6 Profesi yang Cocok untuk Kamu yang Suka Lautan Lepas

Indonesia merupakan negara yang dikelilingi oleh lautan. Luas lautan negara kita pun lebih luas jika dibandingkan dengan luas daratan. Lautan di Indonesia memiliki luas yaitu 3.25 juta kilometer persegi, sedangkan daratan di Indonesia memiliki luas yaitu 2.01 juta kilometer persegi. Nah, beda luas antara lautan dan daratan sampai dengan 1.24 juta kilometer persegi, lho, maka dari itu Indonesia disebut sebagai negara maritim terbesar.

Nah, sebagai negara maritim terbesar, laut menjadi salah satu sumber mata pencaharian bagi orang-orang banyak. Ada yang bekerja mencari sumber daya alam di laut dan ada juga yang bekerja untuk menjaga lautan agar nggak tercemar.

Menurutmu, orang-orang yang bekerja di laut, tuh, memiliki profesi sebagai apa, sih? Hmm... Pasti banyak dari kamu yang menjawab nelayan. Well, perlu kamu ketahui, nih, gaes, profesi yang berhubungan dengan laut nggak hanya nelayan saja, lho. Penasaran dengan profesi apa saja yang berhubungan dengan kelautan? Yuk, cek artikel berikut ini!

1. Pekerjaan tambang minyak lepas pantai

Kalau kamu bekerja menjadi pekerja tambang minyak lepas pantai, biasanya, kamu lebih sering menghabiskan waktu di laut dibandingkan menghabiskan waktu di daratan. Tapi, tenang, gaes, kamu nggak menghabiskan hari-harimu di kapal, kok, akan tetapi kamu tinggal di suatu tempat yang dibangun di tengah-tengah laut yang bernama Anjungan Lepas Pantai atau Pelantaran Lepas Pantai.

Nah, pekerjaan tambang minyak lepas pantai ini terbagi-bagi, lagi, nih, gaes. Kamu bisa dipekerjakan pada bagian exploration, exploratory drilling, development drilling, production operation dan sebagainya. Untuk bekerja di tambang minyak lepas pantai, setidaknya, kamu harus memiliki pemgetahuan umum tentang penambangan minyak, kelautan dan juga minyak itu sendiri.

Kalau kamu ingin bekerja di pertambangan minyak lepas lantai, gaji yang akan kamu terima cukup relatif tergantung posisi apa yang kamu duduki. Akan tetapi, gaji pada pekerjaan ini relatif besar, dimulai dari kisaran terendah yaitu lima belas hingga dua puluh juta rupiah, wah!

2. Nahkoda

nahkoda

Hayo siapa disini yang suka dengan perkapalan? Siapa disini yang ingin bisa mengendarai kapal? Yes! Kalau kamu suka perkapalan dan lautan, kamu cocok banget, nih, bekerja sebagai nahkoda. Nahkoda, tuh, apa, ya? Nahkoda adalah seorang pemimpin kapal. Arti yang lebih panjangnya, nahkoda adalah perwira laut yang memegang komando tertinggi di atas kapal niaga atau kapten kapal.

Tugas dari nahkoda itu, apa, sih? Seorang nahkoda memiliki tugas yaitu  bertanggungjawab atas keselamatan perjalanan kapal dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya. Nah, keselamatan kerja ini termasuk keselamatan penumpang maupun barang yang diangkut oleh kapal tersebut.

Kalau kamu ingin bekerja sebagai seorang nahkoda, kamu harus masuk jurusan yang pas, nih, gaes. Jurusan yang pas jika kamu ingin menjadi seorang nahkoda salah satunya ialah Teknik Perkapalan dan Teknik Sistem Perkapalan. Hayo... Apakah kamu tertarik untuk menjadi nahkoda?

3. Surveyor

Surveyor itu orang yang suka melakukan survey, ya? Hmm... Bisa dibilang, nih, gaes. Jadi surveyor ini merupakan orang-orang yang melakukan penelitian terhadap sesuatu hal. Contoh surveyor yang berhubungan dengan lautan yaitu Surveyor Hidro-Oseanografi. Survei Hidro-Oseanografi merupakan suatu hal yang beririsan dengan ilmu hidrografi dan ilmu oseanografi.

Pekerjaan ini merupakan kegiatan survei untuk mendapatkan bentuk dan karakteristik suatu perairan. Karakteristik apa, sih, yang dilihat? Karakteristik tersebut bisa berupa dasar lautnya, badan airnya maupun daerah pesisir yang membatasi daerah laut dan daerah daratan. Nah, untuk melakukan penelitian ini, kamu harus paham ilmu hidrologi dan oseanografi.

