Menu

7 Kemampuan Penting yang Bakal Dilirik Sama Perusahaan - Pastikan Ini Ada di CV Kamu!

Mencari pekerjaan memang bukan hal gampang. Menyusun CV yang baik bisa menjadi salah satu kunci kesuksesan kamu supaya cepat dapat panggilan wawancara kerja. Nah, di era digital ini, ada beberapa kemampuan yang dilirik banget sma perusahaan.

Apapun background pendidikan jurusan kuliah kamu, serta posisi manapun yang kamu lamar, kemampuan-kemampuan ini bikin pertimbangan perusahaan makin besar untuk menerima kamu, lho!

1. Bahasa Asing

Kamu pasti udah tahu bahwa menurut penelitian, belajar bahasa asing meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat dan bekerja dengan lebih baik. Nah, perusahaan menyadari hal ini, gaes. Makanya, meskipun kamu belum fasih banget, cantumkan di CV bahwa kamu sedang dalam proses belajar suatu bahasa asing. Lebih bagus lagi, sih, kalau bahasa asingnya selain bahasa Inggris, ya. 

Kalo penguasaan bahasa Inggris, sih, udah wajib banget!

2. Public Speaking

Yes! Meskipun pekerjaan yang kamu lamar bakal lebih banyak berkutat di belakang meja, kemampuan public speaking yang baik akan sangat dihargai oleh perusahaan. Kalau kamu bisa menunjukkan komunikasi yang baik di depan khalayak, tentu kamu akan mudah berkomunikasi dengan sesama rekan kerja, berkoordinasi tentang pekerjaan, bahkan menginformasikan sebuah berita terkait pekerjaan.

Kemampuan public speaking ini tentunya udah harus kamu kuasai kalau kamu bekerja di posisi yang membutuhkan presentasi. Nah, baca tips public speaking dan cara menyusun pidato yang baik di sini.

3. Microsoft Excel

Buat kamu yang bekerja di bidang keuangan dan pengolahan data, kemampuan Microsoft Excel bakal jadi makanan sehari-hari. Program ini memudahkan kamu dalam bekerja dan tentunya, kalau kamu mencantumkan kemampuan ini di CV, perusahaan akan tahu bahwa kamu bisa bekerja dengan lebih efektif lagi. 

Program Microsoft Excel juga bisa membantu kamu dalam membuat diagram presentasi, lho. Jadi apapun posisi kamu, usahakan untuk belajar program ini lebih dalam ya, gaes.

4. Wordpress atau platform blogging lainnya

Nggak bisa dipungkiri bahwa di era digital ini, platform blogging kayak Wordpress, Blogspot atau Tumblr banyak dipakai penggiat usaha. Kemungkinan besar, perusahaan membutuhkan kamu untuk familiar sama program ini.

Misalnya, kalau klien atau vendor kamu seorang blogger dan penggiat media sosial, kamu akan lebih mudah bekerja sama dengan mereka kalau nggak gaptek-gaptek amat tentang platform blogging ini. Program ini juga bisa membantu kamu untuk memahami website perusahaan.

5. Adobe Photoshop

Kalau kamu bekerja di industri kreatif, kemampuan Adobe bakal dibutuhkan banget sama perusahaan. Paling dasarnya nih, gaes, kamu bisa mengubah ukuran suatu gambar. Kemampuan ini bakal jadi nilai plus untuk dicantumkan di CV.

Sebagai pengalaman pribadi, saya pernah menginterview dua orang fresh graduates. Kandidat pertama, terbiasa pakai program Adobe meskipun hanya fitur dasar. Kandidat lainnya, nggak pernah buka program ini sama sekali. Ketika CV kedua kandidat tersebut saya ajukan ke atasan, atasan saya bilang akan lebih menguntungkan bagi perusahaan kalau dia bisa membantu dirinya sendiri dalam mengerjakan hal-hal dasar, dan nggak terlalu merepotkan designer grafis perusahaan. Akhirnya, kita memilih kandidat pertama deh!

6. Search Engine Optimization (SEO)

Buat kamu yang belum terlalu paham apa itu Search Engine Optimization, buruan google dan baca-baca soal SEO ini ya, gaes. Intinya, SEO membantu perusahaan untuk mudah diidentifikasi sama orang lain di mesin pencarian.

Buat kamu yang bekerja di media online atau digital activities, kemampuan SEO bakal sangat dihargai karena berarti kamu sudah tahu strategi dasar untuk melakukan marketing termudah dan tercepat.

7. Google Analytics

Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics bisa menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan lain sebagainya.

Kemampuan dalam menggunakan Google Analytics di era digital ini sama pentingnya dengan kemampuan lain. Jadi, bakal sangat menguntungkan kalau kamu bisa mencantumkan ini di CV kamu. 

 

(Sumber gambar: cdn.elegantthemes.com, thecollegiatelive.com, windowsable.com, screenshots.fr.sftcdn.net, shoeboxmedia.org)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©