5 Jurusan Sains Teknologi yang Lulusannya Dicari oleh Perusahaan Minyak dan Gas

Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki Sumber Daya Alam yang melimpah. Nggak hanya kaya akan lautan yang luas dan tanah yang subur. Di bawah lautan dan tanah yang subur itu sendiri terkandung sebuah zat yang sangat diperlukan oleh umat manusia yaitu minyak dan gas.

Sebagai negara yang kaya akan minyak dan gas, sudah nggak aneh jika Indonesia memiliki berbagai perusahaan perminyakan dan gas. Bahkan, perusahaan minyak dan gas ini nggak hanya dari dalam negeri saja, lho, banyak perusahaan perminyakan dan gas dari luar negeri yang mengelola sumber daya minyak dan gas di Indonesia.

Kalau kamu ingin bekerja ke salah satu perusahaan tersebut, hal ini wajar banget, kok, gaes! Selain perusahaan ini selalu membuka lowongan pekerjaan dalam jumlah yang besar, gaji yang ditawarkan pun selalu besar meskipun kamu masuk sebagai pegawai freshgraduate. Memangnya, jurusan apa saja, sih, yang biasanya diminta oleh pihak perusahaan-perusahaan perminyakan dan gas? Penasaran? Cek artikel ini lebih lanjut!

1. Teknik Perminyakan 

Jurusan pertama yang dicari para lulusannya oleh perusahaan perminyakan dan gas ialah para lulusan Jurusan Teknik Perminyakan. Kenapa, sih, kok, lulusan jurusan yang satu ini lebih dicari oleh para perusahaan minyak dan gas? Wah, jelas dong, gaes, jawabannya karena mereka memiliki dasar pengetahuan tentang perminyakan.

Di jurusan ini, para lulusan telah mempelajari banyak hal terkait perminyakan seperti geologi migas, teknik gas bumi, teknik panas bumi, peningkatan perolehan minyak, petrofisika dan sebagainya. Para lulusan pun telah mempelajari dasar dari fisika dan kimia. Fisika dan kimia ini digunakan untuk memperhitungkan segala hal yang berkaitan dengan penambangan minyak dan juga perhitungan unsur-unsur minyak. Buat kamu yang merasa kurang jago di dua pelajaran ini, jangan merasa takut masuk di jurusan ini, karena kenyataannya banyak perusahaan yang menggunakan software dalam perhitungannya.

2. Teknik Industri

teknik industri

Selain Jurusan Tenik Perminyakan, Jurusan Teknik Industri pun nggak kalah penting, lho. Memangnya kenapa, sih, kok Teknik Industri penting? Well, karena Teknik Industri itu sendiri, salah satunya, mempelajari tentang bagaimana sistem manufaktur dapat meningkatkan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem produksi. Nah, minyak mentah yang didapat dari proses pengeboran ini, dapat dikelola oleh para lulusan teknik Industri agar menjadi lebih berkualitas dengan menggunakan sistem produksi yang efisien.

Nah, lebih rincinya, di teknik industri, kamu akan mempelajari tentang fisika dasar, kimia dasar, matematika dasar, material teknik, kalkulus bahkan hingga analisis biaya. Dari ilmu-ilmu yang kamu pelajari ini, kamu bahkan bisa membuat suatu sistem produksi dengan biaya yang relatif murah namun perusahaanmu dapat menghasilkan kualitas minyak yang lebuh baik dari sebelumnya. Wah, ilmunya sangat aplikatif sekali, ya, gaes?

3. Teknik Mesin 

Perlu kamu ketahui, nih, gaes, Teknik Industri merupakan ilmu turunan dari teknik mesin, lho. Kalau di Teknik Industri kamu mempelajari bagaimana caranya untuk membuat suatu sistem yang efisien dan produktif, pada Teknik Mesin, kamu mempelajari tentang prinsip-prinsip fisika yang kemudian diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin. Maka dari itu, kamu harus memperdalam kemampuan pada beberapa cabang ilmu teknik mesin, seperti mekanika, kinematika, teknik material, dan termodinamika.

Nah, pada perusahaan perminyakan dan gas, tentu Jurusan Teknik Mesin sangat dibutuhkan. Kenapa, sih, kok Teknik Mesin sangat dibutuhkan? Wah, jelas, dalam pengelolaan minyak dan gas, pastinya, kamu membutuhkan berbagai mesin, kan? Para lulusan Teknik Mesin memiliki andil disini, mereka harus bisa mengimplementasikan ilmu pengetahuannya dalam memelihara mesin perusahaan. Jika mesin terjadi kerusakan, para lulusan pun harus dapat membuat analisis penyebab kerusakan tersebut dan bagaimana cara untuk membenarkannya.