4. Coastal Modeler

coastal mideker

Nah, coastal modeler adalah orang-orang yang melakukan simulasi dinamika atau perubahan-perubahan yang terjadi di laut menggunakan suatu perangkat lunak atau software. Memangnya, kenapa, sih, dinamika yang terjadi di laut itu harus di simulasi? Well, jawabannya ialah agar para ahli dapat memprediksi gejala-gejala alamiah yang berada di laut. Nah, kalau sudah ada prediksinya, para ahli dapat membuat keputusan yang tepat untuk memutuskan suatu hal.

Nah, buat kamu yang ingin meneliti lautan namun malas turun langsung ke laut, pekerjaan yang satu ini cocok banget, nih, buat kamu. Dengan duduk di ruangan dan menggunakan komputer, kamu sudah bisa melakukan penelitian untuk menemukan suatu prediksi dari keadaan laut. Penelitian dengan model ini pun dapat mempermudah dan menekan biaya penelitian, lho.

5. Metocean Engineer

Metocean Engineer merupakan pekerjaan yang cukup penting dimiliki oleh para perusahaan minyak bumi dan gas. Kenapa penting? Karena metocean engineer harus berurusan dengan unit lain dalam pekerjaannya. Data yang dimiliki metocean engineer juga merupakan suatu hal yang sangat penting untuk kelanjutan perusahaan minyak dan gas.

Dalam pekerjaannya, para metocean engineer melakukan penelitian dan mengambil data seperti gelombang, arus dan angin laut dengan metode-metode yang cukup unik. Nah, data yang sudah dikelola ini akan diberikan ke unit-unit yang bersangkutan untuk pencegahan dan penanggulangan minyak tumpah, prediksi cuaca, keadaan laut dan sebagainya. Wah, sepertinya seru, ya, gaes!

6. Offshore Navigator

offshore navigator

Nah, sama seperti namanya "navigator", pekerjaan ini mengharuskan para pekerjanya untuk memberikan petunjuk lokasi dan posisi yang benar tentang dimana survey seismik dilakukan. Biasanya, para offshore navigator akan bekerjasama dengan para surveyor untuk diberitahukan lokasi dan posisi dimana survey dilakukan.

Pekerjaan ini cukup penting dimiliki oleh suatu perusahaan yang berhubungan dengan minyak dan gas, lho. Memangnya kenapa, sih, offshore navigator itu penting? Ya, karena, tanpa offshore navigator, para surveyor akan kesulitan mencari posisi survey yang akan dilakukan. Lebih parahnya, bisa jadi para surveyor nggak mendapatkan hasil yang akurat dalam penelitiannya.

***

Nah, buat kamu yang suka ke pantai dan penasaran ingin bekerja di lautan, kamu bisa banget mencoba profesi-profesi yang telah disebutkan di atas. Biasanya, gaji yang diberikan untuk pekerjaan-pekerjaan di atas relatif lebih besar, lho. Jadi, bagaimana, nih, gaes? Apakah kamu tertarik untuk memiliki salah satu profesi di atas?

Baca juga:

(sumber gambar: travel.detik.com, fugro.com, offshorejob.com, newtonsubsea.com)

LATEST COMMENT
Audry Sophie Biba | 17 jam yang lalu

Jurusan ilmu kelautan itu lebih ke soshum apa saintek?

Mengenal Lebih Dekat dengan Program Studi Ilmu Kelautan
Sya Zikra P | 2 hari yang lalu

Misalnya dari SMK jurusan seni dapat snmptn dan ambil jurusan saintek apakah pasti tidak akan diterima?

Lulus SMK, Kuliah di Prodi Sejalan atau Lintas Jurusan?
Rizkiyanto | 2 hari yang lalu

Open PP/Endrose Tiktok @rizkiyanto25 Folower 83,5k bayar seikhlasnya No tlpon/wa 082116945166

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Marsya Ayu Rofiah Heryani | 5 hari yang lalu

Nerima kok, alumni ku ada yang keterima di UI tapi sayang ga diambil karna ga bisa bayar

Peluang SMK Lulus SNMPTN, SBMPTN atau Ujian Mandiri. Serba-Serbi yang Harus Jadi Catatan Sebelum Berjuang Masuk Perguruan Tinggi Negeri
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1