7 Pekerjaan Unik yang Jarang Diketahui Orang Banyak

Kalau kamu ditantang untuk menyebutkan profesi atau pekerjaan apa saja yang ada, pasti kamu akan menyebutkan pekerjaan-pekerjaan atau profesi seperti guru, dokter, polisi, pegawai bank dan sebagainya. Pekerjaan atau profesi yang kamu sebutkan pastinya suatu hal yang sudah biasa dilakukan di masyarakat. Mungkin, ada beberapa juga dari anggota keluargamu yang bekerja sesuai dengan apa yang telah kamu sebutkan.

Ketika kamu duduk di bangku sekolah pun, kamu hanya diberitahukan tentang pekerjaan-pekerjaan yang biasa ada dan diketahui di masyarakat. Padahal, nih, gaes, pekerjaan itu nggak hanya terbatas kepada pekerjaan-pekerjaan yang itu-itu saja. Ada, lho, pekerjaan-pekerjaan keren lainnya namun nggak terdengar di masyarakat karena nggak lazim diketahui atau dibicarakan.

Biasanya, pekerjaan-pekerjaan keren ini dibahas oleh orang-orang yang memiliki pekerjaan atau kemampuan yang sama dalam bidang tersebut, sehingga pekerjaan ini pun jadi nggak lazim dibicarakan oleh semua orang. Penasaran ada pekerjaan keren apa saja yang jarang diketahui dan dibicarakan oleh orang lain? Cek di bawah, ya!

1. Foley artist

foley artist

Hmm... Apa nih, foley artist? Foley artist adalah suatu profesi dimana kamu membuat suara untuk suatu film. Lho? Itu bukannya dubbing namanya? Well, kalau dubbing adalah pengisi suara untuk suatu film atau animasi, gaes. Kalau foley artist adalah orang-orang yang mrmbuat suara untuk suatu gerakan. Misalnya, ketika kamu sedang berjalan di atas pasir, supaya suara tersebut terdengar jelas, para foley artist akan membuat efek suara dengan menghentakkan kaki yang menggunakan sepatu boots ke atas hamparan pasir yang disediakan.

Nah, untuk menciptakan suara yang berbeda-beda, setiap foley artist ini akan menggunakan cara yang berbeda-beda pula. Namun, suara tersebut dapat dihasilkan dari benda-benda yang ada di sekitar kita.

2. Art conservator

Suatu hal yang dipajang seharian, lama-kelamaan pasti akan kotor dan menghitam karena debu. Pastinya, orang yang memiliki benda yang dipamerkan tersebut nggak akan tinggal diam jika barang yang dipamerkannya kotor dan menghitam. Jika hal yang ia pamerkan adalah lukisan dan patung-patung pasti orang tersebut akan membutuhkan art conservator untuk menjaga lukisan dan patung tersebut.

Nah, lukisan yang menghitam karena kotor, dapat merusak gambar yang telah dihasilkannya. Maka dari itu, supaya gambar pada lukisan tersebut nggak rusak, art conservator memiliki tugas yaitu membersihkan lukisan tersebut. Nggak hanya membersihkan nih, mereka pun bertugas untuk mewarnai ulang gambar yang sudah dibuat agar lukisan nggak pudar. Begitu pun dengan patung, gaes. Patung pun harus dibersihkan agar warnanya tidak berubah dan kuat.

3. Realistic cake maker

realistic cake maker

Di Instagram, kamu pasti pernah lihat kue anjing yang dipotong? Pertama kali saya lihat video tersebut, saya kaget, lho. Kue anjing yang dibuat ternyata sangat realistis. Nah, kue anjing yang sangat realistis inilah yang membuat saya kaget.

Selain anjing, sebenarnya para realistic cake maker pun membuat kue dengan berbagai bentuk lainnya. Nah, profesi ini ditekuni oleh sebagian orang untuk kepentingan suatu film, pemotretan, perayaan dan sebagainya. Nah, buat kamu yang suka bikin kue, mau kah kamu belajar dan menjadi seorang realistic cake maker?

4. Stop motion animator

Siapa yang tahu film animasi Shaun the Sheep? Well, pasti banyak dari kita yang tahu animasi yang satu ini. Saya pun, dulu suka nonton film animasi Shaun the Sheep, lho. Selain lucu, animasi ini unik karena bentuk dari karakternya terlihat lebih nyata.

Nah, Shaun the Sheep ini meruoakan salah satu film animasi yang menggunakan teknik stop motion, nih, gaes. Buat kamu yang belum tahu, stop motion adalah suatu cara dalam membuat animasi dengan menggabungkan foto-foto. Nah, mereka yang memotret dan menggabungkannya menjadi suatu animasi disebut sebagai stop motion animator.

