Momen yang Cuma Ada di Tahun Pertama Kuliah

Pas baru masuk kuliah, rasanya pengen cepet-cepet udahan jadi maba. Pengennya segera  berubah status, dari maba lucu (tapi culun) menjadi macan dan macanwati penguasa kampus. Roarrr!

But wait! Ternyata bagi para senior, ada momen-momen yang mereka kangenin di tahun pertama kuliah, soalnya momen-momen ini nggak terulang di tahun-tahun berikutnya. Apa aja, ya?

Nongkrong Rame-Rame

“Yang paling dikangenin di masa awal kuliah adalah nongkrong rame-rame sekelas. Wah, udah kayak mau ‘perang’, deh, saking banyaknya orang. Kita nongkrong tiap hari, kapan aja dan di mana aja. Kalau lihat ada space kosong di kampus, pasti langsung kita tongkrongin. Hehehe…

Momen-momen kayak gini cuma ada di tahun pertama kuliah. Setelah itu, pada sibuk dengan urusan masing-masing.”

(Husin, Komunikasi Internasional, Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2010)

Nangis Bareng Seangkatan

“Kejadian ini terjadi di akhir Mabim (masa bimbingan), semacam acara Ospek di kampus. Ceritanya waktu itu, gue dan teman-teman seangkatan lagi seru-seruan. Eh, tiba-tiba datang para Komdis (komisi kedisiplinan). Itu lho, senior yang “tugasnya” marah-marah. Trus, angkatan gue langsung dimarahin habis-habisan karena dianggap nggak disiplin.

Kita yang tadinya lagi senang-senang, jadi kesel banget! Setelah marah-marah, senior nyuruh kita semua balik badan. Ternyataaa… mereka udah nyiapin surpise untuk menyambut kita sebagai bagian dari keluarga besar jurusan. Lengkap dengan spanduk dan confetti segala, lho! Gue dan teman-teman seangkatan jadi speechless. Trus, langsung nangis semua gegara terharu.”

(Safina, Vokasi Akuntansi Universitas Indonesia, Depok, angkatan 2014)   

Meloloskan Diri dari Ospek

“Pengalaman paling berkesan di tahun pertama kuliah adalah pas Ospek! Sebagai mahasiswa “cerdik” yang nggak pengen dikerjain senior tengil, saat pendaftaran Ospek, saya bikin berbagai alasan untuk cari aman. Seperti lagi kurang sehat lah, sakit ini-itu lah, dan sebagainya.

Trus, di hari pertama Ospek, saya datang terlambat gara-gara begadang demi menyelesaikan tugas dari senior.

Saya nggak panik, sih, soalnya udah berbekal strategi tadi. Karena dianggap kurang fit, saya dapat pin putih. Ini adalah senjata paling ampuh, karena mahasiswa yang diberi pin putih selalu dapat keringanan hukuman. Saya pun terhindar dari kekejaman senior sepanjang Ospek, sementara teman saya yang sama-sama telat, dihukum seharian.”

(Muhammad, Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Angkatan 2009)

Mahasiswa Paling Rajin

“Di tahun pertama kuliah, aku rajin banget! Catatanku rapih dan lengkap, sampai-sampai catatanku nyebar. Difotokopi oleh satu angkatan untuk bahan belajar ujian.

Trus, kalau kelas dimulai jam 07.20, aku sudah hadir di kampus dari jam setengah 7 aja, dong! Soalnya ‘kan masih jadi anak baru, jadi masih serba takut. Khawatir nggak bisa ngikutin mata kuliah dan takut IP jelek.

Kalau sekarang sih, aku udah nggak rajin nyatet. Malah gantian, aku yang suka minta fotokopi catatan teman. Datang ke kampus juga pas-pasan sama jam masuk kelas. Soalnya, sekarang udah tau “medan perang” kampus, hehehe...”

