Perguruan Tinggi dengan Prodi Animasi di Indonesia

Banyak anak muda tertarik dengan bidang Animasi namun prodi ini belum banyak tersedia di perguruan tinggi. Program studi Animasi di berbagai kampus yang ada saat ini memiliki kekhasan masing-masing, ada yang condong ke DKV, film, serta game animasi. Berikut penjelasan mengenai prodi Animasi plus pilihan kampusnya.

Ingin Kuliah Jurusan Animasi?

Secara umum Prodi Animasi mempelajari pengetahuan dan keahlian animasi, termasuk penggunaan teknologi penunjang. Dalam perkuliahan ada banyak praktik dan tugas. Tapi ada pula pelajaran teori.

Bagaimana  dengan peluang kariernya?

Saat ini, karya audio visual tidak hanya  dibutuhkan dalam industri media dan hiburan, tapi juga untuk pemasaran, hubungan masyarakat, dan penyebaran informasi. Bisa dibilang, hampir semua instansi dan usaha membutuhkan visual. Nah, animasi merupakan salah satu bentuk konten visual yang banyak dicari. So, bisa dibilang prospek kariernya cukup menjanjikan.

Agar bisa bersaing, tentunya lulusan Animasi harus memiliki kemampuan yang sangat baik di bidangnya. Ia juga perlu menguasai teknologi, berkomunikasi dengan baik, dan memiliki pengetahuan penunjang.

Nantinya, lulusan jurusan Animasi bisa bekerja di:

  • Bagian produksi audio visual di media massa, online, atau film
  • Bagian grafis atau animasi
  • Industri produsen game
  • studio animasi
  • Production house
  • Tim konten
  • Agensi iklan/marketing

Berikut ini adalah pilihan kampus dengan prodi Animasi yang memiliki pendekatan dan keunikan berbeda. Manakah yang kamu minati?

1. S1 Film dan Animasi Universita Multimedia Nusantara

(146 SKS, 4 Tahun Masa Kuliah)

Inilah prodi yang menggabungkan antara bidang film dan animasi, namun mahasiswa bisa memilih untuk mendalami salah satunya: Film atau Animasi.

Pada peminatan Animasi, dipelajari bagaimana produksi karya  animasi 2 Dimensi maupun 3 Dimensi. Dipelajari pula bagaimana membuat animasi dengan cara tradisional serta animasi dengan memanfaatkan teknologi digital. Diharapkan lulusannya mampu menjadi sineas khususnya untuk karya film animasi.

Bryan Arfiandy komikus sekaligus alumni Prodi Film dan Animasi bercerita di laman situs UMN, ”Semenjak berkuliah di program studi Film peminatan Animasi, saya berkesempatan membuat 3 film pendek animasi sebagai tugas akhir semester. Dari situ, saya berkesempatan belajar dan eksperimen banyak soal cara bercerita. Ketika membuat komik sekarang, rasanya semua ilmu itu terpakai.”

Materi kuliah:

*Pada semester awal mahasiswa belajar dasar perfilman dan animasi. Mahasiswa juga akan diminta menentukan konsentrasi fim atau Animasi.

*Di semester 3 hingga 6, Mahasiswa belajar lebih mendalam, baik teori maupun praktik, sesuai konsentrasi yang dipilihnya. Di antaranya materi mengenai Visualisasi Animasi dan Efek Animasi, Teori Gambar Bergerak, hingga ilmu pemasaran. Adapula perkuliahan mengenai Kewirausahaan yang berkaitan dengan film dan animasi. Pada tahun ketiga perkuliahan, mahasiswa melakukan pra produksi dan tugas karya akhir. 

*Tahun keempat diisi dengan kegiatan magang dan pengerjaan tugas akhir.

Biaya Kuliah:

Uang Pangkal: Antara 41.500.000 hingga 46.500.000

Biaya per semester: 19.500.000

Total biaya kuliah: Sekitar Rp200.000.000

2. S1 DKV Animasi Binus

(146 SKS, 4 Tahun Masa Kuliah)

Jurusan Animasi merupakan bagian dari Desain Komunikasi Visual. Makanya, nama program studinya adalah Desain Komunikasi Visual Animasi.

