Menu

5 Kemampuan yang Wajib Banget Dimiliki Oleh Mahasiswa Baru

Perlu kamu ingat, nih, gaes, bahwa dunia perkuliahan dan dunia sekolah merupakan dua hal yang berbeda. Kalau kamu mencari persamaan diantara keduanya, kamu akan menemukan sedikit persamaan. Dulu, ketika saya masuk kuliah, hal yang saya rasakan perbedaannya ialah kalau di dunia kuliah, saya dan teman-teman lebih berinisiatif ketika dosen nggak hadir. Selain itu, tugas presentasi dan tugas makalah lebih banyak muncul di dunia perkuliahan dibandingkan ketika saya masih duduk di bangku sekolah.

Nah, perbedaan-perbedaan antara dunia sekolah dan dunia perkuliahan yang saya temukan ini, pada awalnya memang membuat saya kewalahan karena sudah terbiasa dengan dunia sekolah yang nggak memiliki banyak tugas dan saya pun terbiasa diberikan ilmu oleh para guru-guru. Ketika di kuliah, semuanya menjadi serba mandiri dan tugas-tugas kuliah pun semakin banyak jika dibandingkan dengan tugas-tugas sekolah.

Hmm... Karena pada dunia kuliah kamu akan serba mandiri, kamu harus memiliki beberapa kemampuan sebagai MABA alias mahasiswa baru, nih, gaes. Kemampuan ini tentunya akan membantumu dalam menyelesaikan tugas-tugasmu dan juga dapat membantumu beradaptasi dengan dunia perkuliahan yang serba berbeda dengan dunia sekolah. Kemampuan apa saja, ya, yang perlu kamu miliki?

1. Kemampuan presentasi

kemampuan presentasi

Ketika kamu kuliah, kamu akan sering ditugaskan untuk membuat makalah dan mempresentasikan makalah tersebut di depan teman-teman sekelasmu. Nah, biasanya, para dosen akan mengkritikmu ketika kamu hanya membaca presentasimu. Kamu dituntut untuk bisa memaparkan hasil bacaanmu sebelumnya dan bukan membacanya.

Selain bisa memaparkan hasil bacaanmu, kamu juga harus memiliki kemampuan untuk meyederhanakan hasil bacaanmu menjadi suatu penjelasan yang singkat dan mudah dimengerti. Dengan begitu, pasti, teman-temanmu akan lebih mudah menarik kesimpulan dari apa yang ingin kamu sampaikan. Daripada menjelaskan segala sesuatu secara berbelit-belit, lebih baik, belajar, yuk, untuk menjelaskan segala sesuatu dengan sederhana.

2. Kemampuan membuat powerpoint

Nggak semua orang memiliki kemampuan yang baik dalam menggunakan powerpoint, lho. Banyak dari orang-orang yang malas membuat powerpoint sehingga pada akhirnya, mereka lebih memilih untuk copy dan paste materi yang ingin disampaikan. Slide powerpoint pun menjadi lebih penuh dengan tulisan dan nggak menarik untuk dibaca.

Selain malas, ada juga, nih, orang-orang yang terlalu kreatif. Akhirnya, saking kreatifnya, slide yang dibuat pun menjadi lebih penuh dengan hiasan-hiasan, warna-warna, font yang beragam dan sebagainya. Bukannya slide tersebut menjadi menarik, yang ada, orang-orang akan kewalahan dengan slide powerpoint-mu.

Maka dari itu, gaes, untuk bisa membuat slide powerpoint yang menarik dan juga straight to the point, kamu memerlukan latihan, gaes. Mulailah melatih diri dengan cara menarin kesimpulan dari bacaanmu, lalu tuangkan ke slide presentasi dengan kata-kata yang mudah untuk dipahami. Practice makes perfect, nih, gaes, jadi sering-seringlah berlatih, ya!

3. Kemampuan mengatur waktu

mengatur waktu

Ketika kamu berada di dunia kampus, kamu akan memiliki waktu yang padat jika kamu mengambil bagian pada suatu organisasi. Kalau di sekolah, meskipun kamu memiliki peran di organisasi, kamu tetap memiliki waktu untuk belajar di sekolah dan beristirahat di rumah karena kegiatan organisasi tersebut memiliki jadwalnya tersendiri. Nah, di dunia kuliah, organisasi nggak memiliki jadwal, nih. Bisa saja organisasi yang kamu pilih dapat menyita seluruh waktumu.