4. Teknik Elektro 

jurusan elektro

Teknik elektro merupakan jurusan yang mempelajari tentang sifat-sifat elektron yang kita kenal sebagai listrik. Mahasiswa Teknik Elektro mempelajari aplikasi dan pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari, serta teknologi yang terkait. Cakupan teknik elektro sangat luas, mulai dari sumber pembangkit tenaga listrik, sistem jaringan distribusi, sampai pada pemanfaatannya oleh pengguna akhir. Lho, kan, perusahaan perminyakan dan gas pastinya mencari lulusan yang paham tentang minyak dan gas, dong, kok, ini yang belajar tentang listrik juga direkrut?

Well, meskipun para lulusan Teknik Elektro mempelajari tentang listrik dan penggunaannya, ilmu yang dipelajari pun tetap aplikatif dalam perusahaan perminyakan dan gas, kok. Lho, kok, gitu? Jelas, dong, gaes! Mesin-mesin yang ada di perusahaan perminyakan dan gas dapat hidup dikarenakan adanya listrik. Nah, para lulusan Jurusan Teknik Elektro ini me-maintain tentang kebutuhan aliran listrik dari mesin-mesin yang ada. Sebagai lulusan Jurusan Teknik Elektro, pastinya, sudah biasa, dong, belajar tentang sistem jaringan distribusi. Berarti, bisa disebutkan bahwa, lulusan Teknik Elektro pun memiliki peran penting dalam perusahaan perminyakan dan gas.

5. Teknik Kimia 

Wah, duh, Fisikanya saja susah, gimana Teknik Fisika? Sebenarnya, Jurusan Teknik Fisika itu mempelajari apa, sih? Jadi, nih, gaes, Teknik Fisika adalah jurusan yang mempelajari tentang berbagai gejala-gejala fisika melalui penerapan aplikasi dalam berbagai bidang ilmu dasar, ilmu terapan, dan pemanfaatan teknologi. Teknik Fisika juga mempelajari hal-hal seperti perencanaan, desain, konstruksi atau manajemen alat-alat berat, dan lain sebagainya. Karena itulah, seorang mahasiswa Teknik Fisika akan memperoleh berbagai pengetahuan mengenai ilmu-ilmu dasar (kimia, fisika, dan matematika) serta ilmu-ilmu keteknikan (teknik mesin, teknik elektro, teknik kimia, teknik material). Wah, paket komplit, nih, gaes.

Kalau kamu menanyakan kenapa, sih,  lulusan Jurusan Teknik Fisika juga sering dicari oleh para perusahaan perminyakan dan gas, jawabannya ialah karena para lulusannya mempelajari banyak hal yang tentunya bisa diaplikasikan di perusahaan minyak dan gas. Contohnya, nih, para lulusan sudah biasa dengan perencanaan alat-alat berat, well, di perusahaan perminyakan dan gas pastinya memiliki banyak alat-alat seperti ini. Menarik, kan, gaes?

***

Lalu, bagaimana dengan lulusan di luar kelima jurusan tersebut? Apakah mereka nggak bisa masuk ke perusahaan perminyakan dan gas? Well, di dalam suatu perusahaan pastinya terbagi lagi menjadi beberapa divisi. Pastinya, lulusan jurusan yang lain pun memiliki peluang untuk masuk ke perusahaan tersebut.

Namun, karena biasanya perusahaan perminyakan dan gas mencari pekerja yang akan ditaruh di bagian lapangan dan berhubungan langsung dengan kondisi lingkungan, permesinan, minyak dan gas dan sebagainya, maka, sangat diperlukan pekerja yang paham dengan ilmu-ilmu yang berhubungan dengan hal tersebut. Jadi, jangan aneh jika perusahaan perminyakan dan gas lebih menyebutkan jurusan secara spesifik. Dari kelima jurusan di atas, apakah kamu salah satu mahasiswanya, gaes?

Baca juga:

(Sumber gambar: rakyatkaltara.prokal.com, blog-engineering.com, youthmanual.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Agustin Lutfianty | 2 bulan yang lalu

Kunjungi website kami di https://walisongo.ac.id

World Suicide Prevention Day: Seberapa Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa?
Tiara Windi | 3 bulan yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Tiara Windi | 3 bulan yang lalu

Kak saya ingin pindah magang

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1