Kenal Lebih Dekat Dengan Jurusan Kuliah Teknik Nuklir

Setiap membahas soal nuklir, saya pasti teringat dengan Perang Dunia II, ketika kota Hiroshima-Nagasaki dibom atom oleh sekutu. Saya juga teringat dengan kebocoran reaktor nuklir di Chernobyl, Ukraina pada tahun 1986, yang melepaskan radioaktif 400 kali lebih banyak dibandingkan bom atom Hiroshima-Nagasaki. Akibatnya memang sangat fatal. Makanya, negara-negara yang bisa mengembangkan teknologi nuklir dengan baik biasanya dianggap negara “adikuasa” yang ditakuti.

Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia pun sebenarnya giat, kok, dalam mengembangkan teknologi nuklir. Bahkan kita juga punya jurusan kuliah Teknik Nuklir. Yuk, kenalan lebih jauh dengan jurusan ini!

Apa, sih, yang dipelajari di jurusan Teknik Nuklir?

Pertama, kamu harus tahu bahwa pada dasarnya, teknik nuklir mempelajari teknik penerapan fenomena interaksi radiasi pengion dengan materi. Apa itu pengion? Kamu yang anak IPA pasti pernah belajar tentang sinar X dan sinar Gamma di pelajaran Fisika. Nah, sinar-sinar tersebut adalah “pengion”, alias sesuatu yang dapat menyebabkan proses ionisasi pada suatu materi. Materi ini bisa berupa materi Fisika, misalnya untuk proses pengawetan makanan, ataupun materi berupa sel biologi.

Teknik Nuklir juga mempelajari fenomena reaksi nuklir.

Seperti yang mungkin sudah kamu pelajari di pelajaran Fisika, ada reaksi peluruhan, reaksi fusi (penggabungan), dan reaksi fisi (pemisahan) yang terjadi pada atom. Fenomena-fenomena ini dipelajari dalam jurusan Teknik Nuklir untuk penerapan dalam bidang energi.

Selama belajar di Teknik Nuklir, kamu akan mendapat beberapa mata kuliah seputar teknologi nuklir seperti Fisika Atom dan Inti, Elektronika Nuklir, Instrumentasi Nuklir, dan Analisis Reaktor Nuklir.

Universitas mana saja yang menyediakan jurusan Teknik Nuklir?

Nah, di Indonesia, jurusan S1 Teknik Nuklir hanya terdapat di Universitas Gadjah Mada. Di UGM, terdapat dua konsentrasi teknik nuklir, yaitu Teknik Energi Nuklir dan Fisika Medik. Teknik Energi Nuklir lebih fokus kepada pengembangan nuclear power plant dan aplikasi radiasi di bidang industri.

Sedangkan Fisika Medik lebih fokus kepada penerapan nuklir di bidang radiologi klinik.

Selain UGM, ada juga  Sekolah Tinggi Teknik Nuklir-BATAN yang berlokasi di Yogyakarta. Bedanya, STTN ini bersifat kedinasan dan menyediakan jenjang Diploma-IV, bukan S1. Di STTN, terdapat tiga program studi yang bisa kamu pilih, yaitu elektronika-instrumentasi, elektromekanik, dan teknokimia.

Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Nuklir-BATAN, Yogyakarta

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Teknik Nuklir?

Yang pasti anak jurusan Teknik Nuklir bisa kerja di Badan Tenaga Nuklir Nasional sebagai peneliti. Bisa juga kerja di bagian radiologi di rumah sakit. Rontgen ataupun radioterapi yang biasa digunakan untuk pengobatan kanker adalah penerapan ilmu teknik nuklir, lho, gaes.

Kalau kamu tertarik di bidang energi, kamu juga bisa bekerja di nuclear power plant. Memang, saat ini Indonesia belum punya Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir, tetapi kamu juga bisa berpeluang bekerja di nuclear power plant di luar negeri, seperti di Amerika Serikat, Jepang, ataupun Rusia.

Tertarik?

(sumber gambar : engineering.com, Twitter BEM STTN-Batan, news.mit.edu)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1