Tips Agar Pertemanan Tetap Awet, Walaupun Sudah Pada Lulus Sekolah dan Berpisah

Oleh Ananda Vickry Pratama

Salah satu hal yang pasti sulit untuk kamu tinggalkan setelah lulus dari sekolah adalah teman-teman. Apalagi setelah lulus, kamu frekuensi ngumpul barengnya akan berkurang. Tapi meski sudah berpisah, pertemananmu harus tetap jalan ya, gaes!

Agar pertemananmu tetap awet setelah kelulusan sekolah, yuk, simak beberapa tips di bawah ini!

1. Manfaatkan teknologi untuk menjaga komunikasi

Walau kamu dan teman-temanmu sudah terpisah karena beda sekolah lanjutan atau kampus, kalian tetap bisa rutin berkomunikasi lewat teknologi komunikasi, yang zaman sekarang jenisnya ada banyak banget. Mulai dari telepon, SMS, atau medsos seperti Facebook.

Asalkan kamu konsisten berkomunikasi—meski cuma lewat gadget—pertemananmu akan tetap awet, sob. Aamiin...

2. Sapa dan ajak ngobrol ketika nggak sengaja ketemu

Kalau kamu sedang jalan-jalan atau nongkrong, trus tiba-tiba ketemu teman sekolah lama, jangan lupa sapa, ya! Ajaklah dia ngobrol, meskipun cuma sebentar. Tapi pastikan dia benar-benar teman kamu, bukan orang yang sekedar mirip. Kalau kamu sampai salah tegor, malunya lama!

3. Jangkau teman-temanmu dengan fitur grup chat

Waktu masih sekolah, kamu pasti punya chat group untuk teman-teman sekelas dan teman-teman geng, dong. Nah, setelah kalian lulus dan berpencar, usahakan chat group tersebut tetap aktif, supaya kalau kamu ingin menyampaikan sesuatu ke banyak teman sekaligus, kamu nggak perlu repot nge-chat temanmu satu persatu.

4. Simpan kontak teman-temanmu

Setelah lulus, kadang kita lupa meminta dan menyimpan kontak teman-teman, padahal hal ini penting. Siapa tau nantinya kamu perlu mengontak mereka, atau sekedar kepengen kangen-kangenan aja. Apalagi nggak semua orang bisa dicari kontaknya lewat Google dan medsos.

5. Ucapkan selamat di hari istimewanya

Sekarang, kebanyakan orang mem-post kejadian istimewa yang mereka alami di medsos, termasuk teman-teman kamu, pastinya. Nah, misalnya, lewat medsos, kamu melihat teman kamu merayakan hari istimewanya—seperti hari ulang tahun atau hari jadian, mungkin? #cieee—jangan lupa ucapkan selamat ke dia, ya.

6. Rencanakan untuk kumpul rutin

Sesibuk apapun kamu dan teman-temanmu, kadang-kadang pasti kangen ngumpul juga, dong. Apalagi kalau sudah pada lama nggak ketemu. Nah, buat, deh, jadwal ngumpul rutin. Misalnya, ngumpul setiap libur tahun baru, atau setiap hari Sabtu, sebulan sekali.

7. Datang bersama ke sekolah saat lagi ada perayaan

Tiap tahun, sekolah biasanya mengadakan acara besar, seperti pentas seni atau pekan olahraga. Biasanya, alumni tetap boleh datang (gratis). Jadi kalau kamu dan teman-teman kangen banget ngumpul di sekolahan, silahkan, deh, janjian datang bareng ke sana!

(sumber foto: majalahouch.com, makeuseof.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 28 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1