... Perlu kamu ingat, nih, gaes, meskipun kamu hidup sendiri dan nggak ada yang mengaturmu, akan tetapi, kamu harus hidup teratur demi tubuh yang sehat, ya! Kamu nggak perlu nge-gym atau beli makanan sdhat yang mahal-mahal, kok, kalau mau hidup sehat. Coba, deh, kamu ikuti beberapa hal berikut ini untuk hidup yang lebih sehat!

1. Pergi ke kampus dengan jalan kaki atau menggunakan sepeda

Kalau jarak antara kampusmu dan kostanmu nggak terlalu jauh, kamu bisa, kok, jalan menggunakan sepeda ataupun jalan kaki. Dengan begitu, selain mengirit ongkos bensin atau transportasi lainnya, kamu pun bisa berolahraga, kan, meskipun sebentar.

Nggak cuma berolahraga, kamu pun jadi lebih lama terpapar sinar matahari pagi yang kaya akan kadungan vitamin D yang baik untuk tulangmu. Nah, kalau siang hari kamu masih ingin pulang dengan sepeda atau jalan kaki, jangan lupa selalu kenakan topi, ya! Oh iya, baik itu pagi maupun sore, kamu perlu banget menggunakan sunblock, ya, agar kamu nggak terpapar sinar UV dari matahari.

2. Kurang-kurangi jajan di luar

Nah, banyak teman kostan saya yang sering terkena penyakit gangguan pencernaan seperti diare karena sering makan atau jajan di luar. Mau bagaimana pun, kita nggak pernah tahu bagaimana cara seseorang memasak makanan atau jajanan tersebut. Maka dari itu, kita pun nggak tahu, nih, apakah makanan tersebut higenis atau nggak.

Memang sih, makanan di luar terkadang lebih menggoda dibandingkan masakan sendiri. Selain itu, dengan membeli makanan di luar, terasa lebih praktis daripada membuat makanan sendiri. Akan tetapi, menurut saya, akan lebih baik jika kamu membuat makananmu sendiri.

3. Masaklah makananmu sendiri

Yes, menyetok bahan makanan seperti ayam goreng yang tinggal dimasak, sayur-sayuran untuk dua hari, beras dan sebagainya memanglah penting! Memasak makananmu sendiri memanglah cukup merepotkan, akan tetapi, ada baiknya, nih, kalau kamu memasak makananmu sendiri.

Memang pentingnya memasak makanan sendiri, tuh, apa, sih? Yep, dengan memasak makananmu sendiri, jauh lebih higenis jika dibandingkan kalau kamu membeli makananmu di luar. Belum lagi pengeluaran bulanan yang bisa kamu tekan jika kamu memasak makananmu sendiri, hehe. Sudah sehat, hemat lagi. Siapa coba yang nggak mau? Iya, kan, gaes? Hehe.

4. Jangan begadang

Kalo kata Rhoma Irama, janganlah kamu begadang kalau tiada artinya. Hmm... Lagu ini nggak cuma sebuah lagu, sih, gaes, melainkan ada poin-poin yang bisa kamu ambil. Kalau nggak ada yang perlu kamu kerjakan buat apa kamu begadang? Kalau kamu bisa mengerjakan tugasmu di siang hari, kenapa harus begadang untuk mengerjakan tugasmu?

Intinya, kalau bisa, jangan sampai kamu begadang, ya, gaes. Karena tugas yang banyak, mata kuliah yang padat dan aktivitas luar kampus yang penuh, kamu harus mengistirahatkan dirimu secukup mungkin. Paling tidak, kamu harus istirahat sebanyak 6 hingga 8 jam pada malam hari. Kalau kamu begadang terus, nanti yang ada, kamu malah sakit lagi.

5. Meskipun masuk siang, sempatkan diri untuk menghirup udara pagi

Nah, jangan tidur sampai siang melulu, ya, gaes. Meskipun kamu sedang libur atau dosen pagimu sedang nggak masuk, kamu tetap bangun pagi, ya. Bangun pagi disini bukan berarti buat nonton film dari pagi sampai malam, ya, gaes. Justru, kamu harus berolahraga sehingga kamu dapat menghirup udara pagi dan juga sinar matahari pagi yang bagus untuk tubuh.

Kalau kamu malas berolahraga, paling tidak cuci baju dan menjemur baju di luar kamar kostanmu pun dapat membuatmu terpapar oleh sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi dan udara pagi merupakan suatu hal yang baik untuk tubuhmu, lho.

6. Jaga kebersihan pakaian dan tubuh

Nah! Buat kamu yang jarang mandi dan jarang ganti baju, mulai dari sekarang, yuk, jaga kebersihan pakaian dan tubuhmu! Kalau kamu jarang mandi dan jarang mengganti pakaian, yang ada, kuman-kuman menumpuk semua di tubuhmu, lho. Kuman-kuman yang ada di baju dan tubuhmu dapat membuatmu sakit, gaes. Nggak mau, kan, lagi sibuk-sibuknya kuliah dan berorganisasi tetapi tiba-tiba kamu sakit karena jarang mandi dan jarang ganti baju?

7. Jaga kebersihan kamar kostan

Nah, yang satu ini juga penting, nih, gaes. Selalu jaga kebersihan kamar kostanmu, ya! Kalau waktu libur, biarkan pintu kamar kostanmu terbuka agar udara di kamar kostanmu dapat bersirkulasi. Selain itu, selalu sapu dan pel kamar kostanmu paling tidak tiga hari sekali agar kamar kostanmu terlihat bersih dan tentunya wangi. Kalau seperti itu, pastinya, kamu dapat tidur dengan nyaman, dong?

8. Jangan pernah lewatkan jam makan

Terakhir dan yang paling penting! Jangan pernah lewatkan jam makan pagi, siang dan malam, ya, gaes. Sesibuk apapun kamu, kamu perlu banget makan dengan teratur. Kalau kamu nggak makan dengan teratur, yang ada kamu akan sakit dan semua tugas kuliah dan organisasi jadi menumpuk di kemudian hari. Nggak mau kayak gini, kan, gaes?

***

Yap! Itulah kedelapan tips hidup sehat bagi anak kostan! Hidup sehat itu nggak perlu yang mahal-mahal, kok, akan tetapi, untuk hidup sehat dibutuhkan kekonsistenan yang baik. Kalau kamu melakukan kedelapan hal di atas secara konsisten, saya yakin, pasti kamu akan terhindar dari berbagai penyakit. Aktivitasmu yang banyak dan padat tentunya membutuhkan tubuh yang sehat, kan? Maka dari itu, yuk, biasakan untuk melakukan kedelapan hal di atas untuk tubuh yang sehat!

Baca juga:

Belajar dari Kisah Mahasiswi yang Tewas di Kostan dan Tips Supaya Kamu Lebih Menjaga Keamanan

7 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Memutuskan Untuk Ngekost Bareng Teman

Kehidupan Sehari-Hari Anak Kostan VS Anak Rumahan

(Sumber gambar: blog.sewakost.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
vegas4D | 15 hari yang lalu

Raih Kemenangan Besar di Vegas4D. daftar vegas4d vegas 4d https://vegas4d.xyz/ https://vegas4d.store/

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
syakila putri | 2 bulan yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 2 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 3 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 4 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1