Hal-Hal yang Pasti Kamu Kangenin Saat Mengerjakan Skripsi

Oleh Lady Nabila

Pengalaman pengerjaan skripsi setiap mahasiswa itu beda-beda. Ada yang gampang-gampang sulit, ada yang sulit-sulit gampang, ada yang sulit-sulit sulit, tapi yang pasti nggak ada yang gampang-gampang gampang! Selalu adaaaaa aja hal yang bikin pengerjaan skripsi kamu kehambat-hambat cantik.

But I’m not going to lie, kamu pasti kangen banget sama suka-duka pengerjaan skripsi. Gimanapun juga, badainya udah berlalu ‘kan. Kalau kamu termasuk mahasiswa yang baru aja merampungkan sidang skripsi, kamu pasti bakal segera kangen sama hal-hal berikut ini.

Kangen berasa pinter banget!

Kalau ada yang nanya “Skripsi lo tentang apa?” Wuiiiih, rasanya pengen ngemeng ngejelasin nggak berhenti-berhenti. Soalnya, sesulit apapun topik skripsi kamu, kamu pasti tetap bisa ngejelasinnya dong? Pasti! Kalau perlu, kamu jawab si penanya dengan jawaban, “Lo punya waktu 7 hari 7 malem? Gue bisa jelasin semuanya…” sambil ngelempar poni. Keren abis.

Kangen manis getirnya cari bahan skripsi

Perjuangan ngubek materi skripsi memang tiada duanya. Kalau materi yang dicari nggak ada di berbagai perpustakaan, world wide web pun dijelalahi. Pas nemu jurnal online yang sesuai topik skripsi, eh, download-nya harus bayar dulu. Cari-cari lagi, akhirnya ketemu yang sesuai. Trus, di-download, dibuka file nya… eh, ternyata cuma abstrak jurnalnya aja. Yuk, mari, jedotin pala ke meja.

Kangen ngehubungin dosen buat bimbingan

Janjian sama dosen pembimbing dari kapan tau, jam 10 pagi di kampus. Saking nggak sabarnya, alarm jam di kosan kamu sampai disetel jam 7 pagi, padahal jarak tempuh antara kosan dengan kampus cuma tiga menit.

Anyway, akhirnya kamu sampai di ruangan dosen jam 9.45. Tapi pas diintip, ruangan beliau cuma berisi… desiran angin belaka. Trus, nanya, deh, sama penjaga ruangan “Mas, Bapak A udah dateng belom yah?” Si penjaga pun menjawab “Oh, Bapak A-nya ‘kan lagi di luar negeri, Mbak.”

Kali ini giliran kepala kamu yang berisi suara gonjrengan gitar… jreeeeeng!

youthmanual skripsi

Kangen masa-masa sidang

Ini dia puncak acaranya! H-7, kamu sibuk simulasi sidang sama teman, lalu jadi rajin sholat fardhu dan solat sunnah. Habis sholat pun nggak lupa dzikir, doa, shalawat, trus minta maaf sama orang-orang serumah, kayak mau meninggal Lebaran.

Saat hari H, satu jam sebelum masuk ruangan sidang, medsos dan chat apps kamu penuh dengan pesan penyemangat dari teman-teman dan keluarga, tapi kamu tetap aja deg-degan setengah mati.

Kelar sidang, saat kamu keluar dari ruangan, suasana meriah seperti Lebaran. Semua orang nyalamin kamu, ngasih hadiah, foto bareng, kayak kamu habis menang medali emas Olimpiade. Padahal kamunya sendiri lagi mikir, “Hah, gitu doang? Gampang sidangnya…” Sombong, nih, yeee.

***

Gimana? Kangen ‘kan sama hal-hal di atas? Walaupun mungkin kamu lebih banyak merasakan duka daripada suka saat ngerjain skripsi, percaya deh, kamu pasti tetap kangen sama apa yang telah terjadi! Apalagi ketika kamu udah lulus, dan skripsh*t sudah berubah nama menjadi skripsweet.

Tapi tetep, sih, di lubuk hati terdalam, kalau diminta buat ngulang skripsi lagi… makasih, deh. Elo ajah!

(sumber gambar: Devanilash, Kampus Holic, Gagags)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 1 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1