(Sarah Venezia, Manajemen, Universitas Bina Nusantara, Jakarta, angkatan 2012)  

Kenalan Sama Seluruh Kampus

“Pas tahun pertama kuliah, kami diwajibkan kenalan sama seluruh senior, dosen, dan karyawan di kampus. Kenalannya harus dengan cara nyamperin satu per satu, lho! Malu sih, iya, tapi berkesan banget. Dan ternyata berat juga bagi waktu untuk kenalan dan kuliah.

Kenalan itu ‘kan bagian dari tugas Mabim. Nah, kalau melanggar aturan Mabim, kita bakal kena hukuman bikin cotton roll, pellet dan ball—berbagai bentuk gulungan kapas yang biasa dipakai dokter gigi—untuk bakti sosial. Aku sempat kena hukuman ini. Saking banyaknya kapas yang harus dibentuk, tanganku sampe mati rasa.”

(Naryn, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Jakarta, angkatan 2014)

Masanya “Ambi”

“Di awal kuliah, semangat kuliah mahasiswa biasanya masih membara banget, deh. Anak-anak biasanya lagi pada “ambi” alias ambisius, terutama dalam hal target lulus cum laude.

Ada teman yang yang “ambi”-nya baik—misalnya, suka bagi-bagi ilmu dan info—tapi ada juga teman yang “ambi”-nya ngeselin. Misalnya, dia diem-diem aja saat punya bahan kuliah atau kisi-kisi soal ujian, berhubung nggak mau tersaingi oleh yang lain. Biasanya, mahasiswa “ambi” yang kayak gini cuma baik sama peer group atau pacarnya aja. Hahaha…

Nah, kalau sudah lewat tahun pertama kuliah, keambisiusan orang-orang biasanya berkurang.”

(Rima, Administrasi Niaga Universitas Indonesia, Depok, angkatan 2012)

"We’re Gonna be the Best Dentist!"

“Di tahun pertama, senior benar-benar membimbing kita, para mahasiswa baru. Setiap dua minggu sekali, aku dan teman-teman seangkatan dikumpulin dan diajarin tentang kedisiplinan, solidaritas, kemandirian serta tanggung jawab. Kita juga diingetin kalau kebersamaan itu penting. Para senior juga suka sharing pengalaman kuliah mereka, dan omongan para senior itu sering ngena banget.

Salah satu yang paling aku ingat selama tahun pertama itu adalah yel-yel yang dibuat senior untuk menyemangati kita. ‘We are gonna be the best dentist!’ I still believe in those words. Someday, it will come true.

(Aliya, Fakultas Kedokteran Gigi Trisakti, Jakarta, angkatan 2014)

Freshers, MOS Tanpa Senioritas

“Di kampus saya ada kegiatan namanya Freshers, semacam kegiatan perkenalan ke kehidupan kampus dan acara sosial untuk anak baru, selama seminggu. Semacam MOS (Masa Orientasi Siswa), gitu, tapi nggak pake senioritas. Palingan ada games yang bikin kita kerjasama sama mahasiswa lain.

Contoh games-nya, mahasiswa baru dibagi ke beberapa kelompok, trus disuruh keliling kampus nyari harta karun yang disiapin panitia. Trus, ada lomba membuat menara dari spaghetti dan marshmallow. Permainannya kayak permainan anak kecil, sih, tapi efektif bikin mahasiswa jadi saling kenal.”

(Muhammad Idrus, Mechanical Engineering, Queen Mary University of London, Inggris, angkatan 2013)

***

Masa-masa freshman belum tentu masa yang paling indah. Malah bisa dibilang, masa penuh cobaan. Antara ribet adaptasi kuliah, rempong tugas masa bimbingan, plus masih dianggap anak bawang. *nunduk lesu*

Eh tapiii, seperti cerita para senior tadi, momen-momen di masa ini nggak bisa terulang, dan akan jadi kenangan tak terlupakan #tsaaahhh.

Jadi, apa cerita seru kamu di tahun pertama kuliah?    

(sumber gambar: dokumentasi pribadi, Youtube/loveliveserve)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1