Semua proses yang akan dijalani stop motion animator dalam membuat suatu film nggak mudah, lho, gaes. Diperlukan keterampilan dalam memotret berbagai angle, memiliki kemampuan dalam membuat pose untuk karakter yang akan digunakan, memiliki kesabaran dan juga ketelitian. Nah, apakah kamu tertarik nih, untuk menjadi seorang stop motion animator?

5. Creative desert chef

Saya sering, lho, melihat deorang chef yang membuat kue dengan berbagai bentuk dan warna. Proses yang dilakukannya pun nggak sedikit dan membutuhkan ketelitian maupun kesabaran. Kue atau cokelat yang dibuatnya pun sangat menarik untuk dimakan. Nah, orang yang memiliki kemampuan dan bekerja dalam ranah ini disebut sebagai creative desert chef.

Sebagai chef yang kreatif dalam hidangan penutup, nggak hanya memperhatikan bentuk dan warna, chef juga harus memperhatikan rasa dari makanan penutup yang ia buat. Jangan sampai makanan yang terlihat cantik justru malah memiliki rasa yang nggak enak ketika dimakan. Buat kamu yang suka membuat makanan penutup, kamu bisa nih, mencoba bekerja menjadi creative desert chef!

6. Mask maker

pembuat topeng

Pernah kah, kamu meliaht topeng-topeng dengan berbagai bentuk muka orang? Well, topeng itu nggak hanya menutup muka lalu diikat dengan tali, gaes, tetapi topeng ini menutup kepalamu dengan cara pemakaian topeng tersebut dimasukkan ke kepalamu. Biasanya topeng ini menggunakan bahan latex atau semacam karet.

Biasanya, di Indonesia, topeng ini dipakai untuk acara pesta tertentu, gaes, seperti halloween. Nggak terbatas hanya pada gambar muka saja, gaes, topeng ini pun bisa berbentuk binatang.

Nah, untuk membuat topeng yang tiga dimensi ini nggak mudah, gaes. Pastinya, ada orang yang mampu membuat topeng tiga dimensi ini terlihat mirip dengan karater yang ia buat dan tentunya nyaman untuk dipakai. Untuk membuat topeng yang mirip dengan karakter yang ingin ia tiru pun pastinya nggak mudah, ya. Orang tersebut harus memikirkan bentuk wajah orang yang mau ditiru, warna rambut, bentuk hidung, mulut lalu bibir dan sebagainya. Pekerjaan yang terlihat sepele namun sulit ini dilakukan oleh orang-orang yang memiliki profesi sebagai mask maker.

7. Horror props maker

Ketika kamu menonton film horror, pasti kamu akan menemukan berbagai hal yang menyeramkan seperti tengkorak yang berlumuran darah, tangan-tangan yang berlumuran darah dan masih banyak lagi. Nah, apa yang ada di dalam film horror ini, nggak semuanya mengandalkan green screen, nih. Ada beberapa hal yang justru dibuatkan sebagai properti.

Untuk memunculkan rasa seram dan juga realistik terhadap suatu barang, pastinya dibutuhkan keterampilan-keterampilan tertentu seperti keterampilan dalam memberikan warna, pemilihan material yang akan digunakan dan sebagainya. Nah, orang yang memiliki kemampuan-kemampuan ini dan bekerja untuk membuat properti di film horror disebut sebagai horror props maker dan pekerjaan ini tentunya ada di dalam kehidupan kita.

***

Sebelum saya tulis ketujuh profesi di atas, apakah kamu sudah mengetahui beberapa profesi di atas, gaes? Profesi yang mana, nih, yang sudah kamu ketahui sebelumnya? Well, profesi tersebut masih jarang ada di Indonesia karena bidang yang membutuhkannya pun masih sedikit. Pada saat ini, sebagian besar karya-karya yang dihasilkan oleh pekerjaan di atas masih diimpor dari luar negeri. Jarang sekali karya-karya tersebut tercipta di dalam negeri.

Nah, maka dari itu, gaes, untuk menekan aktivitas mengimpor suatu barang, seharusnya, kita perbanyak, nih, profesi-profesi di atas agar kita pun bisa menciptakan karya yang dipakai di dalam negeri tanpa harus mengimpor. Kalau pun ternyata di dalam negeri karya tersebut jarang digunakan, kamu juga bisa kok, mengekspor karyamu ke luar negeri. Nah, maka dari itu, gaes, apakah kamu tertarik untuk memiliki profesi di atas, gaes?

Baca juga:

(Sumber gambar: cssd.ac.uk, blogspot.com, youtube.com, medium.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1