Nah, karena hal tersebut, jangan sampai kamu nggak memiliki waktu istirahat dan waktu belajar, ya. Tetapi, jangan juga kamu sampai nggak pengen berorganisasi karena jadwal yang ketat. Berorganisasi itu penting, namun, kamu perlu memiliki kemampuan mengatur waktu.

Asah kemampuan mengatur waktumu dengan cara biasakan diri dengan menulis semua kegiatanmu beserta waktunya. Ketika kamu memiliki jadwal, senggaknya kamu dapat melihat waktu kosongmu. Nah, waktu kosong itu, bisa kamu gunakan untuk beristirahat atau kegiatan lainnya. Kalau kamu terbiasa dengan hal ini, lama-kelamaan, kamu akan terbiasa dengan mengatur waktu.

4. Kemampuan komunikasi

Kemampuan presentasi di atas merupakan salah satu dari kemampuan komunikasi. Namun, komunikasi di dunia kampus nggak cuma tentang presentasi, saja, nih, gaes. Kamu akan memiliki banyak kegiatan yang membutuhkan kemampuan dalam komunikasi. Apa saja, sih, kegiatan di kampus yang melibatkan kemampuan dalam berkomunikasi?

Salah satu kegiatan yang melibatkan kemampuan komunikasi adalah kegiatan berorganisasi. Ketika kamu berorganisasi, kamu akan bertemu orang-orang dengan jurusan yang berbeda dan angkatan yang berbeda. Pada kegiatan ini, kemampuan berorganisasimu diasah, nih, gaes. Lho, kok, diasah? Iya dong, pada organisasi, kamu diharuskan mampu beradaptasi dan mencapai tujuan bersama dengan orang-orang yang memiliki latar belakang yang berbeda. Untuk mencapai tujuan, pastinya, kamu harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dong? Maka dari itu, kemampuan komunikasi sangat dibutuhkan sejak kamu berstatus sebagai seorang MABA.

5. Kemampuan networking

kemampuan jaringan

Yang terakhir, kamu pun harus memiliki kemampuan networking sebagai starter kit seorang MABA, nih, gaes. Kenapa, sih, kok, kemampuan networking pun dijadikan starter kit? Well, dengan networking, masa perkuliahanmu akan lebih mudah dijalani. Misalnya, nih, kamu harus memiliki suatu buku mata kuliah tertentu. Daripada kaku membelinya, dengan kemampuan networking, kamu bisa meminjam buku tersebut kepada seniormu, hehe.

Selain itu, kalau kamu menggunakan kemampuan ini untuk dekat dengan dosen-dosen. Para dosen pasti akan memberikanmu berbagai informasi mulai dari informasi magang hingga informasi beasiswa. Bisa juga, nih, kamu diangkat menjadi asisten dosen. Ketika kamu menjadi seorang asisten dosen, kamu akan belajar banyak hal, lho. Siapa, sih, yang nggak mau jadi asisten dosen? Hehe.

***

Yap, ketika kamu baru berkuliah dan berstatus sebagai MABA alias mahasiswa baru, at least, lima kemampuan di atas merupakan kemampuan yang wajib banget kamu miliki, gaes. Sebagai MABA kemampuan di atas tentunya dapat mempermudah kamu untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliah. Selain itu, dengan kemampuan-kemampuan di atas dapat membantumu beradaptasi di lingkungan perkuliahan yang tentunya masih baru untukmu.

Kemampuan yang telah disebutkan di atas bukanlah kemampuan yang tiba-tiba muncul begitu saja dalam diri seseorang, gaes. Kamu perlu banget mengasah dirimu untuk memunculkan kemampuan tersebut. Kamu bisa mengasah dirimu ketika kamu masih duduk di bangku sekolah, lho, dengan cara iseng-iseng membuat powerpoint, sering-sering mengajari teman-temanmu tentang mata pelajaran yang kamu kuasai dan sebagainya. Yuk, tunggu apalagi, segera asah dirimu untuk memunculkan kemampuan-kemampuan di atas, ya!

Baca juga:

(Sumber gambar: technori.com, annalect.fi, dailyillini.com, studybreaks.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©