Sesuai dengan namanya, yang dipelajari di adalah pengetahuan dan kemampuan mendesain dan mengkomunikasikan tampilan visual, khususnya animasi. Materinya nggak hanya soal teknik desain animasi serta penggunaan teknologi pendukungnya, tapi juga bagaimana mengonsep dan mengkomunikasikan kreativitas, hingga mendalami aspek sejarah, budaya, bisnis, dan hukum dalam sebuah karya.

Tak sedikit alumni DKV Animasi BINUS University punya nama dan prestasi mentereng di bidang animasi, di antaranya Anka Atmiwijaya (Pemenang Animasi Terbaik di Festival Film Indonesia 2014) dan  Faza Ibnu (Penulis komik Si Juki)

Materi kuliah:

*Semester 1 dan 2, Mata kuliah dasar DKV, seni, dan diseplipkan pula ilmu bisnis antara lain Western Art Review, Eastern Art Review, Material and Colors in Visual Design, Computer Graphic, Fundamental Drawing for Animation, dan Entrepreneurship: Ideation

*Semester 3, 4, dan semakin spesifik memperdalam skill DKV Animasi dan kemampuan penunjangnya. Mata kuliahnya antara lain, Photography, Animation Production Study, 3D Art & Form, Professional Designer Class, Concept Art & Production Design, dan Animation Storytelling

Ada pula mata kuliah pilihan yaitu Character Animation, Motion Graphic, Visual Effect, dan Asset Creation           

*Semester 6 dan 7 adalah Enrichment Program, sebuah program yang disusun BINUS University agar mahasiswa mendapat pengalaman kuliah yang lebih menyeluruh serta dapat memperkaya pengetahuan mereka. Enrichment Program terdiri atas magang, kewirausahaan, riset, pengembangan masyarakat, studi di luar negeri (kampus yang bekerja sama), atau kegiatan lainnya. Total SKS-nya adalah 32.

Biaya Kuliah:

Biaya semester 1: 19.800.000

Biaya laboratorium: 2.600.000

Biaya Peralatan: 9.000.000

Sumbangan: Rp43.000.000

Total biaya kuliah: Rp213.240.000

3. D3 Animasi Universitas Negeri Malang

(113 SKS, 6 Semester)

Prodi ini dibuka sejak tahun 2008 dan awalnya bernama prodi Game Animasi. Namun sejak 2011, menjadi prodi D3 Animasi saja. D3 Animasi Universitas Negeri Malang (UM) telah memperoleh akreditasi B dari BAN PT.  

Walau namanya  telah berubah, namun materi mengenai game animasi tetap menonjol dalam perkuliahan. Yang spesial dari prodi ini adalah lulusannya dibekali keterampilan membuat game animasi 3D dengan sentuhan budaya lokal.

Skill yang dipelajari antara lain adalah merancang desain interface, karakter, properti, lingkungan dan musik pada media terapan hingga dasar fotografi,  videografi, serta editing. Dipelajari juga soal seni budaya dan filsafat dalam karya. Materi penunjang dalam berkarya seperti pengetahuan soal HAKI (Hak atas Kekayaan Intelektual) serta kewirausahaan juga diperoleh di jurusan ini.  

Materi ini menjadi bekal untuk menjadi animator, desainer karakter, desainer game, hingga menjadi pengembang industri animasi serta game. Aktor sekaligus youtuber Bayu Skak merupakan salah satu alumni Animasi UM.

Materi kuliah:

Mata kuliahnya antara lain

  • Tinjauan Game Animasi
  • Penulisan Naskah
  • Algoritma Pemrograman
  • Animasi
  • Gambar Bentuk,
  • Komputer Grafis
  • Fotogafi
  • Penulisan Komik
  • Proyek Game Animasi Skenario
  • Proyek Game Animasi Produksi
  • Desain Game Animasi
  • Di akhir perkuliahan, ada Tugas Akhir serta Praktik Kerja Profesi.

Biaya pendidikan:

Uang masuk: Rp7.500.000

Kisaran biaya total selama kuliah: Rp31.250.000

(Sumber gambar:  khairul nizam from Pexels)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1