Ide Hiasan Dinding Kamar Estetik, Fungsional, dan Murah Meriah

Salah satu cara menghilangkan rasa jenuh di rumah adalah dengan membuat tampilan dinding kamar jadi berbeda: estetik sekaligus fungsional. Mengecat ulang atau pasang wallpaper sama sekali nggak mudah dan juga nggak murah. Lantas, apa ide simpel yang bisa kamu lakukan untuk menghias dinding kamar?

1. Memajang banyak frame

pajangan frame kamar

Susun frame pada dinding kamar. Isinya bisa foto dirimu dan orang terdekat atau ilustrasi/gambar yang disukai.  Frame fotonya bisa dengan ukuran dan bentuk yang sama ataupun berbeda-beda. Kuncinya adalah proporsi yang seimbang antara sisi kanan dan kiri serta kesamaan jarak antar frame.

2. Rak yang menempel di dinding

Maksimalkan fungsi dinding dengan rak untuk menaruh buku atau barang lainnya. Trik ini berguna banget terutama jika kamarmu nggak terlalu besar. Selain menghias dinding, barang yang ditempatkan pada rak menjadi lebih teratur dan gampang dijangkau. Tinggal sesuaikan saja letak rak, agar mudah menaruh dan mengambil barang.

3. Cermin

cermin

Tentu saja fungsi utamanya adalah untuk bercermin, jadi pilih cermin dengan kualitas pantulan yang baik dan sesuai. Jangan yang memberikan efek lebih kecil ataupun ilusi lainnya. Cermin juga memberikan kesan ruangan terlihat lebih luas. Nah, tinggal sesuaikan material dan bentuk cermin dengan nuansa kamar dan mood yang ingin diangkat.

4. Planner/Kalender/mood board

Koleksi kalender plus planner/mood board untuk dinding kini hadir dalam beragam bentuk yang kece. Ini memudahkanmu untuk memasukkan dan melihat jadwal keseharian, janji, serta to-do-list lainnya. Kalau rajin, kamu bisa buat sendiri alias DIY dengan ngeprint, menggunting, serta menempel. Bisa pula menggunakan papan.

5. Cantolan/Kaitan untuk menggantung

cantolan di kamar

Ini semacam gantungan serbaguna yang menempel di dinding. Bisa dipakai untuk menggantung tas, name tag, jaket, serta benda bertali lainnya. Barang-barangmu jadi nggak berserakan di kamar.

6. Hasil karya kamu

hasil karya

Suka merajut, melukis, menjahit, bikin prakarya, atau semacamnya? Tempel atau gantungkan di dinding kamar. Fungsinya sih kebanyakan hanya untuk menghias aja. Tapi dengan memajangnya kamu akan lebih bersemangat untuk terus berkarya.

7. Quotes inspiratif

quote hiasan dinding

Sekarang banyak banget pajangan dan hiasan dinding bertuliskan kata-kata yang memotivasi dan menginspirasi. Dengan menempelkannya pada dinding kamar, semangat kata-kata tersebut bisa makin kamu rasakan.

8. Wall sticker

Stiker khusus tembok akan bikin sudut kamarmu terlihat berbeda dengan cara yang instan. Lebih ke arah estetik alias untuk tampilan. Tapi wall sticker tersebut oke juga dipakai untuk spot berfoto.  

9. Lampu

lampu

Hias kamar dengan deretan lampu yang menempel pada dinding. Pasti akan terlihat outstanding. Bisa juga lampu LED berbentuk huruf, kata, ataupun bentuk lainnya.

10. Grid wire/wall grid

Semacam besi atau kawat tebal berbentuk kotak atau garis yang biasanya diletakkan pada dinding meja belajar. Di situ kamu bisa menjepit/mencantol berbagai hal, mulai dari foto, postcard, hingga notes. Ada juga grid wire yang dilengkapi semacam rak/kotak kecil untuk menaruh barang.

11. Jam

jam

Tentu fungsinya adalah penunjuk waktu. Dari segi tampilan, banyak jam dinding dengan desain yang seru.

***

Tip Menghias Dinding Kamar

* Kamu bisa berburu hiasan dinding di toko online yang da di market place, instagram, dan lainnya. Bisa juga memafaatkan barang yang sudah tidak terpakai di rumah atau berkreasi DIY.

* Nggak perlu menghias seluruh sisi dinding. Satu sisi saja sudah bikin tampilan yang berbeda.

* Beberapa ide di atas bisa diterapkan di kamarmu atau dipadukan. Sesuaikan saja, biar tidak terlihat terlalu penuh/rame sehingga kamu pusing melihatnya.

* Untuk pemilihan warna, bentuk, dan gaya sesuaikan dengan selera dan konsep desain kamarmu.

* Hiasan dinding yang kece sekaligus bermanfaat memang sangat bagus. Adapula beberapa ide hiasan yang kelihatannya nggak fungsional. Tapi bisa jadi hiasan tersebut memiliki manfaat lain yang lebih emosional. Misalnya, bikin mood kamu jadi lebih baik, memotivasi kamu buat semangat belajar, atau bikin kamarmu makin terasa nyaman.

* Selain warna dan bentuk, perhatikan pula material hiasan dinding. Kamu perlu mengetahui kualitasnya, ketahanannya (apakah bisa untuk menaruh barang yang kamu inginkan?), perawatannya (apakah mudah dibersihkan?), hingga kesesuaiannya dengan kamar (Apakah bahan stenlis/kayu/rotan cocok dengan tatanan kamarmu?)

* Jangan lupa mengecek ukuran hiasan, terutama jika membeli secara online. Supaya tidak terlalu besar/kecil dan berbeda dari ekspekasimu.

So, jangan biarkan dinding kamarmu hampa, sehampa hidupku tanpa dirimu. Ahay!

(sumber gambar: canva, pexels)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 26 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1